--> Skip to main content

Penghasilan Blog yang Tak Pernah Putus

Penghasilan blog


Memiliki blog ibarat sebuah jala, ketika jala sudah ditebarkan maka akan mendapatkan ikan meskipun tidak selalu ada ikannya ada kalanya jalanya kosong. Pasang surut penghasilan dari blog buat saya sudah hal yang biasa.

Semua blog yang saya miliki saya pasangi iklan adsense. Meski sekarang ini penghasilannya cuma sepersekian dolar namun sudah saya anggap passive income. Suatu saat nanti jika sudah terkumpul $100 saya bisa memetiknya. Saat artikel ini ditulis penghasilan adsense baru terkumpul $65.

Ada sumber penghasilan lain yang lebih menjanjikan yaitu dari jasa backlink atau content placement. Meski penghasilanya tak pasti namun kalau lagi ada, cukup untuk membeli beras. Kadang selama kurun waktu sebulan tak ada orderan backlink namun kalau pas lagi ada bisa 3 sekaligus bahkan bisa lebih.

Seperti yang terjadi pada bulan ini, saya sudah mendapatkan 3 Job senilai Rp.300.000. Ini masih bisa bertambah lagi.

Melihat usaha yang saya lakukan sangat minim dalam artian saya jarang update artikel, ini tentu hasil yang menggembirakan.

Baca Juga: Jadikan Blogmu Aset Masa Depan


3 Langkah yang saya lakukan untuk meningkatkan penghasilan

1.Aktif melakukan Join jasa backlink

Salah satu platform influencer yang masih rutin memberikan job backlink adalah Sosiago sedangkan lainnya sepertinya tak bisa diharapkan seperti Rajabacklink, Vira atau Blogpartner. Saya menaruh harapan besar pada platform influencer luar negeri Intelifluence karena bayarannya sangat besar bahkan saya sudah 2 kali mendapatkan Job disana. Sayangnya hingga detik ini belum ada offering yang sesuai.

Mengingat sekarang ini masa pandemi tentunya banyak advertiser yang terkena dampak sehingga membuat tarif job menjadi turun. Saya tidak boleh pilah pilih, asal ada offering langsung join meski bayaran kecil. Kalau memang brief nya mudah, kenapa tidak!


2.Memperbanyak blog untuk jasa backlink

Saat ini saya sudah memiliki 3 blog yang sudah rutin mendapatkan job tinggal 2 blog lagi yang perlu saya aktifkan dengan memperbanyak artikel. Niat ini sudah lama ada hanya saja belum terealisasi. Padahal membuat artikel untuk tujuan sekedar update tidaklah sulit bahkan copas juga tidak masalah.

Ada cara mudah dan aman yaitu dengan rewrite artikel blog sendiri dan itu sudah saya lakukan namun saya belum rajin melakukannya. Padahal total artikel yang sudah saya tulis diblog-blog saya sudah lebh dari 2000 an artikel.


3.Memaksimalkan blog lama

Sekarang ini Google dalam mengindeks artikel baru tidak secepat dulu, apalagi untuk blog-blog baru. Kabar baiknya blog lama saya malah cepat terindeks. Tentu indeks saja belum cukup kalau artikelnya tidak masuk halaman pertama namun setidaknya jika cepat terindeks peluangnya lebih bagus.

Saya harus mulai rajin riset kata kunci yang belum dijamah situs tribuns cs sehingga bisa masuk halaman pertama. Semakin banyak mencoba tentu semakin bagus.

Sudah saatnya saya lebih mengutamakan pembuatan artikel secara komprehensif. Tak masalah prosesnya agak lama yang penting bisa masuk halaman pertama Google.


Mendapatkan penghasilan yang tak pernah putus dari blog bukan sesuatu yang mustahil. Dengan kerja keras serta kerja cerdas saya yakin akan bisa meraihnya.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar