--> Skip to main content

Fungsi Blog Sebagi Media Sosial

Media Sosial


Sebagian orang beranggapan media sosial itu Facebook, Twitter atau Instagram. Padahal tidak hanya sebatas itu. Menurut Wikipedia Media sosial adalah sebuah media daring yang digunakan satu sama lain yang para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berkomunikasi, berbagi, dan menciptakan berbagai konten tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu.

Masih bersumber dari Wikipedia, Blog atau microblog termasuk dalam klasifikasi Media Sosial. Dengan blog maka penggunanya bisa bebas membuat konten yang berupa tulisan gambar, musik atau video. Pengunjung blog pun bisa berinteraksi dengan berkomentar atau share url.

Sayangnya jumlah pengguna blog masih kalah jauh dengan Facebook, Twitter atau Instagram. Salah satu penyebabnya bisa jadi karena di Facebook bisa posting kalimat pendek bahkan gambar saja atau video saja sehingga terasa lebih mudah dibandingkan dengan blog.

Media sosial merupakan perwujudan dari  sebuah eksitensi diri atau menujukkan pada dunia kalau seseorang masih ada.

********

Sejak awal ngeblog 11 tahun yang lalu saya lebih condong untuk menjadikan blog sebagai mesin uang atau MENGHASILKAN UANG DARI BLOG.

Konsekuensinya saya harus mengejar trafik apapun caranya. Sempat merasakan memiliki blog yang trafiknya bisa ribuan per hari dan penghasilan dari blog pun lumayan, sayangnya itu tidak berlangsung lama.

Lambat laun mendapatkan trafik organik dari Google semakin susah, salah satu penyebabnya  media besar mulai melirik kata kunci evergreen bahkan kata kunci download pun disikat mereka padahal dulunya mereka fokus ke media berita.

Kini, Ditahun 2022 situasi tersebut masih berlangsung bahkan untuk sekedar mendapatkan trafik harian 500 saja saya sudah kesulitan.

Baca Juga: Membangun Blog Tahun 2022 Masih Sulit, Tetap Bermanfaat

Ini tentu menjadi sebuah problema bagi blogger yang ingin mendapatkan penghasilan dari blog, Mau terus atau berhenti saja?

Saya termasuk blogger yang memilih terus lanjut ngeblog namun saya sudah tidak menganggapnya lagi sebagai mesin uang namun lebih condong menjadikan blog tersebut sebagia media sosial. Harapannya dengan blog, personal branding saya diinternet semakin kuat sehingga nantinya saya bisa mendapatkan penghasilan misalnya endorse, review, affliasi atau online shop.

Meskipun tujuannya sama mendatangkan trafik, namun fungsi blog sebagai media sosial lebih condong kearah eksistensi atau rajin membuat konten. Trafik tidak harus dari mesin Google namun bisa juga dari media sosial.

Dengan jumlah pengguna media sosial yang semakin banyak tentunya blog masih sangat layak untuk dijadikan media untuk mencari informasi yang murah tidak seperti youtube yang harus butuh banyak kuota untuk mengaksesnya.

Konten menjadi sebuah kunci sukses agar pengunjung mau membaca artikel diblog salah satunya dengan membuat tulisan yang dapat menimbulkan imajinasi serta daya kritis bagi pembacanya.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar