--> Skip to main content

Perpanjangan Domain Dwisu Kelima, Masih Ada Secercah Harapan


Pagi tadi seperti biasa setiap kali menghidupkan komputer, pertama kali yang saya lakukan membuka Gmail. Ada email masuk dari registar domain Idwebhost yang memperingatkan bahwa masa berlaku domain dwisu.web.id akan habis 15 hari lagi.

Mau tak mau sayapun memutuskan untuk melakukan order perpanjangan, takutnya saya lupa malah fatal akibatnya. Domain ekstensi web.id terbilang murah hanya Rp.55.000 per tahun belum termasuk Pajak. Setelah faktur keluar, saya pun langsung melakukan pembayaran melalui M-banking Mandiri. Domain berhasil diperpanjang hingga 19 Januari 2023.

Sekedar Nostalgia, Sebenarnya awalnya blog ini menggunakan domain gratisan blogspot. Tujuan awalnya untuk mengasah kemampuan saya dalam menulis dalam berbagai topik. Dalam perkembangannya akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan domain sendiri.

Waktu itu sebenarnya saya sudah memiliki blog pertama dengan domain sendiri yaitu mediakompilasi.com. Awalnya di blog ini saya menulis apa saja, termasuk keseharian saya. Setelah saya pertimbangkan, akhirnya artikel yang bersifat pribadi saya publikasikan keblog dwisu. 

Blog Dwisu memang dirancang untuk blog pribadi agar saya bisa bebas menulis apa saja, tanpa membidik kata kunci atau membidik kata kunci.

Statistik Blog Dwisu

Sebagai bahan evaluasi, saya tampilkan data statistik dari blog ini sehingga pada perpanjangan berikutnya saya bisa dengan mudah mengetahui kemajuan blog.

Sumber trafik dari Google

Berdasarkan statistik dari Google Search Console blog ini tidaklah buruk terbukti sudah mendapatkan trafik organik dari Google. Mendapatkan trafik organik dari sana ditahun 2021 cukup sulit terutama untuk blog baru.

Saya merasakannya ketika membangun blog Bisnis6, meskipun sudah menggunakan Wordpress Self Hosted namun tak kunjung mendapatkan trafik organik.

Dari gambar dibawah bisa terlihat jumlah pengunjung internet yang mengklik artikel blog dwisu mencapai 8040 dari 167.000 tayangan. Meskipun posisi ranking artikel hanya 13.

Ini merupakan modal yang bagus, tinggal saya lebih memaksimalkannya dengan mencari kata kunci yang banyak dikunjungi diblog ini.

Baca Juga: Membangun Blog Tahun 2022 Masih Sulit, Tetap Bermanfaat Tanpa High Traffic



Trafik Bulanan

Page view (PV) blog ini relatif masih kecil, berdasarkan data dari Google Analytics page view hariannya dikisaran 100 hingga 150. Dengan PV sebesar itu tidak begitu berarti untuk bermain Google Adsense.Sebulan hanya menghasilkan $2 hasil dari 56 klik.

Meski jauh dari kata memuaskan tapi biaya perpanjangan domain masih terbayar dari penghasilan blog malah ada sisanya.

Melihat sulitnya mencari trafik organik saya tidak berharap banyak, mungkin saya masih bisa meningkatkan trafik hingga 500 per hari


10 Top Artikel Paling Sering dikunjungi

Sumber trafik organik sebagian besar berasal dari 10 artikel dari 429 artikel yang sudah lama dipublikasikan. Uniknya mayoritas bertemakan speaker.

Ini menjadi gambaran buat saya, kalau ingin menggenjot trafik lebih cocok membuat artikel dengan tema speaker.

Namun bukan berarti saya hanya fokus pada tema tadi, saya akan tetap menjadikan blog ini sebagai media untuk berlatih menulis atau menjaga semangat saya dalam menulis.


DA blog tak beranjak naik

Hingga artiel ini ditulis peringkat domain atau DA (Domain Authority) masih diangka 13. Angka ini masih bertahan sejak setahun yang lalu.

Peringkat DA ini sebenarnya masih bermanfaat khususnya untuk jasa backlink. Semakin tinggai nilai DA maka akan diburu pencari backlink meski harus berbayar.

Ada niatan untuk menaikkan nilai DA ini namun entah mengapa saya malas. Padahal caranya mudah yaitu dengan mengirimkan guest post di blog lain.


Harapan ditahun 2022

Saya sadar menaikkan trafik saat ini relatif sulit namun saya akan mencoba mengoptimasi lagi beberapa kata kunci. Saya juga akan berusaha posting sesering mungkin tanpa harus memusingkan temanya. Apa saja yang bisa saya tulis akan saya tulis.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar