--> Skip to main content

Syarat Monetisasi Blog ini Wajib Dipenuhi Kalau Ingin Sukses

Monetisasi blog

Blog adalah mesin uang. Ini bukan omong kosong karena sudah banyak bloger yang sukses berpenghasilan jutaan rupiah dari blog. Tapi ingat blog seperti apa dulu yang bisa menghasilkan uang atau istilahnya monetisasi, Blog diuangkan gitu.

Beberapa tahun kebelakang sosok seperti Eka Lesmana, Kang Jum, Herman yudiono menjadi sosok yang paling dikenal oleh kalangan blogger karena kesuksesannya bermain Adsense.

Meski Kini banyak yang beranggapan mendapatkan penghasilan blog lebih sulit namun tidak menyurutkan keinginan blogger untuk mendulang rupiah dari blog. Blogger pemula masih terus bermunculan.

Buat kamu yang baru memulai terjun keblog mungkin akan bertanya-tanya, Bagaimana sih caranya menghasilkan uang dari blog? Berikut jawabannya.

5 Syarat Monetisasi Blog Paling Penting

Setidaknya ada 5 syarat utama yang wajib dipenuhi agar sebuah blog bisa dimonetisasi. Jika semuanya terpenuhi maka akan semakin mudah mendapatkan penghasilan dari blog. Oke simak ulasan selengkapnya.

1. Memiliki reputasi yang bagus dari segi konten

Konten atau artikel cukup menentukan pada penghasilan, semakin berkualitas tentunya peluangnya semakin bagus. Kualitas konten juga menjadi syarat jika ingin memonetisasi blog dengan Google Adsense.

konten yang berkualitas bisa dilihat dari keunikannya dari sisi cara penulisan, sudut pandang atau kelengkapan informasi.

Mayoritas blog menggantungkan trafik dari Google sehingga harus bersaing dengan website lain baik yang dikelola personal maupun perusahaan.

Tanpa artikel yang berkualitas rasanya sulit untuk mendapatkan trafik dari Google kecuali kalau trafik berbayar.

2. Tampilan blog rapi dan user friendly

Tampilan blog ternyata berpengaruh kepada trafik. Blog yang mudah diakses, desainnya rapi, fast loading atau navigasinya jelas akan membuat pengunjung betah berlama-lama.

Blogger tentu harus bisa memilih desain blog mana yang bagus. Lebih amannya sih menggunakan desain atau themes premium walaupun yang gratisan juga ada yang bagus namun tentu fiturnya terbatas dan paling tidak mengerti dasar-dasar coding agar bisa memodifikasi sendiri.

Saat ini Google lebih mengutamakan blog-blog yang fast loading sehingga mau tidak mau blogger harus mengusahakannya.

3. Blog wajib terindeks.

Sumber trafik yang terbaik itu dari Google karena gratis. Jika ingin mendapatkan trafik blog wajib keindeks Google. Blog yang terkena deindeks sama saja tamat riwayatnya.

Penyebab sebuah blog deindeks diantaranya melakukan tehnik-tehnik yang dilarang dalam SEO atau Black hat.

Begitu pentingnya indeks ini, sebaiknya sebelum membeli domain cek dulu riwayatnya. Kalau domain tersebut pernah dipakai sebelumnya sebaiknya di hindari, pilih domain yang fresh.

Baca Juga; Penghasilan dari blog bisakah untuk hidup?

4. Memiliki trafik

Ini merupakan syarat utama agar sebuah blog bisa dimonetisasi sehingga menghasilkan uang. Semakin besar trafiknya tentu akan semakin bagus. Minimal blog memiliki trafik harian 100 sudah mulai menghasilkan klik iklan jika dimonetisasi dengan Google Adsense.

Untuk saat ini jika ingin blog nya dimonetisasi dengan Adsense harus tinggi trafiknya karena nilai klik iklannya kecil. Kalau trafiknya hanya ratusan perhari butuh waktu yang lama agar bisa gajian.

5. Blog sudah berumur

Reputasi sebuah blog bisa dilihat dari umurnya, semakin tua tentu semakin baik karena indeksnya banyak dan Domain Authority nya bagus. Namun bukan sekedar tua tapi faktor lain juga menjadi pertimbangan seperti jumlah artikel atau trafik.

Blog yang sudah tua kemudian trafiknya bagus akan memiliki nilai jual yang bagus pula karena bisa menghasilkan banyak uang. Penghasilan tidak hanya dari Adsense tapi bisa juga dari artikel advertorial (Content placement) atau banner iklan.

Bagaimana setelah menyimak artikel seputar syarat monetisasi blog diatas? masih tertarik menghasilkan uang dari blog? Selamat Mencoba!

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar