--> Skip to main content

Cara Mudah Menulis Di Blog untuk Pemula

Artikel


Hari gini belum punya blog? berarti kamu nggak keren!. Tahukah kamu membuat blog itu sangat mudah dan bisa gratis loh. Nggak percaya? langsung saja ketik www.blogger.com, log in dengan gmail kamu. Dengan beberapa langkah mudah kamu sudah bisa membuat blog pertama kamu.

Tantangan terbesar setelah membuat blog adalah mengisinya dengan artikel. Untuk pemula itu tidak mudah. Namun percayalah dengan sering mencoba lama kelamaan kamu akan mudah membuat artikel.

Cara Mudah menulis di blog

Jika saat ini kamu masih kesulitan untuk menulis artikel, tutorial berikut ini bisa membantu kamu dalam membuat artikel. Saya yakin kamu bisa karena memang tutorial ini saya buat berdasarkan pengalaman saya selama 10 tahun menjadi blogger. Simak terus ya!

1. Buat artikel pendek

Untuk tahap pertama tidak harus panjang-panjang cukup 300 kata saja nanti kalau kamu sudah terbiasa bisa ditambah sesuai keinginan misalnya 500 kata atau 1000 kata. Jika kamu mengetik menggunakan Microsoft Word maka kamu akan mudah mengetahui jumlah kata yang sudah kamu ketik.

Perlu kamu ketahui semakin banyak jumlah katanya maka akan semakin bagus karena akan semakin besar peluang ditemukan mesin pencari Google. Namun tidak sekedar panjang doang yang penting adalah fokus pada kata kunci tertentu.

2.Fokus pada 1 kata kunci

Kata kunci adalah 2 tau 3 kata yang menjadi inti dari sebuah tulisan contohnya kamu akan menulis tentang cara membuat cilok. Nah... CARA MEMBUAT CILOK inilah yang dinamakan kata kunci. Kamu sebaiknya fokus membahas kata kunci tersebut tidak melebar kemana-mana misalnya kamu tambahkan cara membuat cireng, ini menjadi tidak fokus. Artikel yang baik haruslah ringkas, jelas, padat dan tuntas.

Untuk pemula sebaiknya memilih kata kunci yang terdiri dari 3 kata atau lebih karena persaingannya lebih kecil dibandingkan dengan kata kunci yang terdiri dari 2 kata.

3.Cari kata kunci yang sering dicari pengguna internet

Perlu kamu ingat salah satu tujuan utama membuat blog adalah supaya tulisan kamu dibaca orang lain. Semakin bnyak yang membaca berarti tulisan kamu bagus karena bisa menjawab keingintahuan pengguna internet.

Untuk tahap awal tidak perlu pusing cukup posisikan kamu sebagai pengguna internet apa yang sering kamu cari diinternet itulah yang kamu tulis. Menurut saya selagi artikel itu bermanfaat akan ada yang membacanya.

Baca Juga; Blog Bukan sekedar Diary online

4.Ketahui jenis-jenis artikel

Dengan mengetahui jenis-jenis artikel maka kamu akan semakin mudah dalam membuat tulisan. Secara garis besar ada beberapa jenis tulisan diantaranya Tutorial, Review, Daftar, Berita, Opini, Perbandingan.

Masing-masing jenis artikel memiliki karakteristik tulisan yang berbeda sehingga nantinya kamu bisa menyesuaikan saat membuat artikel.

5.Ketahui Komponen dalam penulisan artikel 

Artikel yang baik itu harus dibuat secara Sistematis agar pembaca lebih mudah memahami isinya. Pada dasarnya artikel memiliki 4 komponen penting yang saling berkaitan yaitu Judul, Intro, Tubuh tulisan dan Penutup.

Dengan komponen tadi maka kamu akan lebih mudah dalam membuat tulisan dan pembaca juga bisa lebih cepat dalam memahami tulisan.

Bagaimana menurut kamu setelah membaca artikel seputar cara mudah menulis di blog untuk pemula? Tertarik untuk mencoba!

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar