--> Skip to main content

Trik Social Media Marketing Menjaring Konsumen

Social media marketing

DWISU.WEB.ID - Hanya main media sosial tapi dapat penghasilan? bisa banget. Itulah salah satu kelebihan digital marketing. Memasarkan produk atau jasa tidak perlu pasang spanduk, space iklan atau selebaran sehingga biayanya lebih murah.

Salah satu media yang cukup ampuh untuk promosi adalah media sosial atau lebih dikenal dengan social media marketing. Tak heran jika media sosial seperti Facebook semakin banyak penggunanya, tak hanya dari orang-orang yang ingin eksis namun datang juga dari kalangan digital marketer.

Membuat status di media sosial memang mudah tapi kalau tujuannya untuk pemasaran butuh tehnik khusus. Sifat pengguna media sosial pada dasarnya sama seperti waktu didunia nyata, Apa itu? Tak mau dijuali. Bete bukan kalau ada orang yang nggak kenal tiba-tiba nawarin barang ditambah lagi bukan hanya sekali tapi tiap hari.

Trik Menjaring konsumen di media sosial

Trik berikut ini bisa Anda praktekkan agar promosi produk atau jasanya bisa maksimal. Target konsumen nyaman tapi bisa menjual. Simak terus informasinya sampai tuntas.

1. Buat akun media sosial sesuai target

Menawarkan produk kepada orang yang tepat berpeluang sekali menghasilkan penjualan. Disarankan untuk membuat akun media sosial baru dan cari teman atau follower sebanyak-banyaknya yang sesuai dengan niche produk Anda.

Misalnya Anda punya produk penghemat BBM maka sebaiknya menambahkan teman yang punya kendaraan dan tiap hari menggunakan kendaraan tersebut.

Tak mengapa prosesnya lama tapi hasilnya lebih maksimal dari pada menambahkan teman yang minatnya campur baur.

2. Konsisten mengunggah konten yang bermanfaat

Trik selanjutnya adalah memancing interaksi dan memperbanyak follower. Jumlah teman atau follower cukup berpengaruh terhadap penjualan, semakin banyak semakin bagus. Jumlah follower 1000 an belum lah cukup.

Cara yang paling efektif dengan membuat konsisten yang bermanfaat misalnya tutorial atau konten yang menginspirasi secara konsisten. Ini membutuhkan strategi pembuatan konten karena kalau buatnya dadakan pasti akan kesulitan. Sebaiknya buat dulu kontennya untuk beberapa hari atau sekaligus untuk 1 bulan lalu posting secara terjadwal.

Dengan konten yang menarik maka follower tak segan-segan untuk berinteraksi seperti berkomentar, like, menonton video atau membagikan konten. Semakin banyak interaksi maka akan semakin bagus untuk akun media sosial Anda karena akan mendapatkan perhatian dari algoritma media sosial. Konten-konten Anda akan sering muncul dimasa-masa mendatang.

Jenis Konten yang paling disukai untuk saat ini berupa video singkat atau reels. Mau tak mau Anda harus mengikuti keinginan follower. 

3. Lakukan kampanye media sosial

Di algoritma media sosial berbasis video misalnya Tiktok, semakin banyak video ditonton maka akan mendapatkan rekomendasi dari algoritma sehingga video itu muncul terus diberanda penonton. Untuk akun baru atau yang followernya masih kecil mungkin akan terasa sulit mendapatkan interaksi.

Tapi jangan cemas, Ada sebuah solusi mudah untuk mendatangkan penonton ke video Anda yaitu dengan cara menggunakan jasa view. Dengan biaya Rp.100 per View Anda bisa dengan mudah mendatangkan penonton sehingga videonya ada interaksinya.

Anda bisa melakukan trik ini sampai akun media sosialnya mapan dalam artian videonya sering FYP atau menyesuaikan dengan budget.

Trik ini hanyalah sebagian dari sekian banyak trik menjaring konsumen di media sosial namun tak ada salahnya untuk Anda praktekkan. Selamat mencoba!

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar