--> Skip to main content

Sudah Pernahkah Gajian Dari Youtube?

Ngomong-Ngomong sudah pernah gajian dari Youtube? Pertanyaan ini dilontarkan kepada saya oleh seorang teman blogger. Pertanyaan ini muncul ketika saya memuat status difacebook yang isinya tentang channel youtube saya yang sudah diterima menjadi Youtube partner program.

Dari pertanyaan ini sudah terlihat kalau teman saya ini belum mengenal saya lebih dekat, mungkin karena dia seorang blogger top yang sering menang lomba jadi mungkin jarang berinteraksi dengan saya yang hanya blogger biasa yang tak pernah menang lomba.

Ada perasaan tak enak saat mendapatkan pertanyaan seperti ini. Kok kesannya meremehkan banget? Tapi saya anggap biasa saja dan berpikir positif saja, mungkin memang belum tahu jadi wajar jika bertanya.

Perjalanan Menjadi seorang Youtuber

Youtube sebenarnya bukan hal baru buat saya karena sejak 4 Februari 2015 saya sudah memiliki channel pribadi. Awalnya channel tersebut tidak diniatkan untuk mencari penghasilan dari Adsnese tapi hanya sebagai info pelengkap dari blog saya.

Namun saat penghasilan Adsense blog mulai tidak menjanjikan saya mulai banting stir dengan mencoba peruntungan dari Adsense Youtube. 

Akhirnya pada Mei 2017 saya membuat sebuah channel dengan nama sama persis dengan blog ini DWISUWEBID. Waktu itu mendaftar Adsense Youtube sangat mudah tidak sesulit sekarang, hanya dengan beberapa video saja sudah bisa diterima.

Saat itu saya benar-benar mulai dari Nol membangun channel dan saya banyak belajar dari youtuber sukses. Dengan seringnya saya upload video saya jadi semakin mengerti video seperti apa yang sering ditonton.

Untungnya saya mengupload dengan berbagai macam topik mulai dari yang bersifat reportase, review, lucu, unik hingga tutorial sehingga saya jadi terbiasa membuat video apapun. Hingga sampai pada sebuah kesimpulan jenis video tutorial paling potensial mendatangkan penonton.

Alhasil, saya pun semakin memperbanyak video tutorial dan terbukti viewnya semakin banyak. Sempat tersandung diperbaharuinya persyaratan monetisasi sehingga pada Februari 2018 channel saya jadi dismonetisasi atau iklan tidak tayang lagi. 

Kapan Pertama kali Gajian dari Youtube?

Dismonetisasinya channel saya memberikan dampak positif karena saya jadi kerja keras agar channel saya bisa banyak penontonnya dan subscribernya. Akhirnya 6 bulan kemudian atau Agustus 2018  channel saya bisa menayangkan iklan lagi, sebuah kerja keras yang melelahkan. Berhubung channel saya jumlah penontonnya sudah lumayan banyak sehingga penghasilan pun mulai mengalir.

5 bulan setelah channel bisa menampilan iklan lagi akhirnya saya bisa merasakan gajian pertama dari Youtube pada 22 Januari 2019. Penghasilan ini murni dari Youtube karena memang akun Adsensenya hanya ditautkan dengan channel youtube saya.

Sampai disini pertanyaan dari teman saya terjawab sudah, YA! SAYA SUDAH PERNAH GAJIAN DARI YOUTUBE.

Dengan terjawabnya pertanyaan ini sebenarnya sudah cukup tulisan ini sampai disini namun agar tulisannya semakin lengkap dan bisa menjadi inspirasi untuk pemula, maka saya akan menginformasikan juga gajian-gajian saya berikutnya yaitu:

  • Gajian Google Adsense Youtube kedua Desember 2019
  • Gajian Google Adsense Youtube ketiga Oktober 2020
  • Gajian Google Adsense Youtube keempat Maret 2021
  • Gajian  Google Adsense Youtube kelima Agustus 2021

Tidak lengkap rasanya kalau saya tidak memberikan bukti kalau saya sudah pernah gajian dari Youtube. Berikut adalah Screenshoot Penghasilan saya selama saya menjadi youtuber sejak 2017.

Penghasilan Youtube

Hingga gajian kelima, semuanya merupakan hasil penghasilan dari 1 channel saya DWISUWEBID. Ada kabar baik karena di akun Adsense ini saya berhasil menambahkan 1 channel yang sudah lolos monetisasi sehingga tentunya penghasilannya akan semakin bertambah.

Dampaknya tentunya gajian akan semakin cepat dan tidak menutup kemungkinan bisa gajian tiap bulan, Semoga saja!

Baca Juga: Pilih Blog atau Youtube? 

Selain memiliki 2 channel tadi, Saya juga memiliki channel ke 3 yang sudah lolos monetisasi juga hanya saja tidak terkait dengan akun adsense yang saya sebutkan tapi terkait dengan akun Adsense blog. Penghasilannya juga lumayan mulai US $10 hingga US $40 sehingga bisa menambahkan penghasilan saya dari Youtube.

Penghasilan Adsense

Dari statistik channel ini sebenarnya sudah bisa gajian karena penghasilannya totalnya mencapai US $138 namun karena penghasilannya bercampur dengan blog jadi tidak perlu menunggu sampai $100, yang penting jumlah penghasilan blog + youtube mencapai US $100 akan gajian, Sebagai contoh penghasilan blog US $60 lalu Youtube baru US $40 maka tetap akan bisa gajian.


Penutup

Diartikel ini saya bermaksud menjawab petanyaan dari teman saya yang menanyakan apakah sudah pernah gajian dari youtube namun saya juga ingin menginformasikan kepada semua teman-teman saya khususnya para blogger kalau saat ini Youtube lebih menjanjikan dari pada blog. Namun ini tentu tidak bisa disama ratakan karena ini hanya berdasarkan pengalaman saya selama menjadi blogger dan Youtuber.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar