--> Skip to main content

Pengalaman Ganti Leher Knalpot Motor

Knalpot Motor

Fungsi sebuah knalpot pada sepeda motor cukup penting salah satunya adalah meredam suara berisik pada mesin. Knalpot ini jarang sekali rusak kecuali jika sudah berumur dimana biasanya pada leher knalpot berkarat sehingga lama kelamaan jadi bocor. Hal ini menyebabkan suara knalpot jadi berisik apalagi jika bocornya besar.

Beberapa minggu yang lalu knalpot sepeda motor saya mengalami kebocoran pada lehernya sehingga menimbulkan suara berisik. Parahnya semakin lama semakin besar kebocorannya. Dulu saya pernah mengalami kejadian serupa dan bisa diatasi dengan mengelas bagian yang bocor di sebuah bengkel motor.

Nah... pada hari Selasa 25 Mei 2021 saya berinisiatif membawa motor ke bengkel yang sama dengan maksud untuk menambal bocor tersebut namun menurut bengkel bocornya sudah besar sehingga disarankan untuk ganti leher knalpot. Sayangnya bengkel tersebut tidak punya stok leher knalpot untuk motor supra Fit keluaran tahun 2005.

Tadinya bengkel akan mengusahakan untuk belanja Part tersebut namun sayangnya hingga tanggal 29 Mei 2021 part nya tak kunjung ada sehingga saya pun memutuskan pada hari itu juga langsung mencari bengkel lain. Alasannya karena motor tersebut saya pergunakan untuk jualan keliling kegang-gang perumahan.

Saya merasa tidak enak takutnya jadi omongan warga walaupun selama ini belum ada yang menegur tapi saya memilih segera memperbaikinya sebelum hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Baca Juga: Pengalaman Ganti Kartu Debit Mandiri Magnetic ke Chip 

Untungnya, Saat saya melewati jalan Serang arah Cibarusah Bekasi saya menemukan toko spart part motor termasuk knalpot. Saya pun langsung menanyakan leher knalpot motor saya. Penjualnya mengatakan ada. Harganya 125 ribu sudah termasuk ongkos pasang dan mengelas.

Saya sempat menawar tapi harga sudah pas. Karena tak ada pilihan lain saya setuju saja. Proses penggantian pun langsung dikerjakan oleh si penjual dan saya memperhatikan dengan seksama proses penggantian leher knalpot motor Honda Supra Fit saya.

Proses diawali dengan mencopot knalpot dari motor kemudian memasang leher knalpot yang baru tapi untuk sementara. Bodi Knalpot yang lama di pas kan dengan leher knalpot yang baru agar nantinya setelah leher di potong bisa pas dengan leher yang baru.

Leher knalpot yang lama kemudian dipotong kemudian dipasang sementara ketempatnya lalu di Las sebagian tujuannya agar bisa menempel. Barulah kemudian leher knalpot dan bodi yang sudah menempel diturunkan untuk di Las keseluruh bagian. Proses terakhir adalah memasangnya kembali.

Proses penggantian ini cukup memakan waktu, kalau tidak salah sekitar 1 jam lebih baru selesai. Setelah semuanya selesai tak lupa saya pun mencobanya di tempat dan mengecek apakah masih ada yang bocor. Setelah yakin semuanya normal saya pun pulang.

Setelah sampai rumah, iseng-iseng saya mengecek harga leher knalpot sepeda motor Supra fit di Tokopedia. Harganya ternyata murah cuma Rp.35 ribu. Dengan ongkos kirim 9 ribu totalnya jadi 44 ribu. Dari sini saya berkesimpulan ongkos pasang + ngelas nya berarti 125.000 – 44.000 = 81.000. Mahal kah?

Menurut saya murah tidak mahal juga tidak artinya terjangkau di kantong saya dan saat penggantiannya memakan waktu karena butuh ketelitian dan saya terima beres. Bayangkan kalau saya beli leher online kemudian saat di pasang tidak cocok? Malah repot. 

Menariknya lagi saat saya mengecek harga knalpot baru Supra Fit di Tokopedia harganya Rp.165.000 dengan bobot 3 kg jadi ongkos kirimnya 30 ribu jadi totalnya 195 ribu. Anggap saja ongkos pasangnya 50 ribu totalnya jadi 245 ribu.

Tapi bagaimana pun jika suatu saat rusak lagi saya akan tetap memilih ganti lehernya saja dari pada beli knalpot baru. Pertimbangannya tentu harga lebih hemat dan hasilnya tetap bagus dalam artian berfungsi sebagaimana mestinya.

Semoga Bermanfaat! 


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar