Skip to main content

Anak Kecanduan YouTube ? Ini Solusinya

Kecanduan Youtube

DWISU.WEB.ID – Beberapa Minggu ini saya dibuat pusing karena anak bungsu saya yang baru berumur 4 tahun kecanduan nonton YouTube. Saya juga heran kenapa bisa begitu padahal saya tidak mengajarkan nonton YouTube. Saya jadi ingat sebuah video viral dimana ada anak kecil yang nangis minta kuota. Bisa jadi karena anak kecanduan Youtube sehingga Pas kuotanya habis anak tersebut buru-buru minta kuota seperti minta jajan.

Salah satu penyebab kenapa anak saya jadi suka nonton youtube adalah karena anak-anak sebayanya juga sudah terbaisa nonton Youtube belum lagi melIhat kakak atau saudaranya yang usaianya lebIh tua juga kerap menonton Youtube sehingga anak saya juga jadi tertarik. Namanya anak-anak kalau sudah lihat grasfis yang berupa video tentunya akan suka.

Jika terus dibiarkan tentu kecanduan YouTube ini menjadi sesuatu yang negatif yang akan berdampak pada Psikologis Anak. Tentunya saya tidak tinggal diam dan mencoba beberapa cara agar anak saya tidak kecanduan Nonton Youtube. Ada beberapa cara yang bisa saya lakukan diantaranya :

Tips Mengatasi Anak Kecanduan Youtube


1.Install YouTube Kids

Youtube kini merilis aplikasi streaming yang memang dikhususkan untuk anak-anak yaitu Youtube kids. Kelebihan dari aplikasi ini adalah videonya isinya tentang dunia anak atau ditujukan untuk anak-anak seperti video mainan, video game, Video tokoh kartun, video menyanyi dan lain-lain.

Kelebihan lainnya adalah tidak ada iklan diaplikasi tersebut sehingga anak akan lebih aman tidak mengklik iklan yang bukan ditujukan untuk anak-anak atau menginstal aplikasi. Untuk mengakses YouTube kids orang tua harus mengisi data usia anak sehingga tontonannya juga akan menyesuaikan dengan usia anak tersebut.

2.Batasi Mengakses YouTube

Namanya juga kecanduan meski Cuma nonton YouTube tetap saja kurang bagus bagi anak, dampak yang paling terasa adalah anak jadi kurang bersosialisasi dengan anak seusianya seharian maunya nonton YouTube. Ini tentu tidak baik, bagi perkembangan otak atau tingkah laku sianak.

Batasi anak menontonYouTube dengan seribu cara, misalkan dengan omongan saja sudah patuh ya cukup dengan omongan saja namun jika bandel tentunya perlu melakukan tips tertentu misalkan saja seperti yang dilakukan teman saya yaitu HP dibawa jualan padahal tanpa membwa Hp juga nggak masalah tapi ini untuk mengurangi anaknya yang suka menonton Youtube.

Arahkan Si Anak untuk bermain dengan teman sebayanya misalkan bermain bola, sepeda atau permainan tradisional seperti lompat Tali, Petak umpat dan lain-lain.

2.Gunakan Koneksi Wifi

Cara lain yang bisa Anda tempuh adalah gunakan akses internet Wifi untuk Hp yang dipegang anak Anda. Jadi ketika anak akan mengakses Youtube harus terhubung dengan Wifi dulu. Saat ini hampir semua Hp bisa berbagi koneksi melalui hotspot Portabel atau ada juga yang menggunakan router.

Dengan cara ini Anda akan mudah membatasi akses internet untuk Hp yang dipegang anak Anda. Anda bisa mengaktifkan white list atau backlist, Jadi ketika Anak susah untuk disuruh berhenti nonton Youtube Anda tinggal mengaktifkan white list atau backlist dengan Mac Adress. Jika Mac Adress Hp anak anda tidak masuk white list maka Koneksi internetnya tidak akan tersambung sehingga otomatis tidak bisa lagi mengakses YouTube.

Cara ini sering saya praktekkan dan berhasil membuat anak saya berhenti menonton YouTube.

3.Isi baterai Hp Minimum

Adakalanya meski sudah membatasi anak menonton YouTube baik dengan omongan maupun mematikan wifinya namun terkadang si Anak rewel dan tak jarang sampai menangis minta supaya bisa nonton YouTube lagi. Sebagai orang tua tentunya jadi serba salah kalau dibiarkan si anak menangis terus yang tentunya membuat kepala puyeng sehingga orang tua memilih mengalah.

Jika kondisi anak sudah begini Anda bisa melakukan trik ini yaitu jangan mengisi baterai Hp penuh cukup 50% atau kurang, Jadi ketika sianak menonton video maka tak beberapa lama kemudian baterai akan low, nah disinilah Anda bisa memberi pengertian kalau baterainya sudah habis dan harus diisi. Jika tetap membandel otomatis hP juga akan mati sendiri.

4.Kuota Internet itu Bayar

Beri pemahaman kepada anak bahwa nonton Youtube itu harus pakai kuota internet yang harus bayar. Saya sendiri sering mengatakan begitu kepada anak saya, “ Kalau nonton terus nanti duit ayah habis buat beli kuota, Adik nanti tidak bisa sekolah bagaimana?”.

Saya sendiri karena paket internetnya masih sistem kuota terkadang kuotanya habis nah... inilah saat yang tepat untuk menasehati anak saya kalau kuota itu bisa habis gara-gara nonton YouTube. Jadi sekarang sudah tahu kalau tiba-tiba pas anak saya menonton Youtube terus mati anak saya sudah paham kalau kuotanya habis.

5.Simpan Video di Flashdisk

Cara ini juga bisa Anda coba agar anak tidak kecanduan nonton Youtube yaitu dengan cara menyimpan video-video yang disukai anak kita kedalam flashdisk. Nantinya jika anak ingin memegang HP arahkan saja untuk menonton video yang ada didalam flashdisk melalui televisi.

Memang ini tidak secara langsung menghilangkan kecanduan nonton Youtube namun setidaknya bisa memberi pengertian kalau nonton video itu tidak harus menggunakan Hp atau membuka YouTube. Dengan cara ini tentu tontonan anak-anak lebih terkontrol karena Anda yang mendownloadnya.

6.Langganan Akses Internet Unlimited

Mengakses YouTube itu cukup memakan kuota apalagi jaringan 4G cukup cepat aksesnya jadi tidak terasa kuota habis. Menurut saya paket internet sistem kuota masih mahal makanya jika anak Anda kecanduan nonton YouTube sama saja pemborosan. Apalagi mengeluarkan uang untuk beli kuota itu tidak terasa.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Berlangganan RT RW Net

Solusi yang terbaik adalah dengan berlangganan paket internet Full Unlimited 24 Jam tanpa FUP. Jika Anda memiliki dana lebih bisa berlangganan ke ISP fiber Optik seperti Indihome, First Media atau XL Home.

Jika Ingin hemat lagi bisa berlangganan ke RT RW net atau jasa hotspot Wifi rumahan atau gretongan bersama 2-3 tetangga untuk berlangganan ke ISP fiber optik.

Dengang berlangganan Paket internet unlimited 24 jam pengeluaran akan lebih hemat dibandingkan dengan berlangganan paket intermet kuota.

Tips diatas semoga saja mengatasi anak kecanduan YouTube tapi jika Anda Punya cara lain Silahkan tambahkan dikomentar. Selamat Mencoba!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar