--> Skip to main content

Contoh Digital Marketing Nomor 7 Jarang yang Tahu

Contoh digital marketing

Tahukah Anda kalau digital marketing mampu meningkatkan penjualan? Hal ini tak terbantahkan bahkan mulai menggeser pemasaran konvensional. Mau Bukti? Sekarang ini konsumen lebih memilih memesan barang secara online bahkan untuk barang yang biasanya beli ditempat contohnya makanan belinya melalui ojek online.

Bagi Anda yang akan mencoba digital marketing mungkin masih bertanya-tanya, contoh digital marketing itu apa saja?

Jika demikian keadaannya Anda sudah tepat membaca artikel ini karena saya akan membagikan informasi seputar Contoh Digital Marketing. Nantinya  informasi ini bisa Anda jadikan referensi untuk memilih digital marketing yang paling cocok untuk bisnis Anda.

Saran saya sebelum menentukan digital marketing, galilah informasi sebanyak-banyaknya sehingga Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan dari digital marketing yang akan Anda lakukan.

Baca Juga : 5 Skill Seorang Digital Marketing Paling Vital 

Baiklah langsung saja ketopik pembahasan, berikut ini informasi selengkapnya

Contoh Digital Marketing

1.Banner Iklan website

Jika Anda sering mencari informasi diinternet melalui website atau blog pasti sering melihat iklan yang bergambar segi empat atau banner iklan. Didalam banner iklan tersebut biasanya jika diklik akan mengarahkan kesebuah halaman website dari brand produk tertentu.

Harapannya tentu jika pengunjung internet tertarik akan mengklik banner tersebut kemudian melakukan pembelian. Biaya pemasangan banner iklan website ini bervariasi tergantung seberapa populer website tersebut semakin populer tentunya akan semakin mahal.

Jika Anda ingin memasang banner iklan diwebsite dengan tarif yang terjangkau bisa mencoba memasang banner iklan diblog pribadi tapi trafiknya tinggi. Dengan budget 500 ribu sampai 1 juta Anda sudah bisa memasang Banner iklan website untuk 1 bulan.

Efektifitas Banner iklan ini sangat tergantung dari materi banner iklannya semakin menarik tentunya semakin membuat pengunjung mengkilik iklannya. Itulah mengapa dalam membuat banner iklan ini perlu menggunakan tehnik copywriting yang tepat.

2.Advertorial

Advertorial pada dasarnya sama dengan banner iklan hanya saja bentuknya bukan gambar tapi berupa artikel diwebsite. Artikel ini bisa berupa tips kemudian pada bagian akhir diselipkan ajakan untuk memesan barang ( closing) atau mengunjungi website brand (Call to Action).

Seperti Banner iklan pembuatan advertorial juga perlu menggunakan tehnik copywriting yang menggigit sehingga ada interaksi dari pembaca.

Jika Anda ingin advertorial berbiaya murah bisa bekerja sama dengan blogger, Anda tinggal pesan saja nantinya artikel dibuat oleh blogger. Tarifnya mulai dari Rp.150.000 per Artikel. Untuk mengetahui blog mana yang menerima advertorial atau jov review Anda bisa bergabung kegrup blogger atau grup yang khusus untuk menawarkan job review.

Kebetulan blog ini juga sering bekerja sama untuk mempublikasikan artikel review (Advertorial) seperti tokopedia atau Blibli. Jika Anda butuh bisa meghubungi saya melalui halaman kontak. 

3.Iklan Media sosial

Bagi Anda yang aktif dimedia sosial khususnya facebook bisa mencoba digital marketing dengan memasang iklan. Asyiknya lagi Anda bisa ngiklan secara gratis misalnya melalui status diakun pribadi, ngiklan digrup atau ngiklan dimarketplace facebook.

Jika Anda memiliki dana lebih bisa mencoba facebook Ads. Anda bisa ngiklan sesuai budget dan nantinya iklannya akan meneruskan dengan audience jadi lebih efektif untuk pemasaran. Namun demikian menggunakan facebook Ads ada tehniknya jadi tidak salah ngiklan karena resikonya akan mengalami apa yang dinamakan Boncos. Keluar modal tapi tidak menghasilkan penjualan atau konversinya kecil.

4.Google Ads

Google sebagai perusahaan raksasa mesin pencari memiliki divisi periklanan digital yaitu Google Ads.Bisa dibilang media ngiklannya lengkap mulai dari iklan diwebsite, dimesin pencari, video YouTube atau aplikasi.

Google memiliki tools untuk meriset audiens jadi nantinya iklannya benar-benar efektif. Berdaeqakaninformais yang saya dapatkan daari pelaku bisnis, Google Ads ini cukup efektif utnuk mengahsilakan penjualan. 

5.Email Marketing

Pernahkan Anda menerima email yang isinya tawaran sebuah produk atau jasa? Inilah yang dinamakan email marketing. Brand mendapatkan alamat email ketika Anda mendownload aplikasi, mendaftar marketplace, mendownload ebook dan lain-lain.

Untuk melakukan digital marketing ini Anda perlu memiliki software tertentu atau tools tertentu. Intinya bagaimana caranya target konsumen mau memberikan alamat emailnya secara sukarela. Contohnya dengan menawarkan produk gratis atau menjadi member.

6.Video Endorsement

Digital marketing yang satu ini memanfaatkan kepopuleran sebuah channel Youtube cirinya banyak jumlah subscribernya. Nantinya Anda bekerja sama dengan channel tersebut untuk membuat video yang isinya ajakan untuk membeli produk Anda. Ajakan ini bisa diawal video, tengah atau bahkan diakhir video. Pada deskripsi video juga akan mencantumkan alamat website atau kontak yang bisa dihubungi.

Semakin banyak subscribernya tarif endorsenya juga akan semakin mahal tapi peluang terjadinya penjualan akan semakin tinggi. Untuk mencoba-coba, cobalah bekerja sama dengan cahanel yang bukan publik figur atau vlogger biasa.


7.Push Notification Aplikasi

Tentunya Anda sering mendownload aplikasi android contohnya ojek online, e wallet atau marketplace. Biasanya secara berkala aplikasi ini akan mengirim notifikasi yang isinya diskon, produk terbaru atau program tertentu. Inilah yang namanya Push Notification.

Untuk melakukan ini tentunya tidak mudah karena harus memiliki aplikasi sendiri tapi ada kok jasa pembuatan aplikasi jadi kalau memang Anda tertarik bisa menghubungi jasa pembuatan aplikasi. Cari informasi apa saja yang harus disiapkan untuk membuat aplikasi.

Dari semua Contoh Digital Marketing yang sudah saya sebutkan diatas mana yang paling cocok untuk bisnis Anda dan apa alasannya? Corat-coret dikomentar ya!

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar