--> Skip to main content

Penghasilan Blogger Menurun Drastis, Ini Penyebabnya

Penghasilan Blogger


Dari yang penghasilannnya jutaan rupiah per bulan, tiba tiba jadi ratusan ribu! Fenomena ini yang terjadi pada blogger. Banyak yang mengeluh penghasilan dari blog sudah tidak bisa diharapkan lagi.

Kalau untuk masalah ini saya mengiyakan karena saya juga merasakan penghasilan saya sebagai seorang blogger menurun drastis khususnya dari Adsense yang lebih mengandalkan trafik organik dari Google.

Buat rekan blogger yang masih bingung kenapa ini bisa terjadi, Silahkan baca terus sampai habis.

5 Penyebab Penghasilan Blogger Menurun

Setidaknya ada 5 penyebab utama kenapa penghasilan blogger menurun, Apa sajakah itu? Yuk simak informasinya berikut ini.

1.Media berita ikut bermain

Dulu pada tahun 2011, mendapatkan trafik dari Google relatif mudah meski kualitas artikelnya pas-pasan. Bahkan blog copas pun bisa banjir trafik. Hal ini bisa terjadi karena media berita besar seperti Kompas, Liputan 6, Merdeka, Tribuns masih fokus dengan niche berita dan hiburan.

Tidak pada saat ini, kata kunci apapun yang pencariannya tinggi ikut dibidik oleh mereka. Akibatnya bloggerpun kalah bersaing. Bagaimana tidak? Media berita dikeloa secara profesional dengan dukungan SDM yang ahli dibidangnya, brandingnya kuat, bentuknya perusahaan sehingga modalnya juga kuat.

Bandingkan dengan blogger personal semuanya dilakukan sendiri dan kebanyakan hanya pekerjaan sampingan. Wajar jika kalah bersaing.

2.Pemain blog semakin banyak

Iming-iming penghasilan blog yang besar membuat pemain blog semakin banyak. Hal ini tak bisa lepas dari peran kelas online atau digital marketing yang mempromosikan kelas mereka dengan promosi yang bombastis.

Apalagi dengan semakin berkembangnya teknlogi informasi membuat pemula cukup mudah dalam membuat blog.

Dengan semakin banyaknya blog diinternet maka semakin ketat pula persaingan dimesin pencari Google sebagai mesin pencari paling banyak penggunanya.

Baca Juga: 5 Alasan Mencari penghasilan dari Internet

3.Persaingan Media Periklanan Online

Sekarang ini media periklanan online tidak hanya didominasi Goolge Ads, ada Facebook Ads, Instagram Ads sebagai saingan terberat belum lagi yang lain. Hal ini berakibat biaya iklan menjadi lebih murah. Imbasnya harga klik iklan juga semakin murah misalnya saja Adsense, CPC termurahnya 150 rupiah ($ 0,01).

Hal ini berpengaruh terhadap penghasilan blogger khususnya untuk pemain Adsense karena butuh trafik yang tinggi agar penghasilannya bagus. 

Sayangnya mendapatkan trafik yang tinggi bukan perkara mudah sehingga wajar saja jika banyak blogger yang penghasilannya turun drastis.

4.Kurang kerja keras

Mengingat begitu ketatnya persaingan blog tentunya dibutuhkan kerja yang lebih keras lagi. Bertahan dengan yang sekarang saja tidak cukup. Misalnya biasanya update artikel sehari sekali maka harus ditingkatkan lagi sampai ada peningkatan penghasilan.

Kerja keras tidak hanya dari segi fisik tapi keahlian juga perlu ditingkatkan atau kerja cerdas. Upgrade ilmu perlu dilakukan misalnya ikut kursus atau pelatihan sehingga ilmunya bisa terbarukan. Mahal? tidak juga. Ada kok kursus online yang harganya terjangkau.

Sering-sering melakukan trial and error sehingga tahu mana-mana tehnik yang cocok untuk saat ini. Ini tentu butuh kesabaran namun jika berhasil semuanya akan terbayar.

5.Belum rezekinya

Ini yang kadang luput dari perhatian. Bagaimana pun rezeki sudah diatur kadarnya. Jika memang saat ini penghasilan dari blogger menurun tidak perlu disesali. Seberapapun hasil yang didapatkan dari blog wajib disyukuri.

Percayalah jika Allah menghendaki penghasilan dari blog naik maka ada saja jalannya. Kadang tak disangka-sangka ada yang menawarkan kerjasama atau penghasilan dari Adsense naik. Jika memang belum naik berarti belum rezekinya.

Namun demikian bukan berarti hanya pasrah tanpa melakukan usaha, teruslah berusaha hasilnya serahkan kepada Allah SWT.

Penghasilan blogger boleh menurun tapi semangat tak boleh kendor! 

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar