--> Skip to main content

Napak Tilas 10 tahun Ngeblog 2011- 2021

10 tahun ngeblog

Sesuatu yang dilakukan sepenuh hati tidak akan terasa, pernyataan ini betul adanya. Tak terasa ternyata saya sudah 10 tahun ngeblog atau mengelola blog. Dari aktivitas ngeblog ini saya sudah menerbitkan ribuan artikel keblog. Ini tentu sebuah pencapaian luar biasa bagi saya karena bisa produktif menulis selama 10 tahun dan yang paling saya syukuri adalah dulu saya belum mahir menulis sekarang sudah terbiasa, terlepas dari kualitas tulisan saya.

Untuk merayakan pencapaian ini sengaja saya tulis artikel ini dengan tujuan untuk bahan evaluasi sehingga saya bisa menatap kedepan. Saya bisa berbenah menuju arah yang lebih baik.

Saya ingin napak tilas perjalanan ngeblog saya selama 10 tahun ini siapa tahu bisa bermanfaat buat adik-adik blogger pemula.


Peralatan ngeblog yang saya gunakan

Percaya atau tidak? saya sebenarnya termasuk orang yang gaptek. Dulu saya tidak mengenal internet meskipun pernah mendengarnya. Pada masa itu komputer dan HP masih menjadi barang mahal dan kalau mau mengakses internetan harus kewarnet dulu.

Suatu saat kakak ipar yang bekerja disebuah yayasan pendidikan menawarkan komputer kantor bekas yang dilelang. Harganya cuma 500 ribu sudah fullset tapi pakai monitor tabung. Spesifikasinya setara Pentium 3. 

Meskipun spesifikasi sudah ketinggalan namun masih layak untuk dipakai mengakses internet. Tak pikir panjang sayapun membelinya. Setelah itu saya membeli sebuah modem USB 3G.

Hingga kini saya masih menggunakan komputer tersebut walaupun hardwarenya sudah diupgrade dan monitornya sudah LCD.


Kapan pertama kali menerbitkan artikel?

Saya tertarik membuat blog karena memang saya suka menulis dan menariknya lagi dari informasi yang saya baca, blog bisa menghasilkan uang.

Dengan modal tutorial di Google akhirnya saya bisa membuat blog pertama saya, Belajar Elektronika Dasar

Sengaja saya pilih topik elektronika karena memang saya hobi elektronika bahkan pernah ikut pelatihan di BLK Depnaker. Artikel pertama berhasil saya terbitkan pada 14 November 2011 yang berjudul Peralatan kerja elektronika.

Artikel itu sampai sekarang masih ada dan sengaja tidak saya edit. Dari artikel tersebut terlihat kalau tulisan saya masih jauh dari kata rapi meski bahasannya sudah fokus.

Sayangnya diblog pertama ini saya kurang produktif menulis karena topiknya terbilang berat dan sempit. Sejak pertama kali online blog ini hanya mampu menerbitkan 24 artikel. Meski demikian artikel diblog ini sempat bertengger dihalaman pertama google, Terbukti artikel yang berjudul Cara menggunakan multimeter berhasil menggaet pengunjung sebanyak 147.082.


Rajin Membuat Blog Baru

Merasa kurang produktif akhirnya saya membuat blog yang ke-2 yang topiknya seputar toko kelontong. Kebetulan saat itu saya menekuni bisnis toko kelontong.

Diblog ini saya bisa produktif menulis karena banyak hal yang bisa saya tulis dari topik ini mulai dari daftar harga barang, kiat usaha, review barang, peralatan dan lain-lain.

Pengunjungnya juga lumayan banyak untuk ukuran blogger pemula. Dari blog inilah saya mulai merasakan penghasilan dari blog yaitu dari sebuah situs PPC lokal AdsenseCamp (Hiatus) meskipun sekali payout cuma Rp.50.000.

Kelemahan mengelola blog setopik salah satunya saya tidak bisa menulis tema lain padahal saya ingin menulis artikel tema lain. Inilah yang mendorong saya membuat blog lagi. Waktu itu saya memutuskan membuat blog lagi dengan tema campuran. Tujuannya agar saya bisa bebas menulis tema apa saja.

Saya memilih URL masharto.blogspot.com. Blog pribadi ini saya buat sekaligus untuk personal branding. Dalam perjalanannya blog ini nantinya menjadi brand buat saya dengan merubah domainnya dengan domain berbayar yaitu Dwisu.web.id.

Selain itu saya juga membuat blog-blog lainnya untuk eksperimen dan ada yang kemudian saya kelola hingga sekarang contohnya blog Audio Terbaru yang fokus membahas Audio tekno

Babak baru ngeblog dimulai saat saya memutuskan untuk menjadi publisher Adsense. Saya tetarik untuk mendaftarkan blog ke Gooogle Adsense.

Saya membuat blog baru lalu saya custom dengan domain sendiri tapi gratisan dari freenom dengan ekstrensi GA. Url yang saya pilih mediakompilasi.ga dan kemudian saya daftarkan ke Adsense. Tak disangka-sangka ternyata blog ini diterima. Sebelumnya saya pernah mengajukan blog dengan domain blogspot tapi selalu ditolak.

Setelah diterima saya memutuskan untuk mengganti domain dengan domain berbayar berekstensi COM dan menggunakan template premium pada tahun 2015 supaya nampak profesional, nama domainnya menjadi mediakompilasi.com

Disinilah perjalanan ngeblog saya mulai menanjak, blog media kompilasi banyak pengunjungnya dan saya pun bisa merasakan gajian pertama dari Adsense. Bahkan dari beberapa blog, saya bisa menghasilkan $ 1000 pertama dari Adsense.


Kegagalan dalam mengelola blog

Merasa penghasilan blog mulai naik saya pun berinisiatif membeli domain lagi yaitu infopojok dot com. Kali ini saya mencoba peruntungan dengan mesin blog Wordpress Self hosted. Perkembangan tahun pertama dan kedua cukup bagus dalam artian penghasilan dari blog tersebut bisa menutupi biaya domain dan hsoting.

Sayangnya pada tahun ke-3 performa mulai menurun dan penghasilan pun tidak bisa menutupi biaya domain dan hosting sehingga akhirnya saya memutuskan untuk tidak memperpanjang domain dan hostingnya.

Saya lebih memilih memindahkan isi blog tersebut kedomain baru yang lebih murah yaitu infopojok.web.id.

Setelah ganti domain ternyata blog tersebut bisa mendapatkan trafik organik. Sayangnya ditahun pertama blog ini tidak lolos add site Adsense sehingga saya kurang bersemangat mengurus blog ini namun karena statistiknya lumayan dan biaya perpanjangannya murah, saya tetap mempertahankannya dan memperpanjang domainnya ditahun ke-2.

Ditahun ke-2, Alhamdulillah domain ini bisa lolos add site Adsense sehingga bisa menghasilkan uang dari Adsense.

Pada 2018 saya kembali mencoba peruntungan dengan membeli domain palinguntung.com. Sayangnya kali ini saya apes karena membeli domain bekas dan terkena tindakan manual dari Goolge karena pemilik sebelumnya melakukan spam.

Saya melakukan banding dan diterima tapi sayangnya saya merasa domain itu sulit untuk berkembang. Saya pun memutuskan untuk tidak memperpanjangnya pada tahun ke-2.

Tidak hanya sebatas pada domain itu saja yang gagal ada domain lainnya sebut saja ovacantik dot com, seragam toko dot com atau cetakan7.web.id.

Namun saya tak pernah kapok untuk mencoba lagi, terbukti di tahun 2021 saya membeli 3 domain lagi tapi yang harganya murah dengan ekstensi my.id yaitu bisnis6, myguide dan lapakinet.


Sudah Dapat apa saja selama 10 tahun ngeblog?

Pertanyaan ini bisa membuat saya minder karena secara materi belum banyak yang saya dapatkan. Lama ngeblog tidak bisa menjadi jaminan penghasilannya juga banyak. Meski demikian saya tetap bersyukur karena sudah merasakan penghasilan dari blog meski jumlahnya tidak seberapa jika dibandingkan dengan blogger lain bahkan penghasilan saya bisa kalah dengan blogger yang muncul belakangan.

Untuk masalah penghasilan, saya percaya dan yakin kalau rezeki sudah ditetapkan oleh Allah SWT, seberapun yang saya dapat wajib saya syukuri.

Total penghasilan yang saya dapatkan selama 10 tahun ngeblog kurang lebih 48 juta. Dengan perincian 38 juta dari Adsense dan 10 juta dari content placement.

Secara non materi, saya mendapatkan banyak ilmu setelah menjadi blogger contohnya saya jadi bisa menulis dengan baik, bisa menggunakan platform blog mulai blogspot, wordpress.com atau wordpress.org.

Saya juga memahami jenis-jenis tulisan mulai dari artikel berita, artikel tutorial, artikel review, copywriting yang cukup berguna untuk bisnis internet.

Saya merasa bersyukur karena selama 10 tahun, saya bisa memanfaatkan waktu untuk melakukan sesuatu yang bersifat produktif.


Penutup
Tak terasa sudah 1000 kata saya menulis artikel ini, harapannya semoga tulisan ini membuat saya terus produktif menulis dan terus menyebarkan kebaikan. Saya percaya jika saya menanam kebaikan maka hasilnya juga kebaikan apapun bentuknya. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar