Skip to main content

Mencoba Modem Bolt Home BL400 Bekas

Bolt Titan BL 400

DWISU.WEB.ID – Kalau ada yang bekas Kenapa Beli yang baru? Prinsip ini saya yakin banyak dilakukan oleh orang Indonesia termasuk saya pribadi. Membeli barang bekas itu enaknya harganya murah bahkan selisihnya bisa jauh dari harga barunya. Makanya jual beli barang bekas di Indonesia masih banyak peminatnya sampai-sampai ada Mall Rongsok.

Namun meskipun Bekas bukan berarti tidak layak pakai asalkan pintar memilihnya daya tahannya masih bisa diandalkan. Sebagai contoh saya membeli komputer bekas 8 tahun yang lalu tapi sampai saat ini masih bekerja dengan baik meski ada beberapa Hardware yang perlu diganti.

Berbicara masalah barang bekas ini saya ingin berbagi pengalaman membeli Modem Bolt Home Titan BL 400 dan BL 401 bekas. 2 perangkat tersebut merupakan eks perlengkapan dari paket internet Bolt Home. Sejak 19 November 2018 Kominfo resmi menutup zin operasional operator Bolt yang bekerja difrekuensi 2300 Mhz.

Bolt Titan BL401
Buntut dari penutupan izin ini pelanggan tidak bisa menggunakan perangkat tersebut untuk mengakses internet. Sebenarnya Bolt sendiri sudah mempersilahkan pelanggannya untuk Migrasi ke Provider sejenis yaitu Firstmedia dan Smarfren tapi tidak semua pelanggan mau mengikuti saran tersebut sehingga peralatannya tidak terpakai.

Baca Juga : Modem GSM Rusak Gara Gara Gonta Ganti Kartu

Eks Modem Bolt Bisa pakai Kartu Smartfren dan Telkomsel

Pada awalnya modem Bolt Titan BL400 sudah dilock oleh Bolt namun ternyata Modem tersebut bisa diUnlock dengan mengganti softwarenya sehingga bisa dipakai dengan kartu lain. Sayangnya tidak semua operator seluler yang mendukung modem ini hanya terbatas pada Kartu Smartfren dan Telkomsel.

Keunggulan dari Modem eks Bolt Home ini adalah mendukung jaringan 4G LTE selain itu dibekali juga dengan Router yang memungkinkan perangkat berbagi koneksi internet melalui jaringan nirkabel WIFI bahkan bisa untuk 16 perangkat atau berfungsi sebagai Hotspot.

Kelebihan inilah yang menjadikan eks modem Bolt Home laku dijual. Menariknya lagi harga bekas yang ditawarkan cukup murah untuk ukuran Modem + Router yaitu dikisaran 175 ribu hingga 180.000. Bandingkan dengan jika saya membeli baru 2 perangkat tersebut secara terpisah. Untuk Router saja setidaknya harganya Rp.150.000 belum Modem 4G nya.

Modem dari Bolt Home ini kelebihannya adalah disetting Outdoor yang dilengkapi dengan Antena jadi penerimaannya lebih kuat dibandingkan dengan modem-modem yang  dijual kebanyakan hanya untuk Indoor sehingga penerimaannya juga kurang maksimal terutama untuk daerah-daerah yang sinyalnya lemah.

Saya yang awalnya tidak berniat membeli modem jadi tertarik untuk membelinya. Keinginan itu semakin kuat setelah membaca testimoni seorang pengguna dari sebuah grup facebook yang sudah membeli dan mencoba eks Modem Bolt Home ini, menurut Modem tersebut bisa bekerja dengan baik menggunakan kartu Smartfren.

Akhrinya saya memutuskan untuk membeli Modem eks Bolt Home yaitu Bolt Titam BL400 dan BL401 pada 9 September 2018 diTokopedia karena harganya lebih murah dibandingkan dengan diBukalapak yaitu Rp.175.000. Selain itu pelapaknya juga dari Bekasi sehingga Ongkos kirimnya murah Cuma Rp.9000.

Kartu Smartfren Super 4G Kuota
Setelah Pkaet Modem Eks Bolt home ini tiba dan saya Coba ternyata modem tersebut bisa bekerja dengan baik menggunakan kartu Perdana Smartfren GSM Super 4G Kuota. Hanya saja karena Modemnya belum saya pasang diluar ruangan sinyalnya belum Full tapi Saya puas dan beruntung bisa membeli Modem eks Bolt Home tersebut.

Buat Anda yang butuh Modem+Router murah yang mendukung jaringan 4G baik untuk koneksi internet utama maupun cadangan Saya sarankan untuk mencoba Modem Eks Bolt Home ini, Tapi ingat Hanya bisa digunakan untuk Kartu Telkomsel dan Smarfren yang sudah mendukung frekuensi 2300 Mhz.

Semoga Bermanfaat!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar