--> Skip to main content

10 Manfaat Website dalam Bisnis Online Pebisnis Wajib Tahu

Manfaat Website

Pernahkah Anda melihat sebuah iklan dimedia sosial? Jika Anda cermati biasanya kalau Anda mengklik tautan yang ada diiklan tersebut akan mengarah kesebuah website dari sipengiklan. Hal ini dilakukan pengiklan karena memang banyak Manfaat website dalam bisnis online.

Kehadiran website sebenarnya sudah lama ada namun perannya semakin penting diera dimana masyarakat sudah mulai terbiasa bertransaksi secara online. Bisnis online pun mulai menggeliat dan semakin dimudahkan dengan adanya media sosial untuk mempromosikan produk.

Sebagian pelaku E-commerce memilih membuat website untuk media pemasaran. Bahkan brand-brand besar memiliki sebuah website resmi contohnya Samsung atau Xiaomi.

Dari sini sudah jelas kalau website memiliki manfaat yang penting dalam bisnis online. Apa sajakah manfaatnya. Cek infonya berikut ini:

Manfaat Website dalam Bisnis Online

1.Memperkuat branding

Saat saya menemukan sebuah produk diinternet bisanya saya selalu mencari website resminya. Jika Ada kemudian wesbite tersebut menggunakan domain yang terpercaya serta tampilannya profesional, saya pasti akan percaya kalau produk tersebut terpercaya.

Hal ini tidak hanya berlaku untuk website perusahaan namun untuk perorangan juga cukup bagus manfaatnya yaitu untuk memperkuat branding atau menumbuhkan kepercayaan publik.

2.Menghemat Pengeluaran

Bayangkan jika Anda akan mempromosikan sebuah produk lalu Anda membuat spanduk yang akan ditempelkan dijalanan, berapa banyak modal yang harus anda keluarkan? Dengan sebuah website yang bisa Anda buat sendiri atau pesan kejasa pembuatan website biaya yang harus Anda keluarkan untuk mempromosikan produk jadi lebih hemat.

Anda cukup membagikan URL website sebanyak-banyaknya diberbagai media online mulai dari email, website, media sosial, youtube atau whatsApp atau bisa juga dengan pasang iklan seperti Facebook Ads. 

3.Sumber informasi

Manfaat Website selanjutnya adalah sebagai sumber informasi untuk calon konsumen yang ingin mengetahui lebih jauh produk yang ditawarkan. Dengan adanya website ini tentunya pebisnis tidak perlu menjawab satu persatu pertanyaan dari calon konsumen tapi cukup diarahkan kewebsite.

Itulah mengapa pentingnya mengisi sebuah website dengan konten yang menarik sehingga setelah calon konsumen membaca langsung tertarik untuk order.

4.Mudah di Akses

Sebagian besar masyarakat sudah memiliki HP dimana didalamnya sudah disematkan browser yang cukup cepat sehingga bisa dengan mudah mengakses sebuah website. Dengan kemudahan ini tentunya akan semakin mempermudah komunikasi antara penjual dan pembeli.

Penting bagi pebisnis online untuk membuat website yang ringan atau loadingnya cepat. Jangan sampai ketika pembeli mengakses website tersebut lama loadingnya sehingga informasinya tidak tersampaikan.

5.Jangkauan lebih luas

Tak bisa dibantah kalau sebuah website mampu menjangkau keseluruh dunia, inilah manfaat website yang luar biasa. Ini tentu menjadi sebuah kelebihan yang sangat berguna bagi pebisnis online. Luasnya jangkauan membuat target konsumennya juga semakin luas.

Dengan manfaat ni tentunya pebisnis online bisa memilih produk yang cocok yang bisa dikirimkan keseluruh Indonesia bahkan keseluruh dunia.

Baca juga: Cara Mudah Membuat Website Jualan Online Minisite 

6.Portofolio

Website memang berisi informasi seputar produk namun tidak terbatas pada itu saja. Website bisa menjadi tempat untuk memajang portofolio Anda sehingga tingkat kepercayaan konsumen akan semakin tinggi apalagi jika konsumennya brand atau publik figure.

Dalam portfolio Anda bisa menampilkan pihak mana saja yang sudah bekerja sama dengan Anda dan target konsumen bisa ikut melihatnya. Misalnya Anda membuka jasa pembuatan website, Anda bisa menampilkan Sreen shoot websitenya.

7.Efesiensi waktu

Dengan Adanya website maka anda bisa lebih fokus kepemasaran, tidak lagi mengurusi pertanyaan-pertanyaan dari calon konsumen karena semua informasinya sudah ada diwebsite. Hal ini akan terwujud jika Anda membuat website yang lengkap kontennya serta navigasi yang jelas.

Sebelum membuat website konsep dulu kontennya dengan baik sehingga nantinya sekali online Anda tidak perlu merubah lagi kecuali memang diperlukan.

8.Mempermudah Komunikasi dengan pelanggan

Disebuah website biasanya akan mencantumkan kontak yang bisa dihubungi mulai dari email, chat, WA hingga media sosial. Ini tentu mempermudah komunikasi antara konsumen dan penjual. Calon konsumen tidak akan merasa malu untuk mencari informasi yang ada diwebsite karena tidak diketahui identitasnya.

Misalkan tidak jadi memesan tentunya tidak jadi masalah. Jika memang cocok dengan produk yang ditawarkan baru menghubungi kontak yang  tersedia atau langsung melakukan pemesanan.

9.Pasar Online

Website bisa juga berfungsi sebagai pasar online contohnya Olx, jadi nantinya pemilik website tidak berjualan hanya menyediakan websitenya saja. Pasar online ini tidak terbatas pada menjual produk fisik tapi bisa juga produk digital atau jasa.

Manfaat website ini tentu sangat membantu bagi para pelaku usaha yang gaptek atau tidak mau repot dengan urusan teknologi informasi.

10.Landing Page

Landing page merupakan bagian dari website hanya saja fungsi landing page lebih terfokus yaitu untuk copy writing atau marketing dan lebih fokus pada sebuah produk dengan tujuan agar calon konsumen segera melakukan transaksi.

Fungsi landing page tidak hanya untuk mempengaruhi calon konsumen untuk membeli produk namun bisa juga untuk mengajak calon konsumen memberikan data seperti email atau nomor WhatsApp sehingga pebisnis memiliki data-data pengunjung potensial. Biasanya dalam landing page yang seperti ini menawarkan produk gratis.

Penutup

Sudah saatnya Anda memaksimalkan 10 Manfaat Website dalam bisnis online diatas untuk kesuksesan bisnis online Anda. 

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar