--> Skip to main content

Ganti PC Intel Pentium 4 ke Dual Core Akhirnya Terwujud

Intel pentium 4

DWISU.WEB.ID - Sudah sejak lama saya ingin ganti PC Intel Pentium 4 yang sudah menemani perjalanan ngeblog saya selama 10 tahunan. Bukan apa-apa, PC ini terlewat jadul sehingga nggak bisa dipakai kerja yang berat-berat. Buat ngetik-ngetik saja kadang batuk-batuk eh macet-macetan apalagi buat editing video, render video 5 menit saja sampai 1 jaman.

Akhirnya keinginan itu terwujud meski tidak direncanakan sebelumnya. Berawal dari PC saya yang sering ngadat, kadang restart sendiri, kadang gagal booting bahkan pernah sampai terbakar! parah bukan?

Karena butuh PC pengganti kebetulan banyak job yang harus saya kerjakan akhirnya saya memilih sebuah PC pengganti dengan spesifikasi masih jadul juga tapi mendingan atau lebih baik dari sebelumnya yang hanya Intel Pentium 4, bayangkan masih single core!

Peran Komputer Pentium 4 Meraih Mimpi

Sebelum saya bercerita tentang komputer pengganti tak ada salahnya saya bernostalgia saat menggunakan komputer Intel Pentium 4. Sekitar 12 tahun yang lalu saya membeli komputer bekas seharga 500 ribu fullset tapi monitornya CRT. Saya masih ingat, prosesornya AMD tapi nggak ingat serinya namun setara dengan Pentium 3.

Komputer inilah yang akhirnya mengantarkan saya menjadi blogger dan internet marketer. Sayang CPU nya tidak bertahan lama karena setelah 3 tahun pemakaian Motherboardnya rusak sehingga harus diganti atau diupgrade. Nah, prosesor penggantinya Intel Pentium 4.

Komputer Intel Pentium 4 ini begitu berjasa, saya bisa merasakan penghasilan dari Google Adsense hingga total $2000++. Dengan Komputer inilah kemampuan menulis saya semakin baik. Artikel blog saya banyak yang nangkring di page one Google. Saya juga bisa merasakan penghasilan pertama dari Content placement atau tanam backlink.

Sayangnya sejak 2018 performa blog-blog saya menurun akibat mulai ekspansinya media mainstream menggarap keyword yang bukan berita. Hal itu masih berlangsung hingga sekarang bahkan trafiknya semakin menurun meskipun saya sudah melakukan berbagai cara.

Spesifikasi PC pengganti Pentium 4

Dilihat dari hardware, Pc pengganti ada peningkatan. Prosesornya yang tadinya menggunakan Intel Pentium  4 menjadi Intel Pentium dual core E2180. Dari sisi motherboardnya juga spek nya naik, sebelumnya menggunakan motherboard Asrock 775i65G dan penggntinya Foxconn G41MXE.


Meskipun sama-sama menggunakan socket 775 namun beda chipset. Pada komputer Pentium 4 menggunakan chipset 865G sedangkan penggantinya menggunakan chipset G41. Terjadi lompatan signifikan baik dari sisi prosesornya, jenis RAM serta kapasitas maksimal RAM.

Motherboard Foxconn G41MXE support untuk prosesor Intel® Core™2 Quad, Core™2 Duo, Pentium® Dual-Core  sedangkan chipset 865G hanya suport untuk Intel® Pentium® XE / Pentium® D / Pentium® 4 / Celeron® D.

Dengan motherboard chipset G41 saya bisa menggunakan prosesor 4 core 4 thread yaitu intel Quad core. Dari sisi RAM juga naik drastis karena sebelumnya hanya menggunakan DDR1 sedangkan sekarang DDR3. Kapasitas RAM nya juga bisa diekspansi hingga 8 GB.

Keuntungan lain jika nantinya saya upgrade RAM nya menjadi 8 GB nantinya RAM ini masih bisa digunakan untuk upgrade motherboard Intel generasi ke 4 Haswell. Artinya saya hanya perlu ganti motherbord saja jika ingin upgrade ke prosesor Intel generasi ke 4. Cukup menarik bukan? 


Berikut Upgrade terbaik yang bisa saya lakukan:

  • Prosesor : Intel Core Quad Q6600 (TDP 95W) 4 core 4 threads rilis 2007 
  • Hardisk 1 TB
  • SSD: Adata SU650 120 GB
  • RAM: 2 x 4 GB
  • VGA: GT730 2GB DDR5

Dengan spesifikasi diatas saya bisa main game valorant, point balnk PES 2013 dan software editing Adobe Premiere Pro CC 2015.

Semoga saja dengan PC pengganti ini saya semakin produktif baik blog maupun youtube dan meningkatkan penghasilan saya dari internet. Aamiin  

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar