--> Skip to main content

Penghasilan Blog Tak Kunjung Membaik? Berhenti Saja!

Penghasilan blog

Meski menginjak 10 tahun saya menjadi seorang blogger namun hingga saat ini saya belum masuk kategori blogger sukses. Boro boro mau sukses, sekedar mendapatkan penghasilan setara UMR saja masih jauh.

Kadang saya juga heran dengan diri saya sendiri, sudah tahu kondisinya seperti itu tapi kenapa masih betah ngeblog? Hingga saat ini tak terbesit keinginan untuk berhenti saja dari dunia blog. Jujur, atmosfer dunia blog tidak selegit dulu.

Bayangkan, Blog utama yang tadinya trafik sehari bisa 2000 pengunjung sekarang hanya mampu menyedot pengunjung paling banyak 500 per hari.

Apesnya lagi saat ini saya memiliki 10 blog yang harus diurus, Nekat bukan? Dititik tertentu saya terkadang merasa jenuh, ingin berhenti saja!

Pada akhirnya saya berkesimpulan, Untuk menjadi blogger sukses dimana penghasilan blog mampu menghidupi keluarga butuh modal yang besar.

Ngeblog sekarang tidak sekedar bisa menulis, Banyaknya artikel tidak akan berarti jika tidak ada yang membaca.

Kunci sukses ngeblog itu yang paling penting adalah artikel bisa tampil dihalaman pertama Google.

Lalu, kenapa harus butuh modal yang besar?

Begini penjelasannya, versi saya !

Sebuah artikel bisa tampil di halaman satu butuh sebuah proses yang dinamakan SEO.

Proses SEO ini ternyata butuh modal misalnya saja untuk membeli Tool untuk riset kata kunci. Semakin mahal harganya akan semakin lengkap fiturnya. Faktanya sebagian blogger sukses menggunakan Tool yang harganya mahal.

Setelah kata kunci didapat langkah selanjutnya tentu membuat artikelnya. Di era algoritma seperti sekarang ini kualitas artikel sangat penting. Artikel harus ditulis oleh penulis yang menguasai dalam bidang yang ditulis atau oleh ahlinya. Rata-rata artikel yang tampil di halaman pertama jumlah katanya panjang minimal 1000 kata sehingga penulisan harus komprehensif.

Disinilah dibutuhkan penulis artikel yang bagus karena kalau mengandalkan tulisan sendiri kemampuannya terbatas. Membeli artikel menjadi cara terbaik namun butuh modal yang tidak sedikit. Harga artikel 1000 kata paling murah 22 ribu. Saya pernah tanya keteman yang buka jasa penulisan artikel tarifnya 100.000 per artikel.

Setelah menerbitkan artikel ada proses lain yang juga penting yaitu Backlink. Secara natural bisa saja sebuah artikel tanpa backlink masuk ke halaman pertama Google namun untuk kata kunci yang pencariannya tinggi apalagi persaingannya berat cukup sulit untuk menaklukannya. Disinilah peran backlink, semakin banyak aliran backlink yang mengalir keartikel maka peluangnya akan semakin bagus.

Masalahnya, untuk mendapatkan backlink natural cukup sulit sehingga cara yang mudah dengan guest post ke blog yang peringkatnya tinggi dan tidak cukup 1 atau 2 artikel guest post menyesuaikan dengan kompetitor. Hanya saja jarang sekali blog semacam ini menyediakan guest post gratis jadi harus membayar.

Baca Juga:

Bila Adsense Sudah Tidak Menjanjikan, Lakukan Hal ini

Spesial Report $1000 Dari Adsense Tercapai Setelah 2 tahun 

[Trik Sukses Adsense] Pilih Niche Blog Yang Tepat 

 

Saya akhirnya paham kenapa situs-situs besar sekarang menguasai halaman pertama contohnya Tribuns karena mereka menang modal. Dengan modal tersebut dia bisa merekrut Tim SEO, penulis artikel dan promosi.

Fakta ini menjadi sebuah dilematis bagi saya, mau bertahan atau berhenti ngeblog saja. Sampai pada akhirnya saya merasa pada sebuah titik dimana saya harus memilih sebuah langkah yang tepat. Ada beberapa alternatif :

1.Melanjutkan ngeblog seperti biasa tapi memprioritaskan yang sudah menghasilkan.

2.Memilih 1 blog yang paling bagus performanya dari sisi statistik mesin pencari untuk digenjot lagi optimasinya.

3.Membangun blog baru (Ini sudah saya lakukan)

4.Biarkan mengalir sesuai Mood

5.Mengalihkan ke Platform yang lebih menghasilkan contohnya Youtube dan membiarkan blog-blog apa adanya.

Dari ke-5 alternatif diatas sepertinya saya lebih condong untuk memilih opsi yang terakhir. Kenapa demikian? Faktanya saat ini penghasilan adsense saya dari Youtube 2 kali lipat dari blog. Tantangan terbesarnya mengatasi rasa malas.

Membuat video sebenarnya tidak sesulit membuat artikel namun kalau sudah datang rasa malas pekerjaan yang mudah pun jadi susah.

Saya memiliki 2 channel Youtube yang statusnya sudah monetisasi dan ini merupakan aset yang berharga. Bulan puasa yang lalu saya kurang rajin mengunggah video namun uniknya penghasilannya masih stabil.

Kelebihan dari adsense youtube adalah ada jenis iklan yang tidak bisa dilewati sehingga setiap ada yang menonton ada penghasilannya berbeda dengan blog yang lebih mengandalkan banyaknya klik.

Semoga kedepannya penghasilan saya dari Youtube meningkat dan nantinya hasilnya bisa untuk modal mengelola blog agar performanya lebih baik. Maaf untuk berhenti ngeblog saya belum bisa karena menulis sudah jadi hobi.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar