Skip to main content

Kelebihan dan Kekurangan Berlangganan RT RW Net

Rt RW Net

DWISU.WEB.ID – Dengan 250 ribu Anda akan mendapatkan akses internet unlimited 24 jam, Mahal atau Murah menurut Anda? Menurut saya sih masih mahal buktinya masih banyak masyarakat yang tidak tertarik berlangganan akses internet yang diselenggarakan ISP Plat Merah dengan tarif diatas termasuk Saya pribadi.

Tarif internet murah masih menjadi dambaan bagi Masyarakat Indonesia apalagi diera digital seperti sekarang ini. Orang akan ketinggalan berita jika tidak menggunakan Whatsapp, Media sosal atau streaming Video karena banyak informasi penting yang disebarkan melalui media diatas. Sebagai contoh disekolah komunikasi antara wali kelas dan wali murid dilakukan melalui sebuah grupa WA.

Jadi bisa disimpulkan kalau hidup dizaman sekarang tanpa akses internet akan terganggu kenyamanannya terutama dalam mengakses informasi. Daftar sekolah saja sekarang secara online pokoknya repot deh kalau tidak bisa online.

Mahalnya biaya akses internet inilah yang kemudian menjadi lahan bisnis bagi sebagian orang yaitu dengan menyediakan akses internet murah RT RW Net. Meskipun sebenarnya ide awalnya untuk berbagi koneksi atau patungan biaya akses internet namun faktarnya banyak usaha penyedia akses internet dengan konsep RT RW Net.

Sebagai contoh menurut catatan saya ada sekitar 3 Usaha RT RW Net diperumahan saya dengan biaya berlangganan mulai Rp.100.000 per bulan. Tarif sebesar itu termasuk murah karena bisa digunakan bersama-sama anggota keluarga lainnya dengan memanfaatkan teknologi WiFi.

Meskipun tergolong murah namun ternyata ada kelebihan dan kekurangannya. Jika Anda berniat berlangganan RT RW Net perlu  memperhatikan hal ini. Apa sajakah itu Berikut informasi selengkapnya :

Kelebihan RT RW Net

1.Biaya Langganannya murah

Jika Anda berlanganan paket internet dari operator seluler dengan tarif Rp.100.000 paling-paling akan mendapatkan kuota sebesar 60 GB sebulan itu saja dibagi-bagi jamnya ada reguler ada malam. Tapi dengan berlangganan RT RW Net Tarif sebesar itu bisa mendapatkan paket internet unlimited 24 jam tanpa syarat. Cukup murah bukan?

Jika dirasa penggunanya banyak Anda bisa meningkatkan paketnya yang lebih tinggi misalnya paket yang kecepatannya 2 Mbps atau lebih. Bandingkan jika Anda berlangganan ke ISP plat merah paling murah Rp.250.000 meskipun kecepatannya lumayan bagus sekitar 10 Mbps.

Ada tips jitu jika ingin berlangganan akses internet ke ISP plat merah yaitu dengan cara patungan dengan tetangga 2-3 orang jadi biaya bulanannya akan lepih murah tapi kecepatannya lumayan memadai.

2.Acces Point Internet Dekat

Dalam penyebarannya sinyal internet RT RW Net yang berupa gelombang radio Faktor alam sangat menentukan misalnya saja client (Pelanggan) dengan hotspot harus tanpa halangan atau loss. Karena coverage sinyalnya hanya satu RT atau RW tentu saja hal itu sangat mungkin dilakukan sehingga sinyal bisa diterima dengan baik oleh pelanggan.

Apalagi jika dalam penyebaran sinyalnya menggunakan kabel atau istilahnya tarik kabel, sinyalnya akan semakin lancar dibandingkan melalui gelombang radio. Kabel yang digunakan biasanya kabel khusus untuk jaringan LAN yaitu Kabel LAN UTP. Daya jangkau sinyal ini bisa mencapai ratusan meter tergantung panjangnya kabel.

Dibandingkan dengan ISP yang menggunakan kabel fiber optik tentu masih kalah apalagi jika dalam penyebaran sinyalnya menggunkan sinyal WIFI cukup rentan gangguan alam tapi dengan biaya yang murah saya rasa bisa dimaklumi.

3.Penanganan Gangguan Lebih cepat

Namanya juga jaringan internet tentunya rentan terhadap gangguan sehingga peran ISP atau penyedia jaringan internet seperti RT RW NET cukup penting. Kalau sinyalnya down terlalu lama pelanggan akan kecewa.

RT RW Net sendiri karena cakupannya lokal tentu jika ada gangguan akan bisa cepat teratasi tinggal menghubungi teknisi dari penyelenggara RT RW NET. Saya sendiri punya pengalaman berlanganan RT RW Net semacam ini jadi saya tahu. Berdasarkan pengalaman saya ketika ada gangguan saya tinggal WA ke penyedia jaringan internet yang kemudian akan segera menyelesaikan masalah tersebut sehingga saya bisa kembali online.

Baca Juga : Alat WIFI Untuk Dirumah Modal 200 Ribuan
 

Kekurangan RT RW Net

1.Biaya pasangnya mahal

Berdasarkan pengalaman diperumahan saya, kalau mau berlangganan saya harus mengeluarkan biaya registrasi yang lumayan mahal mulai Rp.600.000. Ada 2 model jika ingin berlangganan RT RW Net yaitu pertama membeli peralatan jaringan sendiri dan kedua alat dipinjamkan.

Jika model pertama maka biaya yang harus dikeluarkan cukup besar apalagi jika peneyelenggara RT RW net tersebut menggunakan teknologi atau peralatan yang bagus. Saya pernah mau berlangganan kesebuah RT RW NET, biayanya bisa mencapai 1,5 juta untuk membelli alat-alat jaringannya.

Walaupun ada juga RT RW Net yang biaya registrasinya murah bahkan gratis tapi biasanya untuk RT RW Net yang penyebaran sinyalnya menggunakan kabel.

2.Kecepatan internetnya terbatas

Ada harga ada kualitas, hal ini berlaku juga untuk RT RW Net. Kalau biayanya murah kecepatannya juga pas-pasan sehingga jika digunakan untuk banyak perangkat akan menjadi lemot namun dengan tarif Rp.150.000 Per bulan keepatannya sudah memadai.

Untuk kalangan Rumah Tangga yang menggunakan internet untuk nonton Youtube atau mengakses sosial media mungkin dengan kecepatan 1-2 Mbps masih memadai.

Jika memang kebutuhan internetnya tinggi mungkin sudah saatnya beralih ke ISP yang menggunakan fiber optic seperti Indihome atau First media.

3.Jika Ada kerusakan Alat tanggung jawab Sendiri

Jika Anda berlangganan RT RW Net dengan membeli peralatan sendiri maka jika ada kerusakan dari alat tersebut menjadi tanggung jawab sendiri misalnya saja penerimanya terkena petir. Memang sih hal itu jarang terjadi namun namanya juga musibah tentu anda tidak akan tahu.

Berbeda jika Anda berlangganan tapi alat-alatnya dipinjamkan maka segala kerusakan yang tidak disengaja menjadi tanggung jawab penyelenggara RT RW Net.

Resiko yang paling kecil adalah jika jaringannya menggunakan kabel karena jarang terjadi kerusakan dan jika rusakpun paling-paling pada kabel dan itu tanggung jawab RT RW NET.

Bagaimana menurut anda setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan Berlangganan RT RW NET? Masih tertarik mendapatkan akses internet murah?


Sumber Gambar : Komunitas Pegiat WIFI
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar