--> Skip to main content

Cara Membuat Blog Pribadi Dengan Domain My Id

Domain my id

DWISU.WEB.ID – Blog pribadi adalah blog yang dikelola secara perorangan contohnya blog ini. Semua artikel di blog ini adalah saya sendiri yang menulis jadi ketahuan bukan gaya menulis saya. Banyak keuntungan jika memiliki blog pribadi dan yang paling menarik, blog pribadi bisa menghasilkan uang. Cara membuat blog pribadi itu bagaimana sih? Mudah kok dan Anda juga bisa.

Nah jika membuat blog pribadi yang gratis malahan lebih mudah lagi cukup bermodalkan akun Gmail bisa memiliki sebuah blog pribadi. Sayangnya kalau dengan cara ini kelemahannya nama domainnya panjang dan ada embel-embel blogspot.com dibelakangnya. Tentunya jadi tidak Pede bukan kalau mau ditunjukkan ke teman atau ke rekan bisnis.

Solusinya tentu menggunakan domain sendiri atau berbayar contohnya yang paling populer ekstensi Com. Saya punya 1 blog yang menggunakan esktensi ini yaitu mediakompilasi.com. Sayangnya harga domain Com  harganya mahal khususnya buat pemula yang ingin belajar ngeblog atau sekedar menyalurkan hobi menulis.

Tapi tahukah Anda ternyata ada domain yang harganya murah? Hingga artikel ini ditulis harganya cuma 11 ribu. Kok bisa semurah itu ya? Resmi tidak?

Resmi dong bahkan domain ini memang dikelola oleh pengelola nama domain indonesia (PANDI) yang sejak awal memang diperuntukkan untuk website personal seperti blog pribadi, portofolio atau alamat email. Perlu Anda catat domain My.id mempresentasikan my identity atau my international domain jadi cocok sekali untuk blog pribadi.

“Syaratnya harus pakai KTP nggak?”

Tidak, jadi cukup memesan keregistar domain lalu bayar kemudian langsung bisa digunakan. Nah...membahas domain MY.ID ini saya ingin berbagi pengalaman membuat blog pribadi dengan menggunakan domain My.Id.

Awalnya saya tidak ada rencana untuk membeli domain My.ID karena blog saya sudah banyak namun melihat blog seorang teman yang menggunakan domain ini dan ternyata bisa menampilkan iklan saya langsung tertarik untuk menggunakannya. Nantinya domain itu bisa saya gunakan untuk meng upgrade akun adsense supaya menjadi Non Hosted jadi bisa dipakai juga untuk blog.

Baca Juga : Domain Web Id Kembali Bisa Menayangkan Iklan Adsense 

Dengan menggunakan domain MY.ID membuat ekstensi domain yang saya miliki jadi lengkap ada Com (1) , Web.id (2) dan MY.ID. Ini tentu cukup menguntungkan jika digunakan untuk bisnis backlink karena ekstensi domainnya bervariasi.

Oh ya blog pribadinya sudah online dengan url https://www.myguide.my.id tapi baru berisikan 1 artikel. Rencananya blog ini akan menggunakan bahasa Inggris. Tujuannya bukan untuk gaya-gayaan tapi akan saya gunakan untuk berlatih menulis artikel dalam bahasa Inggris yang baik dan benar. Dengan langsung mempublikasikan ke Blog, bisa menjadi alat untuk mengetahui respon pembaca. Jika ada trafiknya berarti tulisan saya bisa dimengerti orang bule begitu sebaliknya.

Kalau Gagal mendatangkan trafik bagaimana? Tidak masalah, justru bisa memacu saya untuk terus belajar dan harga perpanjangan domainnya juga murah Cuma 15 ribu jadi siapa takut?

Nah...untuk bahan referensi buat Anda yang ingin membuat blog pribadi profesional pada artikel kali ini saya akan berbagi tutorialnya.

Cara membuat blog pribadi dengan domain My ID

1.Buatlah sebuah blog di Blogger

Saya sengaja membuat blog pribadi di bloger terlebih dahulu agar nantinya saya tidak perlu membeli hosting sendiri dengan kata lain mesin blognya atau platformnya Blogspot. Loh...jadi pakai gratisan dong? Iya sih tapi hostingnya saja sedangkan untuk domainnya nanti tentunya harus beli.

Oh ya buat yang belum tahu, kalau mau membuat blog di blogger Anda harus memilki akun Gmail. Jika belum punya harus membuat akun terlebih dahulu, mudah kok. Nama domainnya bebas karena nantinya akan di alihkan ke domain my.id sebagai contoh saya membuat blog dengan nama domain myguidetrick.blogspot.com.

Jika blog sudah jadi biarkan saja dulu tidak perlu membuat artikel dahulu sebelum domain dialihkan ke my id.

2.Pesanlah Domain My Id ke registar

Langkah berikutnya adalah memesan/mendaftarkan domain My.id, registarnya terserah teman-teman kalau saya memesan di Domosquare. Setelah mencari-cara nama domain yang belum terdaftar akhirnya saya memilih domain myguide.my.id.

Pembayarannya mudah yaitu dengan transfer rekening bank dan karena nominalnya dibawah 50 ribu otomatis harus menggunakan internet banking atau mobile banking. Setelah saya bayar domain langsung Aktif.

3.Custom domain

Langkah penting berikutnya adalah mengalihkan domain myguidetrick.blogspot.com ke myguide.my.id atau istilahnya disebut Custom domain. Jika Anda belum pernah melakukan custom domain mungkin agak bingung tapi tenang saja sudah banyak tutorialnya jadi tinggal praktek. Biasanya setiap registar (Tempat memesan domain) sudah menyediakan tutorial di blog resminya. Inti dari langkah ini adalah mengubah  alamat blogspot menjadi domain sendiri.

Di registar tempat saya membeli domain untuk melakukan ini cukup mudah karena terdapat fitur Free DNS jadi tak perlu memasukan record DNS satu persatu atau manual. Kalau Anda membeli domain MY ID ditempat lain mungkin tidak ada fitur ini.

Setelah langkah ini sukses perlu menunggu proses propagasi sempurna selama 2 - 3 jam. Saya sendiri  kurang dari 1 jam sudah sempurna. Selanjutnya saya sudah bisa mengakses blog pribadi saya dengan mengetikkan myguide.my.id di Addres Bar.

Jika Nantinya Anda menemui kendala saya sarankan untuk menghubungi registarnya untuk ikut membantu proses custom domainnya.

Demikianlah tutorial cara membuat blog pribadi dengan Domain MY ID semoga bermanfaat!  


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar