--> Skip to main content

Penghasilan dari Blog Bisakah untuk Hidup?

Penghasilan Blog


Sebuah blog bisa memberikan penghasilan, fakta ini tidak terbantahkan lagi. Pertanyaan terbesarnya adalah bisakah penghasilan dari blog untuk hidup? Pertanyaan ini perlu dijawab karena kalau cuma sekedar memberikan penghasilan tapi tidak cukup untuk hidup sama saja tidak bisa dijadikan pekerjaan utama.

Jawabnya tentu "Bisa". Pertanyaan selanjutnya apakah mudah dan bagaimana caranya?

Saya akan menjawab berdasarkan pengalaman saya selama 10 tahun menjadi blogger. Tidak mudah untuk mendapatkan penghasilan yang layak atau setara UMR.

Jawaban ini bisa jadi mewakili blogger seperti saya yang kemampuannya biasa saja. Semua blogger bisa menulis tapi tidak semua tulisan blogger bisa memenangkan persaingan di SERP Google. Inilah yang menjadi faktor utama kenapa blog tidak bisa memberikan penghasilan yang layak.

Namun untuk blogger yang memiliki kemampuan diatas rata-rata baik skill maupun finasial, bisa memenangkan persaingan meskipun harus melakukan rangkaian strategi yang tidak dilakukan blogger kebanyakan.

3 Cara terpopuler menghasilkan uang dari blog

Setelah pertanyaan utama terjawab maka blogger juga perlu tahu bagaimana cara mendapatkan penghasilan dari blog. Nah berikut cara-cara yang paling sering dilakukan para blogger.

1.Google Adsense

Adsense merupakan perusahaan periklanan online dibawah naungan Google INC. Adsense mempertemukan advertiser dan publisher dari seluruh dunia. Nantinya iklan dari advertiser akan dipasang diblog publisher.

Blogger akan mendapatkan penghasilan jika iklannya ada yang klik atau metode PPC. Tidak hanya jumlah klik saja, nilai klik juga mempengaruhi penghasilan jadi jumlah klik yang banyak tidak serta merta penghasilannya juga banyak.

Untuk bergabung dengan Adsense menjadi publisher, blogger harus mengajukan blog terbaiknya untuk direview. Jika lolos maka blog bisa menampilkan iklan. Sayangnya untuk mendapatkan persetujuan tidak mudah. Hanya blog dengan konten terbaik yang bisa lolos.

Baca juga: Tiada yang Sia-Sia dari tulisannmu diblog, Ini Loh Manfaat Tersembunyi

2.MGID

Perusahaan periklanan online yang bermarkas di Los Angeles ini sudah beroperasi sejak tahun 2004. Platform periklanan ini mempertemukan advertiser dan publisher. Modelnya sama dengan Adsense yaitu PPC (Pay per Click).

MGID memiliki kelebihan dalam hal pendaftarannya yang mudah tidak seperti Adsense sehingga kerap kali menjadi alternatif platform PPC. Asyiknya lagi MGID bisa disandingkan dengan Adsense. Ini tentu menguntungkan karena bisa dapat penghasilan dobel.

3.Jasa Backlink atau Influencer

Bagaimanapun juga backlink tetap dibutuhkan oleh sebuah website agar bisa memenangkan persaingan di SERP. Cara yang paling mudah dengan membayar jasa backlink atau beli backlink. Cara yang paling aman dengan backlink kontekstual atau backlink yang diselipkan didalam artikel.

Blogger bisa menawarkan jasa backlink kepada yang membutuhkan dan biasanya brand besar mencari blogger untuk diajak kerjasama untuk meningkatkan brand awareness.

Sayangnya untuk mendapatkan job langsung dari brand tersebut cukup sulit karena tidak memiliki kontak dengan tim promosi. Nah platform influencer bisa menjadi solusinya yang bisa mempertemukan brand atau advertiser dengan publisher (Blogger).

Blogger bisa bergabung dengan platform influencer tadi contohnya Sosiago, Vira, Rajabackink agar bsai mendapatkan job. Sayangnya butuh perjuangan juga agar blognya dilirik adversiter karena harus bersaing dengan ribuan blog cuma sekedar mendapatkan sebuah Job.

Namun jika sebuah blog sering mendapatkan job maka biasanya akan mendapatkan job kembali baik dari adverstiser yang sama atau yang lain. Setiap influencer yang mendapatkan job maka akan mendapatkan rating dari adversiter sehingga semakin dipercaya.

Penutup

Penghasilan dari blog bisa untuk hidup namun butuh perjuangan yang luar biasa. Tidak hanya pikiran tapi juga uang.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar