Skip to main content

Blogger Perlu Kuasai Skill Perbaikan Komputer

Kipas Prosesor

DWISU.WEB.ID – Bagi blogger atau Internet Marketer komputer merupakan peratalan penting karena tanpanya pekerjaan akan terasa sulit. Bahkan tak jarang komputer selalu ON seharian khususnya bagi mereka yang memang full time menjadi Internet marketer baik sebagai blogger, Youtuber, Developer, Trading coin, Trading Forex dan lain-lain.

Jika komputer bermasalah tentunya pekerjaan menjadi terbengkalai sehingga perlu sesegera mungkin komputer tersebut diperbaiki. Jalan pintasnya tentu saja membawanya keteknisi komputer atau jasa perbaikan komputer. Jika biaya bukan masalah tentu itu bisa menjadi pilihan terbaik namun bagi internet marketer yang ingin menghemat budget perbaikan bisa dilakukan sendiri.

Seperti yang saya lakukan, jika kerusakan tersebut masalah Hardware yang ringan saya akan memperbaikinya sendiri namun jika berat baru saya serahkan keteknisi komputer. Saya punya pengalaman beberapa kali komputer saya rusak mulai dari Harddisk, Motherboard, PSU, Keyboard hingga Keyboard.

Salah satu kerusakan Hardware yang menurut saya cukup ringan dan bisa diperbaiki sendiri adalah kerusakan Fan/kipas Prosesor. Peran kipas Prosesor ini sangat penting karena fungsinya menjaga agar suhu prosesor tetap pada suhu yang normal. Jika suhunya tidak normal atau terlalu panas akan terjadi over heating yang berdampak komputer akan menjadi lelet bahkan komputer akan mati.

Kerusakan pada kipas prosesor maupun CPU bisanya tidak disadari penggunanya karena tertutup casing komputer. Itulah sebabnya hingga saat ini saya selalu membuka casing samping komputer saya sehingga jika kipas prosesor atau kipas CPU mati bisa langsung diketahui.

Beberapa hari yang lalu komputer saya mengalami masalah dimana kinerjanya menjadi lelet bahkan restart sendiri. Berdasarkan pengalaman sebelumnya saya langsung melirik kipas Prosesornya. Dan terjadi lagi , Kipas Prosesornya mati!!. Meski komputer masih bisa tampil namun jika dipaksa nantinya komputer akan mati sendiri lebih parah lagi kalau merambat kebagian lain. Saya memutuskan untuk mematikan komputer dan mengganti kipas prosesor.

Baca Juga : Kenali Ciri Ciri Hardisk Rusak Sedini Mungkin

Untungnya saya pernah mengalami kerusakan serupa jadi saya sudah tidak kaget lagi. Saya segera membeli kipas prosesor secara online ditokopedia dengan Tipe yang sama yaitu merk Scorpion HF-560 (Tipe Ulir) harganya Rp.48.000. Hari Rabu 19 Juni 2019 Saya pesan, Kamisnya sudah tiba pesanannya. Sayapun langsung memasang sendiri kipas tersebut dan Akhirnya komputer bisa berkerja dengan normal kembali. Oh ya saya sempat Mendokumentasikan pergantian kipas Prosesor tersebut yang sudah saya unggah ke Youtube.

youtube image

Dari pengalaman saya ini tentu bisa menjadi pelajaran bagi teman-teman blogger atau Internet marketer bahwa blogger juga perlu kuasai perbaikan komputer khususnya yang bersifat ringan. Jika blogger mampu memperbaiki kerusakan komputer sendiri tentunya kerusakan akan lebih cepat tertangani dan menghemat biaya perbaikan.

Namun semua itu tergantung blogger itu sendiri jika memang tidak ada Passion dibidang tehnik komputer tentunya segala sesuatu yang berkaitan dengan komputer akan terasa sulit dipelajari atau dengan kata lain cuma bisa menggunakan saja. Saya sendiri walaupun Basicnya bukan dikomputer namun karena saya punya keahlian dibidang elektronika setidaknya saya tahu dasar-dasar Hardware Komputer.

Semoga Bermanfaat!!       
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar