Skip to main content

5 Cara Mudah Mencegah Virus Komputer

Virus Komputer

DWISU.WEB.ID – Tahukah Anda pengguna komputer yang sering mengakses situs diinternet, sering mendownload, membuka email attacement atau mengakses file dari flashdisk sangat rentan komputernya terjangkit virus? Jika komputer Anda terkena virus maka komputer anda tidak bisa digunakan. Bahkan jika virus itu menyerang kompeter perusahaan tentu saja akan kehilangan produktifitasnya jadi sangat merugikan.

Lebih parahnya lagi jika file-file yang ada dikomputer tersebtu jadi rusak atau tidak bisa diakses sama saja anda kehilangan data-data. Bagaiamana jika data tersebtu penting seperti file skripsi atau data perusahaan. Jika masih menyimpan backup nya mungkin tidak jadi masalah tapi kalau tidak? Anda akan rugi secara finansial dan kehilangan waktu.

Untuk itu sebelum semuanya terlambat alangkah baiknya mencegah virus komputer sedini mungkin. Bukankah mencegah lebih baik dari pada harus kehilangan data-data penting, harus membersihkan virus atau install ulang lagi. Langkah-langkah pencegahan sebenarnya cukup mudah dan murah dan saya yakin Anda bisa.

Baca Juga : Instal Windows 7 Di Pentium 4 Bisakah?

Penasaran Bagaimana caranya? Silahkan simak informasi berikut ini yang saya kutip dari Suara Merdeka.

1.Jangan pernah menjawab”Yes” pada tawaran untuk menginstalasi program dan website yang tidak jelas atau kredibilitasnya meragukan. Beberapa situs sengaja menawarkan program-program yang membuat Anda ingin mengunduhnya karena mungkin menarik namun dibalik itu sebenarnya merupakan penyamaran dari virus atau spyware (Program Mata-mata). Beberapa situs dewasa disinyalir sebagai sumber penyebaran program program dengan jenis tersebut.

2.Jangan terburu-buru untuk langsung membuka attacement file pada email yang anda tidak paham siapa pengirimnya. Jika Anda mengenal pengirimnya juga belum tentu aman, sebisa mungkin untuk berkomunikasi dengan pengirim email yang bersangkutan agar anda dapat memastikan isi dari attacement tersebut. Kenapa demikian karena meskipun Anda mengenal siapa pengirimnya, belum tentu email yang dikirimkan berasal darinya.

Asal Anda tahu virus bisa menyamar menjadi siapapun dalam menyebarkan dirinya. Namun jika Anda tidak mau proses yang terlalu rumit sebaiknya simpan saja terlebih dahulu didalam komputer dan periksa dengan program anti virus sebelum membukanya. Jika jeli pola pengiriman file bervirus pada email dapat anda deteksi dengan cara melihat judul email dan besarnya ukuran file yang disertakan.

3.Agar memudahkan proses pemeriksaan virus secara otomatis, Anda bisa menginstal program antivirus didalam komputer. Jika Anda menggunakan program pembaca email outlook ekspress atau microsoft outlook, gunakan McAfee dan Norton Antivirus sudah melengkapi dirinya dengan fasilitas pemeriksaan email. Namun jangan lupa melakukan update data virus secara periodik, misalkan satu bulan sekali untuk mengenali virus terbaru.

4.Instalasi service pack yang terbaru untuk sistem operasi Anda juga perlu dilakukan untuk menutup celah keamanan yang dapat dimanfatkan virus untuk menyerang. Namun pastikan service pack yang Anda peroleh berasal dari sumber yang dapat dipercaya. Kadangkala terdapat email yang menyesatkan dengan mengumumkan adanya perbaikan cacat atau Bug terbaru namun justru menunjukkan lokasi file bervirus untuk didowload.

5.Pastikan Anda tidak sembarangan membuka fasilitas file sharing dalam waktu yang terlalu lama. Jika memang dibutuhkan, direktori yang dishare sebaiknya diberi tambahan password. Beberapa virus sering melakukan replikasi diri dengan menyalin dirinya kedirektori yagn dishare tanpa dilengkapi dengan password.

Demikianlah informasi seputar 5 Cara Mudah Mencegah Virus Komputer Semoga Bermanfaat!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar