Skip to main content

Saya Adalah Seorang Influencer

influencer

DWISU.WEB.ID – Personal Branding atau citra diri bagi seorang pemburu rupiah dari internet seperti saya itu penting. Salah satu media yang cukup ampuh untuk membangun personal branding adalah melalui Facebook. Wajar saja jika kemudian personal branding menjadi bagian dari facebook marketing. Jika personal branding facebook Anda sudah bagus akan mudah memasarkan apa saja.

Ilmu personal branding melalui facebook ini saya dapatkan ketika saya mengikuti Kopdar IM Cikarang, sebuah komunitas untuk warga Cikarang dan sekitaranya yang memiliki ketertarikan didalam dunia IM (Internet Marketing). Dalam kopdar itu Pemateri membagikan cara membangun personal branding melalui facebook.

Dalam pemaparannya Jupri Maulana, CEO Saung Digital mengungkapkan kalau dirinya mendapatkan omset jutaan rupiah dari jualan produk digital tanpa harus beriklan difacebook atau Ads Google tapi murni dari Facebook personal. Beliau membagikan tips-tips seputar facebook marketing yang belum saya ketahui sebelumnya salah satunya dari Intro Profil Facebook.


Intro Profil Facebook Itu Penting

Intro profil merupakan biodata akun facebook Anda dimana letaknya persis dibawah foto profil dimana bisa diisi hingga 110 karakter. Puluhan tahun memiliki akun facebook, saya tidak memperhatikan intro ini malah kosong. Karena saya ingin membangun personal branding saya melalui facebook saya harus mengisi biodata yang bisa mewakili keahlian saya.

Saya berpikir kira-kira kalimat apa yang cocok untuk mengisi biodata yang bagus Jadi jika ada orang yang melihat profil facebook saya akan tahu Siapa saya sebenarnya khususnya keahlian atau bisnis yang saya tekuni. Setelah menimbang-nimbang akhirnya saya memutuskan untuk mengisi biodata akun facebook saya dengan kalimat, “Influencer, Content Writer & Vlogger”.

Kenapa saya lebih memilih Influencer dikata pertama? Saya ingin memberitahukan kepada publik khususnya teman facebook kalau saya ini seorang influencer. Bagi pemain internet marketing khususnya E-commerce tentunya sudah hafal apa itu influencer marketing. Pemasaran internet yang menggandeng Influencer baik dari kalangan Selebriti, Blogger maupun Ahli dinilai cukup efektif mempengaruhi target pasar untuk membeli produk atau jasa yang direview influencer.

Saya tidak memilih menggunakan kata Publisher Adsense atau Nama Toko Online karena saya merasa kurang cocok untuk target market saya. Dengan pemberian biodata ini harapan saya akan ada pihak-pihak yang mengajak kerja sama dengan saya dalam bentuk artikel review atau content placement.

Apakah cukup dengan memberi biodata saja, tentu tidak itu hanya sebagian langkah dari facebook marketing masih banyak langkah berikutnya yang lebih penting. Langkah yang paling mendesak adalah mencari teman facebook sesuai dengan Target market jadi tidak asal menambah teman karena tidak akan efektif. Misalanya saja meg Add Ibu rumah Tangga atau anak sekolah.

Jadi jangan heran ya kalau sekarang ini saya mengaku sebagai Influencer karena saya ingin memaksimalkan penghasilan sebagai seorang Influencer apalagi saya memiliki aset yang mendukung untuk pekerjaan itu seperti memiliki kemampuan menulis yang baik, memiliki beberapa blog serta channel YouTube.


Bagaimana dengan Anda Apakah sudah mengisi biodata facebook sesuai dengan target market yang tepat? 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar