--> Skip to main content

Belajar Menerima Kepahitan Hidup


DWISU.WEB.ID - Menjadi full time blogger sepertinya sudah tertutup rapat peluangnya. Cita-cita yang pernah saya ikrarkan saat pertama kali ngeblog menjadi angan belaka. Penghasilan dari blog semakin menurun padahal sempat merasakan gajian tiap bulan dari Adsense.

Pelan-pelan saya mulai mengalihkan aktifitas ngeblog keaktifitas yang lain yang punya nilai lebih seperti kreator konten youtube atau affiliasi Shopee.

Sayangnya penghasilan dari youtube dan affiliasi shopee masih jauh dari harapan, belum bisa memenuhi kebutuhan hidup. Kadang sampai sebulan saya sama sekali tidak mendapatkan penghasilan dari internet Mau tak mau saya harus banting tulang mencari nafkah untuk keluarga dengan berjualan martabak unyil.

Hidup itu keras!

Ini menjadi sebuah dilema, karena saya jualan dari jam 7.00 hingga 18.00. Praktis tidak ada waktu luang untuk membuat konten atau promosi affiliasi karena sudah lelah. Padahal saya masih ingin mengelola blog atau channel youtube saya.

Hampir sebulan ini saya sibuk jualan martabak unyil keliling dan saya harus menerima kenyataan, jualan keliling itu melelahkan sedangkan hasilnya hanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari tapi belum bisa nabung.

Untuk urusan semangat tak perlu ditanyakan lagi, saya selalu semangat menekuni bisnis yang sedang saya jalani asalkan menghasilkan. Namun usia tak bisa bohong, jualan keliling butuh fisik yang kuat. Jujur saja selepas pulang jualan keliling, saya merasakan lelah yang luar biasa.

Penghasilan internet menjadi sesuatu yang berharga buat saya. Dia bisa saya ibaratkan tabungan saya. Makanya kalau saya bisa gajian dari youtube atau blog maupaun dari content placment, saya merasa bahagia tak terkira seperti mendapatkan durian runtuh.

Sampailah pada suatu titik dimana saya harus berubah! saya tidak bisa mengandalkan jualan keliling martabak unyil. Semangat saya untuk menjadi seorang digital marketer dan content creator kembali bangkit.

Saya mulai meluangkan waktu untuk membuat konten yang berupa artikel atau video. Pokoknya dalam sehari ada yang saya buat meskipun tidak langsung di publikasikan.

Hal ini akan terus saya lakukan sampai penghasilan dari internet membaik. Saya sangat berharap suatu saat penghasilan dari internet bisa untuk memenuhi kebutuhan hidup, minimal kebutuhan dasar sehingga saya bisa mengurangi waktu untuk jualan martabak unyil.

Semoga Terwujud!

Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar