--> Skip to main content

Wajib Tahu, Inilah Beberapa Jenis Bahan yang Digunakan dalam Pembuatan Sepatu Sneakers

Sepatu Sneackers

Sepatu sneakers kini telah menjelma menjadi jenis sepatu yang sedang trend dan sering dipakai. Wajar saja sepatu sneackers memiliki banyak keunggulan yang. Namun, tahukah kamu bahan apa saja yang digunakan untuk membuatnya? Berikut ini adalah jenis bahan sepatu sneakers yang sering digunakan.

1.Suede

Suede menjadi bahan yang paling populer digunakan dalam pembuatan sneakers. Namun sayangnya bahan ini mempunyai kelemahan, yaitu membutuhkan perawatan dengan ketelitian tinggi. Sedikit saja terdapat kesalahan saat perawatan, maka sepatu berbahan suede akan mengalami kerusakan. Namun suede juga kerap digunakan sebagai bahan sneakers.

2.Nubuck

Bahan nubuck sekilas mirip dengan bahan suede. Tetapi sebenarnya kedua bahan ini mempunyai tekstur yang berbeda. Bahan nubuck mempunyai tekstur yang lebih lembut jika dibandingkan dengan bahan suede.

Sneakers yang dibuat memakai bahan nubuck akan terlihat lebih cantik dan mengkilap dari pada sneakers berbahan suede. Karena kelebihan pada tampilan ini, maka sneakers berbahan nubuck memiliki harga yang cukup mahal di pasaran. 

Bahan nubuck bisa memberi kesan tampilan yang elegan dan eksklusif saat dipakai. Selain itu, sneakers yang dibuat menggunakan nubuck diklaim kuat dan awet karena bahan kulit yang dipakai cenderung lebih kuat.

3.Kulit Sintetis

Saat ini sudah terdapat banyak jenis sepatu yang dibuat memakai bahan kulit sintetis, salah satunya adalah sneakers. Kulit sintetis terbuat dari bahan bahan kain yang diolah dengan bahan lilin dan pewarna melalui beberapa proses. 

Dengan proses kombinasi tersebut, kain yang dibuat dapat mempunyai tekstur yang mirip bahan kulit asli. Meskipun bukan merupakan bahan kulit, namun bahan ini juga butuh perawatan khusus layaknya bahan kulit asli. Agar tetap awet, kamu disarankan untuk membersihkan sneakers dengan  menggunakan sabun khusus.

4.Canvas

Canvas sudah menjadi bahan yang paling populer digunakan dalam pembuatan sepatu, termasuk sneakers. Bahan canvas terkenal nyaman dan ringan saat dipakai, serta dapat dipadukan dengan tampilan yang casual. Karena kelebihan inilah yang menjadikan sepatu berbahan canvas kini sangat diminati oleh kaum milenial.

Sepatu sneakers cocok digunakan oleh siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa. Bahan sepatu ini juga cenderung mudah dibersihkan. Namun kamu juga harus lebih cermat dalam membersihkan sepatu berbahan canvas.

Bahan canvas mempunyai sifat yang mudah menyerap air dan rentan pudar. Tetapi hal tersebut juga tergantung dengan cara anda merawat sepatu dengan bahan seperti ini.

5.Denim

Denim adalah bahan yang menyerupai canvas dan sering dimanfaatkan dalam pembuatan sneakers. Perbedaan mendasar antara denim dan canvas terletak pada tekstur dan bobotnya. Bahan denim mempunyai bobot yang berat, namun bertekstur lebih halus daripada canvas.

6.Knit

Bisa jadi sebagian orang belum mengetahui bahan sepatu jenis ini. jika dilihat sekilas, bahan knit hampir mirip dengan kain rajutan, karena mempunyai lubang-lubang kecil yang dapat dipakai sebagai sirkulasi udara. Sepatu ini menjadi sepatu kekinian yang diminati oleh para kaum muda.

Sneakers yang terbuat dari bahan knit akan terasa sangat nyaman dan ringan saat dipakai. Hal inilah yang menjadi alasan semakin banyak pengguna sneakers berbahan knit.

Selain itu, sepatu dari bahan jenis ini cenderung tidak mudah bau karena mempunyai sirkulasi udara. Keunggulan lain dari sepatu berbahan knit mudah dibersihkan.

Itulah beberapa bahan yang sering digunakan dalam pembuatan sepatu sneakers. Semoga dengan ulasan ini kamu bisa mengetahui jenis bahan yang terbaik untuk sneakers kamu.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar