Skip to main content

Tantangan Menjadi Mentor Adsense YouTube

Mentoring YouTube

DWISU.WEB.ID – Apa jadinya jika sudah terbiasa berbagi ilmu melalui artikel dan video YouTube lalu disuruh berbicara langsung didepan publik untuk memberikan sebuah materi atau istilahnya Mentor? Bagi sebagian blogger mungkin masih malu-malu, wajar saja karena berbicara didepan publik apalagi menjadi mentor memang butuh nyali. Bagaimana dengan saya apakah berani menerima tantangan menjadi mentor?

Berani Dong! Apalagi berbagi ilmu merupakan amal kebajikan yang sangat dianjurkan dalam agama saya bahkan pahalanya akan terus mengalir. Jujur saja selama saya menjadi blogger atau Vlogger belum pernah menjadi mentor, kalau sekedar kumpul-kumpul bersama teman trus ngobrol-ngobrol sih sudah biasa.

Nah…Hari Minggu 28 April 2019 kemarin saya diberi kesempatan oleh sebuah komunitas yang bernama IM Cikarang untuk menjadi pemateri/Mentor pada Acara Kopdar yang rutin diadakan setiap 2 bulan sekali. Pada Kopdar ke-4 ini yang diadakan di Warung Debox, Ciantra Cikarang Selatan Bekasi Saya diberi mandat untuk menyampaikan Materi Tentang YouTube Adsense. Tanpa pikir panjang saya menerimanya.


Sebenarnya bisa saja saya menolak namun saya merasa ini kesempatan yang bagus untuk berbagi ilmu yang saya miliki. Saya berpikiran Siapa tahu dari materi yang saya sampaikan bisa menjadi jalan sukses bagi orang lain. Saya sadar ilmu seputar Adsense YouTube ini masih dangkal namun tidak jadi masalah karena berbagi ilmu itu tidak harus menjadi seorang Ahli walaupun itu jauh lebih baik.

Dengan pengalaman hampir 2 tahun menekuni YouTube Adsense saya rasa banyak hal yang bisa saya sampaikan. Ini sebenarnya menjadi tantangan bagi saya karena bicara didepan publik itu tidak mudah, kalau grogi bisa repot mulut bisa serasa terkunci. Namun berbekal pengalaman ketika masa sekolah dimana waktu itu saya menjadi seorang moderator Diskusi, saya sih PeDe saja.

Sebelum hari H disela-sela kesibukan ngeblog dan Ngeblog saya sempatkan membuat presentasi dalam format Ppt (Power Point) yang mana nantinya pemaparan materi menggunakan Slide Proyektor. Materi yang saya buat tidak berat-berat atau dasar-dasarnya saja untuk bermain YouTube Adsense. Tujuan saya agar yang masih pemula bisa mudah memahaminya.

Pada hari H sekitar pukul 12.15 Bertempat di Warung Debox saya mulai menyampaikan presentasi didepan anggota komunitas IM Cikarang. Alhamdulilah presentasi dengan tema Adsense YouTube bisa saya lakukan dengan baik bahkan cukup interaktif, beberapa anggota komunitas sempat mengajukan beberapa pertanyaan.

Dari pengalaman ini tentu menjadi pelajaran berharga bagi saya ternyata diluaran sana masih banyak orang yang haus ilmu khususnya Adsense YouTube. Dengan Menjadi Mentor meskipun tidak dibayar sudah menjadi kepuasan tersendiri bagi saya karena saya bisa menularkan ilmu yang saya ketahui.

Bagaimana dengan Sobat Pernahkah menjadi Mentor? Silahkan bagi pengalamannya disini!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar