--> Skip to main content

Perlukah Belajar SEO untuk Pemula?

Belajar seo pemula

Ngeblog pada dasarnya mudah dan intinya membuat sebuah tulisan yang dipublikasikan keblog. Namun ada yang jauh lebih penting dari membuat sebuah tulisan yaitu siapa yang akan membaca tulisan tersebut?

Bukankah bisa dibagikan kemedia sosial?

Bisa banget dong! Cuma masalahnya apakah tulisan kamu menarik dimata pengguna media sosial? Karena kamu tidak tahu apakah tulisan yang kamu tulis dibutuhkan mereka. Jika mereka tidak butuh tulisan kamu tentu akan jadi sia-sia.

Sebagai contoh saya pernah membagikan tulisan dari blog saya ke akun pribadi facebook dimana jumlah teman saya sudah ribuan tapi ternyata yang membaca tak lebih dari 100 orang. Bahkan saya sering membagikan artikel kegrup facebook yang anggotanya ratusan ribu orang tapi yang baca paling banyak 200 orang.

Bayangkan jika kamu ingin mendapatkan kunjungan 1000 per hari berapa banyak kamu harus membagikan artikel kamu kemedia sosial dan itu harus dilakukan terus menerus, kalau tidak membagikan artikel otomatis tidak ada pengunjungnya.

Baca juga: Proses SEO ini penting untuk Blogger 

Belajar SEO untuk Pemula Solusi Terbaik

Dengan SEO kamu tidak harus tiap hari membagikan artikel kemedia sosial tapi cukup mengoptimasi artikel dengan tehnik SEO yang benar lalu menunggu hingga artikel bisa tampil dihalaman pertama Google. Jika berhasil maka pengunjung akan membanjiri blog kamu.

Sayangnya Belajar SEO itu butuh waktu yang lama apalagi jika belajarnya secara otodidak. Materi yang haus dipelajari juga banyak contohnya riset kata kunci, optimasi On page dan optimasi Off page. Belum lagi tool yang harus dimiliki.

Jika kamu baru mulai membangun blog, prioritas pertama harus mampu membuat artikel berkualitas. Kesampingkan dulu belajar SEO.

Kenapa demikian?

Pondasi paling penting dalam membangun sebuah blog adalah artikel yang berkualitas. Sebelum belajar SEO, Pastikan tulisan kamu terstruktur, mudah dipahami, fokus dan komprehensip.

Coba deh baca tulisan kamu sendiri apakah sudah memenuhi kriteria tersebut? atau bisa juga coba minta pendapat teman tentang tulisan kamu.

Untuk tahap awal minimal artikel yang kamu tulis fokus pada ide atau kata kunci tertentu contohnya kamu akan menulis artikel tutorial yang temanya “Cara membuat bakso” maka sebaiknya pilih judul yang ada kata cara membuat bakso dan diartikelnya juga ada kata cara membuat baksonya dan tentu pembahasannya tentang cara membuat bakso.

Rajinlah menulis sampai kamu terbiasa menulis secara sistematis dan terbentuk sistem menulis diotak kamu. Semakin panjang artikelnya tentu akan semakin baik namun tetap fokus tidak bertele-tele. 

Sebagai bahan referensi coba kamu ketikkan kata kunci tertentu di Google lalu lihat situs yang mucul pada halaman pertama. Buka situs-situs tersebut dan pelajari bagaimana tulisannya mulai dari kata kuncinya, judul artikel, pembukaan artikel, isi pokok dan penutup. Amati juga headingnya baik H2 maupun H3.

Dengan seringnya menganalisa artikel-artikel yang sering muncul di halaman pertama Google secara tidak langsung kamu sudah belajar SEO sehingga nantinya tulisan yang kamu buat setidaknya ada beberapa tehnik SEO yang sudah kamu terapkan walupun mungkin tanpa kamu sadari.

Akhir kata, Jika ada pertanyaan Perlukah Belajar SEO untuk Pemula? Jawabannya “Perlu” bahkan sangat disarankan. Namun perlu dicatat SEO hanyalah sebuah metode agar artikel bisa tampil dihalaman pertama Google sedangkan modal pentingnya adalah Artikel yang berkualitas. 

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar