--> Skip to main content

Lindungi Cat Mobil Anda dengan Wax, Sealant dan Coating

Scuto

DWISU.WEB.ID  – Sebagai pemilik mobil sudah pasti menginginkan tampilan catnya tetap cling seperti baru keluar dari dealer mobil. Betul bukan? Hal ini tidak bisa dicapai tanpa perawatan yang maksimal tidak cukup dengan mencuci mobil saja karena faktor alam juga ikut mempengaruhi seperti terkena air hujan dan lain-lain.

Memang sih itu itu artinya perlu keluar biaya tapi demi tampilan mobil yang tetap kinclong saya pikir tidak jadi masalah. Banyak keuntungan jika cat mobil Anda tampil cantik, Anda semakin percaya diri jika bertemu dengan rekan bisnis atau jika memang mobil tersebut akan dijual harga jualnya masih tetap tinggi.

Mungkin Anda bertanya-tanya Bagaimana cara merawat cat mobil yang bagus? Nah... pada artikel ini saya akan mencoba membahasnya sehingga paling tidak Anda sebagai pemilik mobil mengetahui tehniknya.

Secara garis besar perawatan mobil khususnya cat ada 3 macam yaitu Wax, Sealant dan Coating. Setiap tehnik perawatan tentu memiliki kelebihan masing-masing. Anda tinggal menyesuaikan dengan kondisi mobil Anda sehingga hasilnya lebih maksimal. Untuk mengetahui perbedaan dari masing-masing tehnik silahkan baca informasi berikut ini:

1.Wax

Cara perawatan yang pertama adalah Wax. Cara ini merupakan perawatan mobil dengan memberi lapisan wax di atas lapisan clear coat cat mobil. Jenis Wax yang paling sering dipakai adalah carnauba wax yang bersumber dari pohon palem carnauba di Brasil. Bees wax dan paraffin wax juga kerap dipakai pada perawatan otomotif lilin. Bahan-bahan tersebut mampu membantu mobil Anda berkilau setelah dipoles dengan wax.

Jika wax dimobil Anda sudah menghilang maka kendaraan anda perlu diwax kembali supaya bisa terus terlindungi.Jika tidak, maka jamur atau water spot akan lebih mudah melekat dipermukaan cat mobil Anda.

Wax yang paling banyak beredar dipasaran umumnya memakai bahan alami seperti carnauba, montan, dan paraffin.

2.Sealant

Berbeda dengan Wax yang single formula sealant merupakan Kombinasi dari bahan anorganik dan organik, sealant cat menghasilkan kilau bagi mobil Anda dan daya tahan yang lebih lama. Bahkan perlu Anda ketahui Sealant yang berbasis polimer mampu memberikan perlindungan untuk cat mobil yang tidak mampu dilakukan oleh bahan wax.

Sealant mampu mencegah agar cat mobil tidak memudar dari paparan UV, dan bersifat hidrofobik (dapat dilarutkan dalam air), serta mampu mencegah pemudaran warna. Sekilas Sama dengan cara kerja wax. Namun ada Perbedaannya yaitu Anda harus terus memolesnya setiap minggu jika ingin wax tersebut tetap bekerja sebagai pelindung cat mobil Anda.

Salah satu kelebihan perawatan mobil dengan sealant adalah Perlindungannya mampu bertahan antara 6 bulan hingga 1 tahun tergantung pada produk yang digunakan,Dengan kata lain sealant lebih dapat bertahan lebih lama di bandingkan dengan wax.

3.Nano Ceramic Coating

Cara perwatan berikutnya adalah dengan Nano Ceramic Coating. Dengan perawatan ini akan memberikan perlindungan ekstra pada cat mobil Anda.Secara garis besar prosesnya seperti ini, cat mobil awalnya dilapisi pelindung bening yang dibuat dengan teknologi nano ceramic. Lapisan ini bisa menyusup hingga kepori¬-pori clear coat cat mobil dan memberikan lapisan perlindungan yang cukup kuat.

"Nano Ceramic Coating itu pada dasarnya seperti memberi lapisan anti-gores dilayar smartphone/Laminating pada kertas. Tak heran jika banyak yang menyebutnya dengan sebutan “Laminating Mobil”. Fungsi utamanya tentu saja untuk melindungi cat mobil dari goresan ringan, kotoran, dan jamur”

Kadangkala untuk menerapkan coating pada mobil membutuhkan tenaga profesional. Hal ini disebabkan karena proses aplikasi butuh waktu relatif lama dan intensif. Selain itu proses tersebut membutuhkan alat-alat yang tidak dimiliki orang kebanyakan, seperti lampu inframerah.

Berdasarkan daya tahannya Coating ada yang bersifat permanent ada pula semi permanent,dan tentunya jika dibandingkan dengan wax dan sealant , coating lah yang paling unggul, kenapa demikian? Karena coating memberikan masa perlindungan cat yang paling lama.

Saat ini tidak sulit menemukan salon mobil yang menerima jasa nano ceramic coating karena banyak yang menawarkan jasa ini. Namun jika ingin memilih salon mobil yang terbaik karena terbesar di Indonesia saat artikel ini ditulis adalah scuto yang didukung lebih dari 100+ outlet yang tersebar diseluruh Indonesia.

Kenapa harus memilih Scuto? Berikut ini beberapa hal yang menjadi kelebihannya:


  1. Detailer Profesional yang telah berpengalaman di Training Khusus dan selalu dievaluasi secara berkala
  2. Ada garansinya selama 2 tahun yang terintegrasi keseluruh cabang scuto yang ada di seluruh Indonesia
  3. Produk yang dipakai sudah dicocokkan dengan kondisi iklim di Indonesia
  4. Gratis untuk pengerjaan di Rumah

Dan masih banyak kelebihan lainnya yang pasti akan anda rasakan sendiri jika Anda mencobanya.

Bagaimana Anda tertarik untuk menggunakan jas Scuto? Yuk kunjungi outlet scuto terdekat!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar