--> Skip to main content

Tips Cerdas Membeli HP secara Online Anti Galau

Beli HP online

DWISU.WEB.ID - Aman nggak ya beli Hp secara online? Pertanyaan ini kerap ditanyakan oleh mereka yang akan membeli HP untuk pertama kalinya secara online. Menurut saya sih ini Wajar, namanya juga bayar uang jutaan tentunya ada rasa was-was takut tertipu.

Berdasarkan pengalaman saya membeli sebuah Hp Xiaomi di Shopee saya bisa menyimpulkan belanja HP secara online dimarketplace itu aman tapi ada catatannya. Nah loh! Katanya aman kok ada catatan segala?

Begini, sekarang ini di 5 situs marketplace besar Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Blibli, Shopee sudah menjual HP. Persyaratan untuk menjadi seller cukup mudah sehingga siapa saja bisa membuat toko disitus marketplace.

Nah tentunya setiap seller belum semua teruji produknya maupun pelayanannya, apakah terpercaya atau tidak. Meskipun setiap marketplace memiliki sistem keamanan yang bagus namun tentunya Anda tidak mau tersandung masalah hanya gara-gara sellernya tidak profesional.

Pertanyaannya kemudian bagaimana tips aman membeli Hp secara online di situs marketplace? Simak terus artikel ini ya!

Tips Membeli HP secara Online

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, Beberapa tips berikut ini bisa Anda lakukan sebelum beli Hp secara online dimarketplace:

1.Tentukan Budget

Hal ini perlu dilakukan agar nantinya lebih mudah dalam menentukan Hp yang tepat. Jangan sampai Anda mencari-cari Hp dimarketplace yang harganya jauh dari dana yang Anda miliki. Dengan budget yang jelas Anda akan lebih mudah menentukan brand HP dan kelas HP nya.

Sebagai contoh Anda hanya punya budget 1 jutaan, maka kelas HP yang tepat adalah entri level karena biasanya harganya terjangkau.

2.Pilih Toko Resmi

Saat ini banyak sekali toko Hp online terpercaya yang merupakan toko brand Hp tertentu yang membuka toko dimarketplace. Tentunya lebih aman jika belanja kesana karena memang hanya menjual 1 Brand saja. Jika karena alasan tertentu tidak menemukan Hp nya, barulah mencari ketoko lain namun harus lebih selektif dalam memilih tokonya.

3.Pastikan HP bergaransi resmi dari produsen

Hampir sebagian besar toko yang menjual HP baru menyediakan garansi namun alangkah bagusnya jika memilih toko yang menyediakan garansi resmi dari produsennya bukan sekedar garansi toko. Pastikan service centernya banyak sehingga jika ada kendala bisa cepat diatasi.

Jangan sampai tergiur dengan harga murah dengan embel-embel diskon atau cuci gudang tapi tidak bergaransi resmi.

4.Perhatikan Testimoni Pembeli

Testimoni pembeli perlu juga diperhatikan karena bisa mewakili dari kualitas produk maupun pelayanan walaupun memang kalau brand ternama kualitasnya terjaga namun untuk kehati-hatian lebih bagus kalau memperhatikan testimoni pembeli.

Semakin banyak testimoni positif apalagi 100% positif bisa menunjukan kalau tokonya rekomended.  Hindari toko yang ratingnya masih rendah atau jumlah barang terjualnya masih kecil atau belum terjual sama sekali.

5.Pastikan Pengiriman Aman

Meski ini tidak ada hubungannya dengan kualitas produk namun penting juga untuk diperhatikan. Pengiriman barang merupakan perkara yang penting. Sebagai pembeli tentu menginginkan paket yang berisi Hp bisa sampai dengan selamat.

Jika memang diperlukan bisa menggunakan ekstra pegemasan menggunakan bubble wrap. Asuransi juga tak boleh Anda abaikan karena Anda tidak tahu nantinya perjalanan paketnya seperti apa.

Itulah 5 Tips Cerdas Membeli HP secara Online,Sebagai bahan referensi dalam memilih toko Hp online terpercaya, Anda bisa kunjuig situs ceklist.id 

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar