--> Skip to main content

Trik Membangun Banyak Channel Youtube

TRIK YOUTUBE

Saya masih berharap suatu saat Youtube bisa memberikan penghasilan yang layak. Kalau boleh jujur, saya lebih suka menulis namun hasil dari blog hingga detik ini sangat memprihatinkan khususnya dari Adsense. Saya harus berpikir realistis, untuk apa tenaga dan pikiran saya lebih fokus kesana?

Setelah serius terjun ke youtube sejak 2017, banyak pengalaman berharga yang saya dapatkan. Dan yang paling menarik adalah algoritma Youtube.

Youtube bisa merekomendasikan video siapa saja, tanpa melihat kualitas editingnya. Saya kerap melihat video yang tanpa banyak editing atau apa adanya tapi viewernya bisa banyak.

Beberapa video saya ada yang beruntung mendapatkan rekomendasi dari youtube sehingga videonya bisa ditonton ratusan ribu orang. 

Uniknya lagi dari 3 channel yang saya miliki semuanya merasakan keberuntungan itu, ada yang view nya 321.000, ada yang 396.000 dan yang terbesar 508.000.

Kesimpulannya semakin banyak channel ternyata sangat menguntungkan.

berdasarkan dari fakta tersebut saya memutuskan untuk menambah channel lagi sebanyak-banyaknya semampu saya. Hingga artikel ini saya tulis, saya sedang membangun 2 channel lagi.

Membangun banyak channel itu ada triknya, tidak sembarangan membuat channel. Penasaran bagaimana triknya? Simak terus ya artikel ini sampai tuntas.

Trik Membangun banyak channel youtube

Berikut adalah trik membangun banyak channel berdasarkan pengalaman saya selama menjadi youtuber. Bisa jadi trik ini berbeda dengan youtuber lainnya namun dengan trik ini terbukti saya bisa memiliki 3 channel.

1.Buatlah channel jenis niche

Pertama, buatlah channel baru bisa 1 bisa juga lebih dari satu. Channel ini nantinya hanya membahas 1 topik khusus misalnya topik mancing, android, Burung, Berkebun dan lain-lain.

Sebaiknya memberi nama channel sesuai dengan topik channel misalnya topiknya mancing nama channelnya "Mancing liar air tawar".

Perhatikan juga, nama channel usahakan unik jangan sama dengan channel yang sudah ada karena nantinya nama chanelnya susah terindeks.

Cara mengecek apakah nama channelnya sudah terindeks atau belum bisa dilakukan dengan mengetikkan nama channel dipencarian youtube.


2. Riset kata kunci

Langkah selanjutnya mencari kata kunci untuk dikembangkan menjadi sebuah video. Langkah ini cukup penting karena berpengaruh terhadap view dan subscriber.

Disarankan menggunakan tools riset kata kunci baik yang gratisan atau berbayar. Pilih kata kunci yang persaingannya rendah.

Ada sebuah cara mudah dan praktis untuk mencari kata kunci ini yaitu dengan menggunakan jasa riset keyword. Meski harus mengeluarkan biaya tapi cukup terjangkau, ada sebuah jasa yang menawarkan 50 kata kunci dengan harga 50 ribu.

3.Isi dengan beberapa video

Setelah mendapatkan kata kunci, pilih 5-10 kata kunci untuk dijadikan video. Untuk tahap awal silahkan upload 5-10 video secara bertahap. Optimasi video tersebut mulai dari judul, deskripsi, tag, hastag, kartu, endsreen hingga thumbnail video.

Jangan lupa share link channel atau video sebanyak-banyaknya agar channel cepat terindeks. Jika memang punya channel lain silahkan share disana bisa melalui postingan, ajakan dalam video atau link dideskripsi.

Perbanyak juga meninggalkan komentar dichannel lain terutama yang 1 niche dan pilih video yang viewnya tinggi dan komentarnya masih fresh.

4.Amati performanya

Setelah usia  channel lebih dari 1 bulan, amati performanya dengan melihat analytic nya. Bandingkan performanya tiap bulan, apakah ada kenaikan pada jam tayang dan subcribernya. Perhatikan juga sumber trafiknya, semakin banyak rekomendasi video akan semakin bagus.

Performa channel usia 5 bulan, 9 video

Jika ada kenaikan pada jam ayang dan subscriber, ini menunjukkan channel hidup meski pertambahannya sedikit. Kalau sudah begini tinggal melanjutkan membuat video dengan kata kunci lain agar bisa memenuhi syarat untuk monetisasi.

Namun kalau ternyata tidak ada pergerakan sama sekali bisa menunjukkan persaingan kata kuncinya ketat. Kalau sudah begini tentu tidak potensial untuk dikembangkan. Ada 2 pilihan dibiarkan begitu saja siapa  sangka ada perubahan atau ditambah 5-10 video lagi dengan kata kunci lain.

Penutup

Mengingat membuat channel itu mudah, tidak ada salahnya untuk mencoba trik membangun banyak channel Youtube diatas. Selamat Mencoba!


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar