--> Skip to main content

10 Juta Pertama dari Youtube, Hasil Kesabaran

10 juta pertama dari youtube


10 Juta Pertama dari Youtube, Hasil Kesabaran
– Bulan ini saya bisa merasakan pembayaran dari Youtube untuk kali ke-7. Sebenarnya buat youtuber lain mungkin ini bukan hal istimewa karena kalau memang penghasilan sudah terkumpul Rp.1.300.000 pasti akan gajian.

Tapi bagi saya gajian kali ini memberi kesan tersendiri bagi saya. Kenapa demikian? Karena dengan adanya gajian ini maka jika ditotal penghasilan saya dari gajian pertama hingga gajian ke-7 mencapai 10 juta.

Nah..pencapaian Angka 10 juta ini sangat cocok dijadikan sebagai sebuah momnetum yang perlu dirayakan atau disyukuri. Bagaimana tidak! Saya terjun ke youtube awalnya hanya bermodalakan HP 3G dengan resolusi kamera cuma 720 p padahal waktu itu sudah eranya HP 4G dengan resolusi kamera FHD atau 4K.

Momentum ini membuat saya semakin mantap untuk terus menekuni youtube. 

Awal Mula Terjun Ke Youtube

Saya mengenal youtube mulai tahun 2015 tepatnya 4 Februari yang ditandai dengan dibuatnya channel Dwi Sugiarto. Awalnya saya tidak begitu tertarik dengan youtube karena pada tahun itu blog lebih menjanjikan. 

Saya membuat channel tersebut sekedar ingin tahu bagaimana cara membuat channel dan mengupload video. Lihat saja video yang saya uplod kesannya sekedar untuk menyimpan kenangan.

Barulah pada tahun 2017 saya mulai lebih “niat” main youtube. Keputusan saya ini imbas dari penghasilan Adsense blog yang terus menurun. Mendapatkan trafik organik Google semakin susah. Saya membuat sebuah channel yang memang saya khususkan untuk mencari penghasilan dari Adsense.

Awal-awal membangun channel belum begitu paham algoritma youtube. Motivasi saat itu bagaimana caranya bisa upload video sebanyak-banyaknya.

Baca Juga: Membangun Investasi Digital Channel Youtube


Penghasilan Pertama Rp.1.350.000

Saat yang tak pernah terlupakan adalah ketika gajian pertama kali dari youtube pada bulan Januari 2019. Maklum baru pertama kali gajian dari youtube. Kerja keras selama hampir 2 tahun terbayar sudah. Saya pun semakin bersemangat membuat video.

2 Tahun menekuni youtube membuat saya semakin paham Algoritma youtube. Faktor keberuntungan ikut berperan sehingga bisa menjadi sebuah harapan. Bisa jadi video yang menurut saya biasa saja tapi justru mendapatkan rekomendasi dari youtube.

Saya jadi paham apa itu thumbnail, tags, cara membuat judul yang bagus, cara mengisi deskripsi hingga editing video dasar.

Guna meningkatkan kualitas video, pada Mei 2020 saya memutuskan untuk membeli HP baru yang lebih layak untuk merekam video yaitu Xiaomi Mi A2. Saya memilih HP ini karena mantan Flagship jadi kualitasnya tidak perlu diragukan lagi.

Sejak menggunakan HP tersebut ada peningkatan view bahkan ada beberapa video yang tembus 100 ribu view. HP ini benar-benar membantu produktifitas saya dalam membuat video terutama dari sisi editingnya. Dengan HP tersebut saya bisa mempercepat proses rendering video sehingga bisa langsung upload video.

Sayangnya meski saya sudah melakukan optimasi secara maksimal namun penghasilan channel saya “stay” di $20. Padahal video yang saya unggah semakin bertambah. Saya pun mencoba melakukan perubahan dengan cara berlangganan tools SEO keyword Everywhere pada Oktober 2020.

Tak berselang lama Youtube memberi kejutan pada channel pertama saya yang tadinya tidak diniatkan untuk menghasilkan uang dari youtube tapi statistiknya bagus dari sisi jam  tayang. Dengan sedikit polesan akhirnya channel tersebut bisa lolos monetasi pada awal tahun 2021.

Dengan 2 channel tentunya penghasilan saya semakin bertambah.

Berbekal tools diatas saya bisa mengetahui jumlah pencarian bulanan sebuah kata kunci dan persaingannya. Saya pun melakukan eksperimen dengan membuat channel baru dengan topik khusus. Diluar dugaan eksperimen ini membuahkan hasil.

Channel tersebut langsung melesat penayangannya bahkan bisa memenuhi syarat dan disetujui monetisasinya pada Agustus 2021. Dan yang lebih mengejutkan lagi saya hanya butuh waktu 1 bulan. Kabar baiknya 3 bulan berturut-turut mulai dari Agustus, September dan Oktober 2021. Channel ini menyumbang penghasilan Adsense hingga bisa gajian tiap bulan.

Saya pun jadi penasaran untuk melakukan eksperimen lagi dengan metode yang sama. Saya membuat 2 channel dengan topik Martabak Manis dan Elektronika.  Saya baru mengisinya dengan beberapa video namun channel yang topik Martabak Manis sudah mendapatkan rekomendasi video tinggal menambah video. 

Bagi youtuber sukses penghasilan 10 juta masih terbilang kecil namun saya sangat bersyukur bisa meraih penghasilan sebesar itu meski harus mengumpulkan dari gajian pertama hingga ke-7. Saya berharap ini bisa menjadi jalan menuju kesuksesan.

Semoga coretan ini bermanfaat!

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar