--> Skip to main content

Proses Peninjauan Channel Youtube cuma 1 Hari

Proses Peninjauan Channel

DWISU.WEB.ID - Sebagai seorang YouTuber saya merasakan betapa sulitnya untuk menembus syarat monetisasi. Namun dengan konsistensi sedikit demi sedikit subscriber dan jam tayang sampai pada akhirnya channel Youtube saya tembus 1000 subscriber 4000 jam tayang. Namun kegembiraan itu harus ditahan karena ada hal yang lebih penting lagi yaitu mengajukan peninjauan channel youtube dan berharap lolos.

Inilah kemudian yang menjadi misteri, seberapa lama proses ini berlangsung? ada yang beruntung dalam hitungan hari sudah disetujui namun ada pula yang proses peninjauan channel yang lama atau istilahnya digantung, ditolak tidak diterima juga tidak. Youtube sendiri tidak memberi kepastian seberapa lama prosesnya jadi mau tidak mau harus bersabar.

Nah...berbicara tentang proses peninjauan channel Youtube ini saya punya pengalaman menarik yang terjadi baru-baru ini diawal tahun 2021. Channel Youtube ke-2 saya tanggal 6 Januari 2021 memenuhi syarat monetisasi. Tanpa menunggu lagi saya pun langsung mengajukan proses peninjauan, caranya mudah tinggal klik tombol DAFTAR SEKARANG didasboard Youtube studio bagian monetisasi. Nantinya akan diarahkan untuk melakukan langkah selanjutnya.

Ada 3 tahap yang harus saya lakukan :

  • 1.Menerima Kebijakan Program Youtube
  • 2.Mengaitkan channel ke akun adsense
  • 3.Mengajukan peninjauan channel

Setelah saya melakukan tahap 1 dan 2 otomatis masuk tahap 3 atau status menunggu proses review. Mengingat pengalaman pertama proses peninjauan yang hampir satu bulan, saya menebak kemungkinan waktunya selama itu atau bisa lebih lama karena sedang pandemi C 19. Sayapun cuma bisa menunggu dan seperti biasa kembali mempersiapkan untuk membuat video.

Namun Alangkah terkejutnya saya ketika keesokan harinya sekitar pukul 15.00 saat membuka email, ada email baru yang masuk, sekilas saya bisa tahu kalau dikirim oleh Youtube dan sebagian isinya terbaca, SELAMAT! ANDA TELAH DISETUJUI UNTUK BERGABUNG DALAM PROGRAM... Saya kaget, Kok bisa secepat ini keputusan proses peninjauan channel YouTube cuma 1 Hari!

Baca juga : Syarat Monetisasi Youtube Nyaris Tembus, Kejutan Awal Tahun 2021

Penasaran saya baca isi emailnya dengan seksama dan kesimpulannya channel saya lolos untuk bergabung dengan YouTube Partner Program (YPP) atau dengan kata lain video dichannel saya sudah bisa menghasilkan uang. Ini benar-benar diluar dugaan, Alhamdulillah... rezeki yang tak disangka-sangka.


Bisa jadi ini hanya sebuah keberuntungan namun perlu digaris dibawahi keberutungan tidak datang begitu saja pasti ada penyebabnya. Sebagai bahan pertimbangan buat teman-teman yang ingin menghasilkan uang dari YouTube, berikut ini adalah statistik dari channel YouTube saya :

  • Jumlah Video : 67 video
  • Tahun pembuatan : Februari 2015
  • Jumlah penayangan selama 28 hari : 19,2 k
  • Waktu tonton selama 28 hari : 1 k jam
  • Jumlah total Penayangan : 319.000
  • Mengajukan  Peninjauan channel ; 6 Januari 2021 jam 15.00
  • Diterima 7 Januari 2021 jam 15.00


4 Sumber Trafik Teratas :

  • 1.Rekomendasi video
  • 2.Penelusuran YouTube
  • 3.Fitur Jelajah
  • 4.Fitur Youtube lainnya

Dibalik itu semua menurut saya kunci sukses dari keberhasilan dari proses peninjauan channel YouTube ini adalah ada pada keorisinalitas video. 100% video hasil dari rekaman kamera ponsel dan judulnya juga sesuai dengan isi video.

Selain itu sumber trafik juga menjadi pertimbangan, semakin banyak trafik dari Youtube baik rekomendasi video, penelusuran atau fitur jelajah. Hal ini sulit dicapai jika videonya tidak bermanfaat. Jadi buat teman-teman buatlah video orisinil yang bermanfaat agar statistiknya bagus.

Dengan lolosnya channel ke-2 ini lunaslah resolusi saya ditahun 2020 yaitu memenuhi syarat monetisasi channel Dwi Sugiarto dan justru dapat bonus yaitu langsung lolos dari proses peninjauan. Semoga ini menjadi awal yang bagus untuk mengembangkan channel Dwi Sugiarto.

Semoga Bermanfaat!

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar