Skip to main content

Mahalnya Nilai Sebuah Usia Domain

domain mahal

DWISU.WEB.ID - Mahalnya Nilai Sebuah Usia Domain – Bagi sebagian blogger membeli sebuah domain hanya buang-buang uang saja meski sebenarnya tak terlalu mahal. Taruhlah harga domain sekarang ini Rp.120.000 per tahun berarti per bulannya Cuma keluar uang sekitar Rp.10.000. Namun terasa berat ketika akan jatuh tempo pembayaran perpanjangan apalagi jika blognya kurang berkembang atau trafiknya jeblok.

Tak jarang ketika memasuki tahun ke-2 domain tersebut tidak diperpanjang lagi padahal asal sobat tahu ternyata usia sebuah domain memiliki nilai jual yang tinggi dalam artian semakin tua usia domain maka nilai jualnya juga semakin tinggi, Bukannya nilai jual tergantung trafiknya? Betul juga tapi meski trafiknya biasa saja asalkan blognya aktif dan umurnya tua nilainya juga tinggi.

Kenapa demikian? Blog-blog tersebut masih bisa digunakan sebagai sumber backlink dan biasanya pemasang backlink akan melihat usia domain dan DA (Domain Authority) serta keaktifan blog tersebut. Sejak saya terjun sebagai pemburu job review atau jasa backlink saya jadi tahu berapa nilai blog saya dimata pemasang backlink. Untuk saat fee nya ini masih berkisar antara Rp.100.000 hingga Rp.300.000 per artikel placement.


Namun ada hal baru yang cukup menarik buat saya ketika saya bergabung dengan Rajabacklink sebuah situs marketplace jual beli backlink. Berdasarkan pengalaman saya bergabung dengan situs sejenis seperti Sosiago atau Blogpartner tarif artikel placement sudah ditentukan oleh situs tersebut misalnya ada offering nilainya Rp.112.000 jadi siapa saja yang terpilih berapapun usia domainnya tarifnya flat.

Ternyata sistem di Rajabacklink berbeda dimana usia domain mempengaruhi tarif artikel placement yang ditulis sendiri jadi tidak ada yang tipe publish. Saya mendaftarkan 3 blog yaitu Mediakompilasi, Blog ini dan Palinguntung. Dari dashboard member saya tahu kalau nilai dari fee job review berbeda-beda untuk setiap blog. Medikompilasi dihargai Rp.213.000, Blog ini Rp.106.300 dan Palinguntung Cuma dihargai Rp.61.500. Jadi kalau blog ini mendapatkan job review dan itu artikelnya saya yang menulis fee nya Cuma Rp.106.300 dipotong 30% untuk Rajabacklink jadi yang saya terima Cuma Rp.74.410.

Dari sini saya jadi tahu kalau usia domain dan keaktifan blog ikut menentukan tarif job review contohnya domain Mediakompilasi yang sudah berumur 4 tahun dihargai paling tinggi. Dengan skema semacam ini tentunya kurang menguntungkan jika saya mendaftarkan blog yang usia domainnya kurang dari 4 tahun. Akan lebih mengutungan jika saya menawarkan kerjasama kepada advertiser/broker yang menerapkan tarif flat berapapun usia domain.

Kejadian ini tentu menjadi pelajaran bagi saya kalau sudah terlanjur membeli domain sebaiknya blog tersebut tetap dirawat kalau bisa rajin posting meskipun trafiknya kurang bagus. Setelah usia domain tua saya bisa memetik hasilnya terutama dari Job review dan tidak menutup kemungkinan mendapatkan penghasilan dari Adsense.


Semoga Bermanfaat!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar