--> Skip to main content

Cara Mengatasi Custom Domain Blogspot Tidak Muncul Pesan Error



DWISU.WEB.ID - Sebulan yang lalu salah satu domain saya bisnis6.my.id tidak diperpanjang hostingnya dengan berbagai alasan. Saya lebih memilih menggunakan hosting gratis dari blogspot. Namun ada keanehan saat saya mengganti hostingnya ke blogger atau istilahnya custom domain.

Artikel sudah saya ekspor ke blogspot namun saat custom domain keblogspot, saya menemukan masalah yang tidak pernah saya temukan selama custom domain yaitu saat saya tambahkan domain www.bisnis6.my.id di setelan-mempublikasikan-custom domain, ternyata langsung tersimpan.

Padahal seharusnya akan muncul pesan error dan muncul CNAME dari Google. CNAME inilah yang akan dimasukkan dalam pengaturan DNS domain.

Akibatnya meski alamat blog sudah berubah namun jika diakses akan muncul error. Awalnya saya biarkan saja, saya berasumsi mungkin data base blog di hosting belum sepenuhnya terhapus walaupun sebenarnya tidak ada hubungannya lagi karena nameserver domiannya sudah saya alihkan. Oh ya saya dulu membeli domain di IDwebhost dan hostingnya di Domosquare,

Namun setelah sebulan masalah ini tetap belum solved, padahal saya sudah berusaha menghubungi CS Idwebhost namun belum ada solusi. Saya coba cari-cari tutorial di google juga tidak ketemu.

Nah karena sudah sebulan lebih tak kunjung selesai saya berinisiatif menghubungi lagi CS Idwebhost melalui WA. Saya utarakan masalahnya pada CS dan sudah ditebak jawaban dari CS nya, Saya belum memasukkan CNAME dari Googl atau setting DNS nya.

Saya pun menjelaskan pada saat memasukkan domain tidak muncul pesan errornya sehingga tidak muncul CNAME nya.

Nah untungnya Mas Pras sebagai CS lebih berpengalaman dari CS sebelumnya, beliau menyarankan untuk memasukkan 1 CNAME saja yaitu  www dan alamatnya ghs.google.com

Setelah saya coba dengan memasukkan 4 A record Google dan 1 CNAME (lihat gambar) serta menunggu proses propagasi selama 6 jam ternyata berhasil.

Ini tentu menjadi pelajaran berharga buat saya karena baru pertama kali menemukan masalah seperti ini. Hingga detik ini saya belum tahu apakah ada efeknya kalau hanya memasukkan 1 cname saja. Namun yang pasti blog bisnis6.my.id bisa diakses.

Semoga Bermanfaat!
Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar