Skip to main content

Puasa Hari Pertama Tak Lengkap Tanpa Kurma

Kurma

DWISU.WEB.ID – Jika orang lain berburu makanan takjil berbuka puasa dengan kuliner lokal khas Indonesia seperti Kolak, Candil, Bubur Sumsum, Es Buah, Sop Buah atau Gorengan, Saya sedikit berbeda. Pada hari pertama puasa makanan yang paling saya buru adalah Kurma. Hal ini memang sudah berlangsung beberapa tahun bahkan saya sudah lama nggak merasakan manisnya kolak atau segarnya Sup Buah.

Bukannya saya nggak suka kuliner khas berbuka puasa tersebut jujur saja itu semua enak-enak. Saya lebih memilih Kurma semata-mata ingin mencontoh Rasululullah SAW dalam berbuka puasa. Saya yakin dibalik itu semua terkadung keberkahan baik untuk jasmani atau rohani. Anjuran berbuka puasa dengan Kurma memang bukan perkara Wajib ya jadi bagi kalian yang sampai puasa tahun ini masih menggemari takjil berbuka puasa diatas silahkan saja karena tak ada larangannya.


Seperti tahun-tahun sebelumnya saya memilih membeli kurma diminimarket karena saya anggap paling mudah apalagi lokasinya tidak jauh dari rumah saya. Berdasarkan pengalaman saya kualitas kurmanya lumayan bagus (basah) dan lebih terjamin dari pada saya beli kurma yang curah dijalan-jalan.

Kemarin sekitar jam 9 pagi saya mengantar Bos Besar (Istri) ketukang sayur untuk keperluan berbuka puasa. Tadinya sih mau belanja daging Ayam eh ternyata daging ayamnya habis. Kebetulan didepan tukang sayur ada Minimarket, Mampirlah kesitu buat Beli kurma. Untungnya kurmanya ready stok dan harganya nggak beda jauh dibandingnkan tahun lalu yaitu Rp.19.500 kemasan 300 gr. Sebenarnya saya menunggu ada promo seperti tahun sebelumnya beli 1 gratis 1 tapi sayangnya belum ada promo seperti itu. Makanya saya Cuma beli 1 pak dulu siapa tahu besok-besok ada promo.

Selepas beli kurma rencananya mau cari daging ayam, Saya pikir ditempat lain masih ada eh ternyata disemua penjual daging ayam habis semua. Ck ck ck…Keren Amat ya daging ayam laris manis diserbu pembeli. Akhirnya Bos besar Cuma belanja sayur lodeh, Telur, tahu dan tempe, Nggak Apa apalah puasa pertama nggak makan daging ayam.

Saat yang ditunggu-tunggupun tiba yaitu Azan sholat Magrib yang dtandai suara bedug…segera saya Ambil beberapa butir kurma untuk berbuka puasa begitu pula dengan anak dan istri saya dilanjut dengan seteguk Teh manis hangat, Segar rasanya. Alhamdulillah…Puasa Ramadhan Hari Pertama bisa buka makan kurma seperti yang dicontohkan Rasulullah SAW mudah-mudahan Berkah.

“Dzahabazh zhoma’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru Insya ALLAH”

“Telah Hilanglah dahaga, telah basahlah kerongkongan, semoga ada pahala yang ditetapkan, jika Allah menghendaki” (Hadist Riwayat Abu Daud). 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar