--> Skip to main content

5 Manfaat Blog Tersembunyi Di Masa Pandemi

Manfaat Blog

Setahun sudah pandemi covid-19 melanda Indonesia dan belum ada tanda-tanda kembali normal. Sebagai seorang pedagang martabak mini saya terkena dampaknya. Usaha saya tidak selancar dulu tapi untungnya saya masih bisa bertahan hingga saat ini meski harus hidup apa adanya.

Saya bisa bertahan bukan karena saya punya usaha lain karena satu-satunya usaha offline saya itu jualan martabak mini. Saya yakin sekali kalau rezeki sudah ada bagiannya masing-masing. Alhamdulillah saya kadang mendapatkan rezeki yang tak terduga salah satunya dari blog.

Dimasa serba sulit ini saya merasakan manfaat blog yang saya miliki. Blog tersebut bisa menghasilkan uang meski jumlahnya kecil. Saat yang paling ditunggu adalah saat penghasilan dari Adsense blog mencapai $100, dimana saya bisa mencairkan penghasilan saya dari Google adsense yang sudah saya tekuni sejak 2015.

Kadang saya sedih, kenapa penghasilan saya dari blog tidak sebanyak dulu?  Namun mau bagaimana lagi penyesalan tak berguna lagi. Saya harus menatap kedepan, sekarang saatnya mulai lebih serius mengelola blog walaupun tantangannya berat.

Sumber penghasilan lain dari blog datang dari content placement walaupun kadang ada kadang kosong. Pada titik inilah saya merasa bersyukur memiliki beberapa blog karena manfaat blog itu cukup banyak tidak sekedar urusan materi.

Baca juga:

Tantangan Membuat blog baru pahami resikonya 

Penghasilan blog tak kunjung membaik? Behenti saja 

Fitnah Babi Ngepet Bisa menimpa Internet Marketer 


5 Manfaat blog pada masa pandemi

1.Mengisi waktu untuk kegiatan positif

Disaat pandemi tentunya muncul kecemasan takut terpapar virus apalagi jika yang masuk keotak kebanyakan informasi seputar virus ini. Jika dibiarkan tentunya akan stres yang tidak baik untuk daya tahan tubuh.

Dengan mengelola blog maka otak akan berpikir positif apalagi yang ditulis merupakan hal-hal yang disukai tentunya akan membuat kepuasan batin. Selain itu akan terhindar dari melamun atau bengong.

2.Menambah Wawasan

Saat menulis artikel tentunya akan mencari referensi dari situs lain seperti wikipedia atau situs terpercaya lainnya. Dengan membaca referensi tersebut otomatis wawasannya akan bertambah luas. Semakin banyak topik yang dibaca akan membuat semakin mudah untuk membuat artikel sehingga lebih produktif dalam menulis artikel.

Selain itu bermanfaat juga untuk menyaring informasi yang beredar diinternet apakah benar ataukah hoax.

3.Mengasah kemampuan

Dengan seringnya menulis artikel maka kemampuan berbahasa, menulis efektif, kemampuan bercerita, creative thinking akan semakin meningkat. Kemampuan tersebut akan meningkatkan kualitas tulisan.

Semakin bagus tulisannya akan semakin diminati pembaca sehingga blognya akan semakain ramai. Jika Anda membuka jasa penulisan artikel maka nilai jualnya akan semakin tinggi. Kemampuan menulis juga sangat berguna untuk digital marketing cocok untuk anda yang ingin jualan online.

4.Membuka lapangan pekerjaan

Jika blog Anda sudah besar dan hasilnya sudah lumayan mau tak mau butuh penulis artikel agar blog selalu update sehingga hasilnya akan semakin meningkat. Anda bisa merekrut penulis tetap yang digaji bulanan.

Dengan cara ini setidaknya Anda membuka lapangan pekerjaan untuk warga sekitar terutama kaum milenial yang ingin berkarir dipenulisan artikel khususnya atau digital marketing pada umumnya. Jika memang terbukti menguntungkan tentu meringankan tugas Anda sekaligus berbagi rezeki ke sesama.

5.Menghasilkan uang

Manfaat ini yang paling menarik dan nyata adanya karena blog terbukti menghasilkan uang. Hanya saja sekarang ini persaingan blog cukup ketat sehingga untuk mendatangkan pengunjung yang banyak cukup sulit.

Namun tidak ada salahnya jika sekarang mulai membangun sebuah blog dan fokus menyajikan artikel yang unik dan menarik sambil berlatih membuat artikel yang berkualitas. Anggaplah blog sebuah aset yang suatu saat akan menghasilkan.

Akhir kata, Manfaat blog tidak bisa dianggap remeh apalagi dimasa pandemi seperti sekarang ini. Kabar baiknya membuat blog itu tidak sulit, tinggal mau atau tidak.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar