Skip to main content

5 Alasan Perusahaan Harus Menggunakan Software Absensi

DWISU.WEB.ID - Masih menerapkan metode absen karyawan dengan kertas dan pena setiap hari? Atau Anda meminta sendiri si karyawan menginput jam kerja via spreadsheet saat jam masuk atau jam pulang dan jam istirahat kantor? Hanya dengan mendengarnya saja, sebagian karyawan pasti akan mengeluhkan ribet dan terlalu rumit.
Software Absensi

Sementara itu, karyawan milenial yang dikenal lekat dengan teknologi tentunya tak bisa didorong untuk kembali beradaptasi dengan sistem yang berbasis kertas atau manual. Meskipun karyawan bisa menerapkan absensi berbasis kertas, apakah Anda yakin mereka sudah 100% mengisinya dengan jujur dan kredibilitas tinggi? Untuk itulah, software absensi karyawan berbasis website hadir untuk memecahkan berbagai masalah catatan kehadiran karyawan. Berikut adalah beberapa alasan mengapa perusahaan harus menerapkan software absensi sekarang juga.

1.    Menghemat Waktu Dan Uang

Menggunakan aplikasi absensi tentu dapat membantu perusahaan menghemat waktu dan uang. Karena, semua tugas absensi dalam dilakukan secara otomatis dan mengurangi waktu atau tenaga yang diperlukan untuk menghitung jam kerja karyawan.
Pengumpulan dan perhitungan data pun dilakukan secara otomatis. Sehingga, kesalahan manusia dalam menghitung jam kerja dapat diminimalisir. Begitu pula dengan kecurangan absensi yang biasa dilakukan oleh karyawan. Bergantung pada sistem yang Anda gunakan, Anda juga bisa menghemat biaya pembelian kertas, tinta, dan lain – lain.

2.    Karyawan Diperlakukan Adil

Menggunakan aplikasi absensi juga dapat membantu memecahkan masalah tentang kecurangan sejumlah oknum karyawan. Jam waktu karyawan tidak bisa disamakan. Ada yang shift pagi, shift malam, atau ada juga yang bekerja jarak jauh secara fleksibel. Aplikasi absensi akan dapat disesuaikan kebutuhan jam kerja atau jadwal kerja karyawan, sehingga setiap karyawan akan merasa diperlakukan adil dan tidak ada yang dirugikan.

3.    Laporan Absensi

Menggunakan aplikasi absensi akan menyederhanakan tugas tim HR dalam mengakses cepat ke informasi dan membuat laporan mingguan atau bulanan. Laporan ini juga bermanfaat untuk meninjau sejauh mana kinerja para karyawan. Misalnya, ada karyawan yang selalu izin “sakit” setiap hari jumat, selalu terlambat datang ke kantor, atau bahkan ada karyawan yang “mencuri” waktu dengan pulang lebih awal sebelum waktu yang ditetapkan. Aplikasi absensi juga dapat menghasilkan laporan yang memudahkan dalam menemukan beberapa masalah karyawan dan membantu menyelesaikannya dengan mudah.

4.    Penjadwalan Kerja

Absensi menggunakan kertas atau metode manual akan sangat merepotkan saat Anda ingin mengetahui berapa gaji karyawan Anda. Padahal, mengetahui gaji karyawan berdasarkan jam kerja dapat memberikan Anda informasi berharga yang akan digunakan untuk membuat keputusan tentang perubahan jadwal kerja sesuai kebutuhan perusahaan. Jam waktu karyawan dapat menunjukkan kepada Anda:
       Karyawan atau jabatan apa yang paling banyak mencurangi waktu.
       Perbandingan waktu dan biaya tenaga kerja dengan standar industri.
       Rekonsiliasi tentang upah karyawan berdasarkan waktu / produksi.
       Data dan analisa untuk kinerja perusahaan yang lebih baik.

5.    Mengurangi kesalahan manual

Menerapkan software absensi karyawan untuk mencatat kehadiran karyawan dapat mengurangi kesalahan manual yang bisa saja terjadi karena kelalaian tim HR atau kecurangan oknum karyawan. Karena semua bekerja otomatis, data hanya bisa diakses oleh tim HR yang berkepentingan secara real – time.

Itulah beberapa alasan mengapa Anda sangat disarankan menggunakan software absensi karyawan. Kami merekomendasikan software absensi karyawan dari LinovHR yang dapat membantu Anda dalam mengelola absensi karyawan yang efektif, efisien dan otomatis. LinovHR sudah berpengalaman dalam menciptakan aplikasi berbasis HRIS yang membantu tim HR perusahaan dalam mengelola administrasi perusahaan. Buktikan kualitas dan keunggulan dengan mencoba Gratis LinovHR sekarang juga. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar