Skip to main content

Perpanjangan Domain Tayanglagi Sukses Ditengah Keraguan


Perpanjangan Domain

DWISU.WEB.ID – Hal yang membuat blogger malas mengurus sebuah blog adalah ketika ternyata blog tersebut kurang berkembang baik dari segi trafik maupun penghasilan. Rasa malas itu semakin bertambah jika blog tersebut menggunakan domain atau hosting berbayar.

Rasa malas itu pernah saya alami yaitu saat ada salah satu blog saya menggunakan Wordpress self hosted. Awalnya perkembangannya bagus dari waktu kewaktu trafiknya naik meski artikelnya sedikit sehinga mampu menghasilkan uang dari Adsense.

Namun setelah 2 tahun blog tersebut terkena dampak dari Algoritma Google sehingga trafiknya turun drastis dari yang tadinya pengunjungnya 500 -an per hari menjadi Cuma dibawah 100. Alhasil blogpun jadi tidak menghasilkan uang sedangkan domain dan hosting harus dibayar. Akhirnya ketika akan perpanjangan yang ke 2 kalinya saya memutuskan untuk berhenti memperpanjang.

Nah..rasa malas itu terjadi juga pada blog baru saya yaitu Tayanglagi yang saya registrasikan setahun yang lalu. Sebenarnya pembelian domain yang berekstensi WEBID ini diluar rencana. Saya tertarik membeli domain tersebut karena harganya sedang promo Cuma Rp.5900 saja.


Dalam perjalanannya ternyata blog tersebut tidak  diterima pada pengajuan Add Site Adsense jadi otomatis tidak bisa dipasang iklan Adsense. Nah dari sinilah rasa malas itu mulai muncul padahal walaupun tidak bisa pasang iklan adsense bisa dapat penghasilan dari Content Placement namun butuh waktu yang lama.

Alhasil blog tersebut jadi tidak terurus karena saya lebih mengutamakan blog-blog Adsense dan mengurus channel YouTube. Bayangkan dalam setahun saya Cuma mengisi blog tersebut dengan 31 artikel.

Bimbang Mau Memperpanjang Domain atau Tidak


Akhir-akhir ini saya sering mendapatkan email pengingat dari registar domain blog Tayanglagi yang memberitahukan masa berlaku domain akan segera habis. Awalnya saya ragu apakah mau diperpanjang atau tidak. Karena statistiknya juga masih jauh dari harapan mungkin karena artikelnya baru sedikit ditambah lagi Algoritma Google semakin ketat.

Namun Ada yang membuat saya masih sayang kalau domain ini dihapus yaitu peringkat DA blog ini sudah mencapai 7 (Tujuh). Nah... berdasarkan pengalaman saya menekuni bisnis jual backlink atau content placement setidaknya blog memiliki DA 10 jika ingin mendapatkan klien.

Dalam pikiran saya jarang diupdate saja DA nya sudah sebesar itu apalgi jika saya lebih rajin lagi updatenya? Akhirnya saya memutuskan untuk memperpanjang domain Tayanglagi. Keputusan ini saya ambil 7 hari menjelang expired domain.

Hari ini 9 Desember 2019 saya melakukan pembayaran untuk memperpanjang domain Tayanglagi. Harapan saya semoga saya bisa semangat lagi mengurus blog tersebut dengan mengisi artikel-artikel yang bermanfaat bagi pembacanya.

Happy Blogging!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar