--> Skip to main content

Membangun Blog Tahun 2022 Masih Sulit, Tetap Bermanfaat Tanpa High Traffic

Membuat blog


Tahun 2022 sepertinya masih menjadi batu sandungan bagi blogger yang tujuannya mencari High traffic. Pasalnya media besar masih mendominasi hasil pencarian di SERP Google. Meskipun ada blogger personal yang mampu bersaing namun butuh effort yang luar biasa.

Tahun 2021 saya mencoba membangun 2 blog baru dengan domain my.id dan hasilnya mengecewakan terutama dari sisi ranking. Untungnya domain my.id harganya murah sehingga saya akan tetap memperpanjang domainnya.

Uniknya lagi 3 blog TLD yang sudah berumur meski trafiknya kecil namun masih bisa mendapatkan trafik organik dan cepat terindeks.

Fakta ini tentu akan menjadi sebuah pertimbangan, Sudah saatnya saya memaksimalkan 3 blog tersebut dibandingkan dengan membangun blog baru.

Buat kamu yang masih semangat membangun blog dengan tujuan mencari trafik tinggi atau khususnya untuk bermain Adsense, silahkan lanjutkan namun jangan kecewa kalau hasilnya tidak sesuai harapan.

Apakah Blog sudah tidak berguna lagi di 2022?

Masih dong!, itulah kenapa hingga detik ini saya masih mengelola blog dari yang menggunakan domain gratisan hingga berbayar.

Berikut manfaat blog yang masih tetap bagus untuk menghasilkan uang.

1.Digital Marketing

Masih terngiang materi dari pelatihan prakerja dari Skill Academy yang menyebutkan produk adalah solusi dan konten adalah mendistribusikan solusi.

Blog masih cocok untuk menampikan artikel review atau copywriting dengan tujuan untuk menghasilkan penjualan atau konversi.

Konten memiliki peran penting dalam menghasilkan konversi. Menurut survey Content Marketing Institute 61% konsumen memutuskan membeli produk setelah membaca rekomendasi disuatu blog.  

Konten dengan pemirsa atau pembacanya sudah tertaget akan lebih besar potensi terjadinya konversi meski trafiknya kecil.

Blogger bisa membidik kata kunci long tail keyword sehingga persaingannya tidak seketat short tail keyword. Namun karena tujuannya konversi tentunya harus membidik buying keyword.


2.Landing Page

Beberapa bulan yang lalu saya mengambil kelas Wordpress dan FB Ads. Dari situ saya jadi tahu waktu awal merintis kursus online ownernya menggunakan landing page dengan mengunakan domain murah my.id setelah sukses barulah diganti dengan domain id.

Landing page sangat bermanfaat untuk online shop atau jual jasa. Membuat Landing page tidak harus menggunakan hosting berbayar, blogspot pun bisa. Tinggal beli domainnya saja.

Landing Page akan sangat berguna jika kamu akan mengiklankan produk di FB Ads.


3.Personal Branding

Blog masih ampuh untuk meningkatkan personal branding karena pembaca blog masih tetap ada. Jenis blog yang paling bagus untuk meningkatkan personal branding adalah Niche Blog.

Buat blog yang sesuai Passion kemudian rutin mengisi artikel-artikel yang bermanfaat. Jika pengunjung sudah percaya kalau kamu ahli dibidang yang kamu tulis, percayalah kamu akan lebih mudah menawarkan produk atau jasa.


4.Sumber Backlink

Salah satu faktor penentu artikel masuk kehalaman pertama Google ada pada backlinknya, semakin banyak backlink yang masuk akan semakin bagus.

Idealnya memang menggunakan backlink natural namun butuh proses yang lama. Cara cepatnya bisa menggunakan jasa backlink atau Content placement.

Kamu bisa memanfaatkan blog untuk jasa backlink yaitu dengan mempublikasikan artikel yang berisi link dari advertiser.

Untuk mendapatkan klien kamu bisa bergabung dengan situs influencer seperti Sosiago atau Rajabacklink.


Penutup

Membangun Blog Tahun 2022 masih sulit namun blog masih bermanfaat untuk bisnis online khususnya untuk digital marketing.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar