--> Skip to main content

Pengalaman Ganti Kartu Mandiri Debit Magnetic ke Chip

Bank Mandiri

Sebagai Nasabah Bank Mandiri terus terang saya paling malas untuk datang ke Bank. Penyebab utamanya karena lokasi kantor cabang Bank terdekat jaraknya sekitar 7 Km. Ditambah lagi sekarang ini sedang masa pandemi sehingga jumlah nasabah khususnya untuk Customer service dibatasi.

Terakhir kali saya datang ke Cabang Bank Mandiri pada bulan Juni 2020 untuk keperluan registrasi Mandiri Mobile online. Waktu itu saya berangkat jam 8.00 selesai jam 12.00.

Baca juga : Pengalaman Aktivasi Mandiri Online ke Kantor Cabang 

Nah..paling lambat 31 Mei 2021 kartu Mandiri debit saya yang berjenis magnetic stripe harus diganti dengan kartu Mandiri debit Chip. Jika tidak diganti menurut penjelasan Bank Mandiri di situs resminya,

 ”Mandiri Debit Magnetic Stripe nasabah akan otomatis terblokir secara permanen dan tidak bisa digunakan untuk bertransaksi apapun termasuk penggantian password log in mandiri online. Nasabah harus segera ke Cabang terdekat melakukan penggantian kartu ke Mandiri Debit Chip untuk dapat bertransaksi kembali.”

Tujuan dari penggantian dari magnetic stripe ke chip adalah untuk meningkatkan keamanan bertransaksi kartu debit maupun bank sebagai penyedia jasa dan mengikuti regulasi dari BI (Bank Indonesia).

Pada Jumat 28 Mei 2021 saya pergi ke cabang Bank Mandiri terdekat yaitu KCP Cikarang central City yang berlokasi didesa Sukadami Cikarang selatan Bekasi, tidak jauh dari gerbang kawasan industri Hyundai. Saya berangkat dari rumah sekitar jam 7.30, harapannya biar mendapatkan nomor antrian yang kecil.

Sesampainya di Bank ternyata operasional Bank belum buka karena belum jam 8.00. Alangkah terkejutnya ketika saya membaca tulisan disebuah kertas yang ditempelkan di pintu masuk bank yang isiya “Maaf Nomor Antrian sudah Habis. Nomor antrian dibagi setiap hari jam 6.00 dan dibatasi hingga 60 nomor”.

Merasa tulisannya sudah jelas sekali dengan langkah gontai akhirnya saya memutuskan untuk pulang. Karena saat itu hari Jumat maka kesempatan saya tinggal 1 hari pada hari Senin 31 Mei 2021. Kesal juga waktu itu sudah jauh-jauh tapi “Zonk”.

Tak mau kecewa lagi pada hari Senin saya memutuskan untuk datang lagi ke Bank, tapi kali ini saya berangkat dari rumah lebih cepat yaitu pada jam 5.30 saat matahari belum terbit. Sesampainya disana ternyata sudaha ada yang lebih dulu meminta nomor antrian padahal saya sampai sekitar jam 6.00.

Tak mau kehabisan saya pun buru-buru minta nomor antrian yang di bagikan satpam Bank dan saya mendapatkan nomor antrian nomor 24. Berhubung waktu masih jam 6.00 sedangkan jam operasional Bank baru buka jam 8.00 maka saya memutuskan untuk pulang lagi kerumah meski jauh.

Bank Mandiri

Singkat cerita jam 8.00 saya berangkat lagi ke cabang Bank Mandiri dan sesampainya disana sudah banyak nasabah yang menunggu. Saya pun menanyakan ke Satpam sampai berapa nomor antrian yang dipanggil dan menurut satpam baru sampai nomor 10.

Karena nomor antrian saya 24 maka saya harus menunggu 14 nomor lagi. Sekitar jam 9.30 barulah  nomor saya dipanggil jadi saya hanya menunggu sekitar 1 jam. Menariknya dari nomor antrian yang dipanggil ternyata ada yang belum hadir jadi nomor saya dimajukan jadi 20.

Persyaratan untuk pergantian kartu debit Mandiri magnetic ke chip :

1.Membawa Buku rekening

2.Membawa kartu debit

3.Menunjukkan KTP Asli

Proses pengantian ini tidak berlangsung lama sekitar 5 menit sudah selesai dan 100% gratis. Saya mendapatkan kartu debit Mandiri yang baru dan saya tetap memilih jenis kartu Silver. Namun demikian menurut penjelasan dari CS Bank Mandiri, Kartu debit baru bisa digunakan minimal 15 menit setelah proses pergantian selesai.

CS Bank menyarankan untuk mencoba kartu debitnya dimesin ATM yang ada di Bank sehingga jika terjadi masalah bisa langsung mengadukan ke CS Bank lagi. Mau tak mau saya pun harus menunggu sekitar 15 menit.

Setelah 15 menit menunggu saya langsung mencoba kartu debit chip ke mesin ATM dengan mengunakan nomor PIN bawaan dari Bank. Setelah memastikan kartu berfungsi dengan baik saya pun langsung merubah nomor PIN melalui mesin ATM. Dengan befungsinya kartu debit mandiri versi chip dengan baik maka proses pergantian ini saya anggap sudah selesai dan saya pun pulang.

Semoga Bermanfaat! 

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar