Skip to main content

6 Tempat Wisata Tersembunyi di Riau Ini Masih Jarang Dikunjungi

DWISU.WEB.ID - Mendengar nama Riau, orang pasti langsung teringat dengan Pekanbaru. Tidak salah memang, mengingat Pekanbaru adalah ibu kota provinsi. Namun, Riau ternyata masih menyimpan pesona tempat wisata tersembunyi yang jarang dikunjungi wisatawan. Beberapa destinasi wisata ini memang belum terjamah dan digarap serius alias masih perawan. Sementara, objek wisata lainnya sudah mulai dikenal wisatawan.

Kalau kamu tertarik menjelajahi Riau lebih jauh, segera pesan tiket pesawat ke Riau dan kunjungi 6 tempat wisata tersembunyi berikut ini.

Pulau Beting Aceh

Pulau Beting Aceh
Pulau Beting Aceh (Sumber: dyazahariblog.blogspot.com)

Meski kata Aceh tertera pada namanya, pulau ini tidak berlokasi di Aceh. Kamu bisa menjumpai Pulau Beting Aceh di daerah Rupat Utara, Bengkalis. Pulau ini memang nggak berpenghuni, makanya kondisi alam pantai pun masih alami. Di sekeliling pulau, pasir putih terhampar luas dengan air laut yang jernih. Lelah bermain air, kamu bisa berteduh di bawah deretan pepohonan rimbun yang tumbuh di bagian tengah pulau.

Hutan Mangrove Sebauk

Masih di Bengkalis, kamu bisa menjumpai Hutan Mangrove Sebauk, tepatnya di Desa Sebauk. Sudah tersedia jalur khusus agar wisatawan bisa menyusuri area hutan bakau yang sejuk ini. Bagian terbaiknya, dengan fasilitas cukup lengkap, kamu nggak usah membayar tiket masuk ke Hutan Mangrove Sebauk. Namun, ingatlah untuk selalu menjaga kebersihan dan sopan santun karena kawasan ini memiliki aura mistis yang kuat!

Air Terjun Pangkalan Kapas

Kalau kamu familier dengan Sungai Kampar, destinasi wisata ini mungkin belum pernah terdengar. Air Terjun Pangkalan Kapas berada di Lubuk Bigau, Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar. Debit air cukup deras dan jatuh dari ketinggian 150 meter, sehingga membuat Air Terjun Pangkalan Kapas sebagai air terjun tertinggi di Riau. Di sekitar kawasan air terjun terdapat beberapa titik yang cocok sebagai tempat berkemah, selain gua-gua kecil untuk tempat berteduh.

Pulau Jemur

Pernah dengar tentang zamrudnya Selat Malaka? Ternyata titel ini disandang oleh Pulau Jemur, yang berada di wilayah Rokan Hilir. Kamu harus naik kapal ferry dari Pelabuhan Bagan Siapi-api untuk tiba di pulau tak berpenghuni ini. Selain snorkeling dan berjemur di tepi pantai, kalau beruntung kamu bisa bertemu penyu hijau (Chelonia mydas) di habitat aslinya. Seru kan?

Kawah Biru

Nama ini bakal mengingatkanmu pada wisata Kawah Putih di Ciwidey, Bandung. Namun, Kawah Biru sebetulnya terbentuk dari bekas lahan tambang yang tergenang air. Meski pemandangan di sini indah, kamu dilarang untuk berenang atau bermain air di danau ini. Air bekas tambang mengandung zat berbahaya yang bisa merusak kulit. Berlokasi di Jalan Karya Labersa, Tanah Merah, Siak Hulu, kamu bisa tiba di Kawah Biru dengan kendaraan pribadi.

Pantai Sepahat

Pantai Sepahat
Pantai Sepahat (Sumber: tempatwisataseru.com)

Satu lagi pantai tersembunyi di Bengkalis, yaitu Pantai Sepahat. Berlokasi di Desa Sepahat, Bukit Batu, garis pantai ini tergolong panjang. Ketika air sedang surut, pantai ini berubah bak hamparan pasir yang terbentang luas. Belum banyak wisatawan yang datang ke Pantai Sepahat, sehingga kondisi alam masih asri. Namun, fasilitas umum pun nyaris tidak ada. Jadi, kalau kamu ingin berkunjung ke Pantai Sepahat, jangan lupa bawa perbekalan secukupnya, ya.

Gimana, sudah berencana akan berkunjung ke tempat wisata tersembunyi yang mana dulu? Segera cek tiket pesawat Sriwijaya dengan menggunakan aplikasi Airy. Kamu bebas merencanakan liburan secara fleksibel berkat fitur reschedule dan refund. Jaminan keamanan transaksi, harga pasti, dan tidak ada tipu-tipu akan membuat liburanmu lebih nyaman.

Segera kemas backpack kamu sekarang dan jelajahi pesona tersembunyi Riau bersama Airy!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar