Skip to main content

Inilah 5 Tips Merawat Vespa Kesayangan Agar Selalu Prima

Vespa

DWISU.WEB.ID - Siapa tak kenal kendaraan yang satu ini Vespa namanya. Vespa menjadi salah satu kendaraan tua yang tak pernah termakan zaman. Di Indonesia sendiri jumlah pemiliknya cukup banyak. Tak hanya orang tua, anak muda pun gemar mengoleksi vespa karena modelnya yang antik. Menurut sejarah vespa artikel smartfren, harga kendaraan tersebut sangat bervariasi. Semakin tua, harga penawaran semakin tinggi.

Jika Anda pengkoleksi Vespa tentunya harus mengerti betul bagaimana cara merawatnya agar kondisinya selalu prima. Kendaraan boleh tua tapi tetap ngacir dijalanan. Nah, bagi kamu pemilik vespa, ada beberapa tips bagaimana cara merawat vespa yang benar supaya kondisinya selalu prima
.

1.Gunakan bahan bakar beroktan tinggi

Untuk mencegah timbulnya kerak selama proses pembakaran, sebaiknya gunakan bahan bakar beroktan tinggi. Jika memakai bahan bakar beroktan rendah, risiko timbulnya jelaga dan kerak cukup besar. Hal ini tentu akan membuat mesin mudah rusak.

2.Rajinlah merawat aki

Aki merupakan komponen fital pada vespa yang sering diabaikan. Jika rusak, banyak risiko yang harus ditanggung. Karena itu aki sebaiknya dirawat dengan rutin untuk mencegah karat pada kutub-kutub aki.

3.Perhatikan kondisi busi

Rawatlah busi vespa menggunakan oli samping berkualitas tinggi. Jika busi rusak, maka vespa tua akan mudah mogok. Untuk merawat kondisi busi, perhatikan juga penggunaan bensin, coil, serta CDI.

4.Mengganti oli mesin tepat waktu

Jangan pernah menunda untuk mengganti oli mesin karena bisa berakibat fatal. Vespa apalagi yang sudah tua akan semakin gampang rusak. Jadi jangan hanya mengingat untuk beli paket hooq saja. Rutinlah mengganti oli mesin sebulan sekali. Pastikan kualitas olinya bagus agar kerja mesin vespa semakin ringan.

5.Merawat korburator secara rutin

Sejarah vespa artikel smartfren menyatakan kendaraan ini sering mengalami mogok karena kondisi karburatornya yang kotor. Karena itu rawat komponen ini dengan benar. Bersihkan karburator dari kotoran dan debu agar aliran bensin tidak mengalami sumbatan.

Memiliki kendaraan tua seperti vespa memang gampang-gampang susah. Agar kondisinya selalu prima dan tidak gampang rusak, rawat mesin dan komponen lainnya secara rutin. Pastikan oli mesin selalu diganti setiap bulan sekali. Apabila mogok, segera bawa ke bengkel agar bisa diketahui penyebab pastinya. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar