--> Skip to main content

Bagaimana Cara Belanja yang Menghasilkan Uang?


DWISU.WEB.ID - Belanja-belanja itu identik dengan menghabiskan uang sehingga orang yang suka belanja identik dengan orang yang boros. Saat teknologi informasi belum semaju sekarang bisa jadi pernyataan ini ada benarnya. Namun saat ini, Belanja-belanja tak lagi identik dengan buang-buang uang tapi justru menghasilkan uang? Loh kok Bisa?

Begini penjelasannya, Didalam pemasaran internet atau pemasaran yang menggunakan media email, website atau media sosial itu butuh yang namanya review. Target konsumen akan lebih tertarik beli jika sudah membaca atau menonton video review dari produk yang akan dibeli.

Meskipun kadang produsen sudah membuat video produk namun target konsumen akan lebih percaya jika yang mereview pengguna langsung. Sampai disini paham kan?

Itulah mengapa video-video di youtube atau media lain banyak penontonnya. Nah jika sudah banyak penonton, cepat atau lambat akan menghasilkan uang.

Nah berkaitan dengan belanja yang menghasilkan uang, saya ingin berbagi pengalaman dimana saya bisa menghasilkan uang dari video review di youtube.

Cara menghasilkan uang dengan belanja produk

Berikut ini tahap-tahap supaya bisa menghasilkan uang dengan belanja produk:

1. Belilah sebuah produk yang unik

5 tahun yang lalu saya membeli sebuah cetakan martabak mini untuk saya pakai berjualan martabak mini. Awalnya tidak ada niatan untuk mereview produk yang saya beli ini. Namun karena waktu itu saya sedang belajar youtube dan saya banyak melihat video unboxing maka saya pun ikut-ikutan membuat video unboxing.

Tak disangka-sangka ternyata video tersebut banyak yang nonton terutama video saat uji cobanya. Berhubung channel saya tembus monetisasi youtube akhirnya pada video tersebut muncul iklannya sehingga menghasilkan uang.

Divideo unboxing lainnya juga lumayan ada pengunjungnya namun ada juga sih video unboxing atau review yang sepi penonton.

Saya menyimpulkan produk yang unik bisa memancing penonton sehingga kalau berniat mau reivew produk alangkah baiknya survey dulu.

2. Daftar Shopee Affiliates Program

Pada Agustus 2021 saya mendaftar Shopee Affiliate Program dan diterima meskipun beberapa kali ditolak. Wawasan baru seputar bisnis affiliasi ini semakin bertambah setelah sebelumnya mencoba beberapa program sejenis tapi tak membuahkan hasil. 

Di Shopee Affiliate program, saya justru bisa merasakan penghasilan pertama saya dari bisnis affiliasi. Hal ini membuat saya semakin bersemangat menekuni program ini. Sedikit -demi sedikit saya mulai membangun pondasi yang kuat agar lebih mudah mendapatkan komisi.

Sebenarnya bisa sih menghasilkan uang dari youtube cuma lebih susah persyaratannya, kalau Shopee Affiliate Program bisa langsung menghasilkan asalkan video banyak penonton dan mengklik link affiliasi lalu membeli meskipun subscribernya masih sedikit.

3. Share link affiliasi ke video.

Saat video akan di unggah ke Youtube, jangan lupa cantumkan link pembelian di deskripsi sehingga jika ada pengunjung yang tertarik bisa mengklik linknya. Jangan lupa saat review sisipi dengan kata kata "link pembelian ada dideskripsi".

Jumlah pengunjung sangat menentukan jumlah yang mengklik link affiliasi semakin banyak tentunya semakin besar peluangnya.

Inilah yang kadang jadi masalah karena kalau channel belum banyak subscribernya cukup sulit untuk mendatangkan pengunjung dan sangat tergantung algoritma Youtube.

Tentunya pada masa-masa awal butuh perjuangan agar video mudah terindeks dan tampil direkomendasi Youtube. 

Saran saya supaya channel mudah terindeks usahakan agar rajin upload konten dan buat channel dengan tema setopik misalnya review HP.

Dengan channel yang setopik maka pengunjungnya kemungkinan besar menyukai topik tersebut sehingga jika videonya tentang review ada kemungkinan pengunjung tersebut memang ingin membeli produk tersebut.

Sumber klik link tidak hanya dari Youtube bisa juga dari media sosial lain seperti Facebook, Tiktok atau Instagram. Tak ada salahnya mengupload video ke medai sosial tersebut namun disesuaikan dengan karakternya misal di Tiktok durasinya pendek.

Baca Juga: Menjadi Kaum rebahan, Cita-cita belum tercapai

Produk yang Anda beli bisa dijual kembali

Muncul pertanyaan, kalau belanja terus berarti butuh modal banyak dong untuk dibuat reviewnya? Kalau produknya cuma disimpan saja tentu butuh modal yang banyak. Faktanya tidak semua content creator yang mereview produk itu dipakai sendiri, Banyak juga yang kemudian dijual kembali tapi dengan harga yang lebih murah sehingga cepat lakunya.

Meskipun kelihatannya rugi karena harganya dibawah harga belinya tapi tetap untung karena dapat konten reviewnya bahkan jika beruntung bisa mendapatkan endorsment dari sebuah brand sehingga bisa review gratis atau dikasih produk gratis. 

Namun tidak harus produk yang sudah dibeli dijual kembali, ada kalanya malah bagusan dipakai sendiri. Dengan dipakai sendiri tentunya Anda akan lebih tahu produk tersebut mulai dari awet atau tidaknya, masalah yang sering timbul atau trik-trik menggunakannya.

Sebagai contoh saya punya modem 4G yang saya beli 3 tahun yang lalu dan meski saya sudah menggunakan wifi tapi modem tersebut tetap saya nyalakan. Video reviewnya sampai saat ini masih ada yang menonton dan sering muncul pertanyaan di komentar.

Passive income dari video review

Salah satu keuntungan jika video review banyak pengunjung atau mendapatkan trafik organik dari youtube adalah bisa mendapatkan passive income. Sumbernya bisa dari iklan Adsense atau dari affiliasi. Meskipun tidak semua video review bisa ramai pengunjung namun asalkan mendapatkan trafik organik, peluang mendapatkan penghasilan dari affiliasi cukup besar karena biasanya pengunjung yang menonton video review berniat akan membeli produk tersebut.

Video review bisa jadi aset digital Anda, oleh karena itu buatlah video review dengan sebaik-baiknya mulai dari resolusi video, vokal, pencahayaan hingga backsound.

Pilih produk yang tidak mengenal istilah ketinggalan zaman sehingga meski sudah bertahun-tahun diupload masih relevan atau dibutuhkan hingga sekarang.

Saya sendiri meski belum banyak yang saya lakukan, cuma salin tempel link ke video tapi sudah bisa menghasilkan uang sekitar 500 ribuan. Bayangkan jika saya bisa lebih aktif lagi!

Sekarang ini saya lebih fokus membangun kolam agar bisa lebih dekat dengan target konsumen sambil sesekali berbagi link.

Sekarang percaya bukan kalau dengan belanja bisa menghasilkan uang?

Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar