--> Skip to main content

Cara Kerja Affiliate Marketing Shopee Indonesia

Cara kerja Shopee Affiliate

DWISU.WEB.ID - "Pagi Kak, Saya baru gabung di Shopee affiliate, kalau ada yang mau berbaik hati mengajarkan supaya saya tahu apa yang harus saya kerjakan selanjutnya, terima kasih". Ini salah satu kutipan pertanyaan yang saya temukan digrup facebook. Cara kerja affiliate marketing Shopee Indonesia terkadang belum dipahami oleh affiliate pemula.

Nah...pada artikel kali ini saya akan mencoba berbagi pengalaman menjadi affiliate Shopee selama setahun. Belum banyak yang saya peroleh namun setidaknya penghasilan saya sudah bisa cair berkali-kali meski masih melalui Shopee Pay. 

Cara kerja Affiliate Marketing Shopee

Berikut ini cara kerja affilate atau langkah-langkah menjadi seorang affiliate Shopee dari nol sampai bisa gajian. Simak sampai tuntas biar tidak gagal faham informasi dari blog Dwisu berikut ini:

1. Mendaftar progam affiliate

Langkah awal yang harus dilakukan untuk menjadi affiliate Shopee tentu saja harus mendaftar ke Shoppe Affiliate program. Shopee sudah mneyediakan halaman khusus untuk pendaftaran affiliate ini. Syaratnya mudah, cukup dengan mencantumkan akun media sosial yang aktif.

Mendaftarnya memang mudah namun untuk diterima tidak semudah yang dibayangkan. Ada yang sudah mencoba daftar tapi belum juga diterima.

Berdasarkan pengalaman saya, sebaiknya mencantumkan akun media sosial yang sudah banyak followernya minimal 1000 dan gunakan kode referal dari affiliate lain yang sudah lebih dulu diterima.

2. Tunggu sampai Diterima

Setelah formulir pendaftaran Shopee affliate dikirim maka pendaftar harus menunggu peninjauan dari tim shopee yang bisa memakan waktu seminggu atau lebih. Nantinya pengumuman hasilnya dikirim melalui email.

Jika sudah diterima, affiliate perlu mengisi data-data pribadi dan data untuk pembayaran. Nantinya akan diverifikasi oleh tim Shopee.

3. Kumpulkan Lead (Target Konsumen)

Tahap berikutnya yang cukup penting yaitu mengumpulan lead atau target konsumen. Lead ini merupakan orang orang yang memiliki minat pada sutu produk atau jasa. Caranya bsia dengan membuat grup, fanpage, channel youtube, Tiktok atau Telegram.

Buat sebuah grup yang fokus membahas 1 topik tertentu contohnya membahas pertanian. Bangun grup tersebut sampai followernya banyak. Kuncinya ada pada konten. Buat 100 konten bermanfaat secara rutin. Raih interaksi sebanyak mungkin mulai dari like, share dan komentar. Semakin banyak interaksinya maka semakin bagus untuk Shopee affiliate program.

Baca juga: Trik mudah menambah follower media sosial

4. Affiliate membagikan konten berisi link affiliate

Setelah follower banyak dan interkasinya bagus barulah membuat konten yang pada intinya membujuk follower untuk membeli produk melalui link yang diselipkan.

Konten ini dibuat sedemikian  rupa sehingga tidak kelihatan konten jualan atau disebut juga convert selling. Kuncinya ada pada branding atau seberapa dekat follower mengenal Anda.

Jika selama ini Anda sering berbagi tips tentu follower akan mengenal Anda dan mengetahui keahlian anda pada bidang tertentu. Konversi akan semakin mudah didapatkan jika branding Anda bagus.

5. Konsumen membeli produk melalui link affiliate

Tanpa pembelian produk maka promosi Anda akan sia-sia karena komisi dari Shopee akan didapatkan jika ada orang membeli sebuah produk melalui link affiliate yang Anda bagikan ke follower Anda. Jadi goal utama dari promosi yang Anda lakukan = mengahasilkan penjualan.

Cara salah yang sering dilakukan affiliate shopee pemula adalah melakukan spam. Menyebar link tanpa mengenal siapa audiennya. Alih-alih ingin menghasilkan konversi justru akun media sosialnya malah dibatasi gara-gara terindikasi melakukan spam.

6. Mendapatkan Komisi

Setiap harinya Shopee affiliate program memberikan laporan konversi beserta komisinya melalui aplikasi Shopee. Jika komisi sudah terkumpul 10 ribu maka akan bisa cair. Namun jumlah komisi yang tampil di aplikasi belum menjamin penghasilan akan bisa cair karena harus melalui proses verifikasi terlebih dahulu. 

Nantinya akan ada laporan mingguan untuk mengehahui berapa komisi yang sudah affilaite dapatkan dan apakah bisa cair. Komisi akan cair setiap 2 minggu sekali. Jika komisi belum tekumpul 10 ribu maka akan diakumulasikan ke minggu berikutnya sampai terkumpul 10 ribu.

Sistem pembayarannya melalui 2 cara, Shopee pay jika jumlahnya dibawah 1 juta dan melalui rekening bank jika diatas 1 juta.

Sudah jelas bukan cara kerja affiliate marketing shopee Indonesia? Kini saatnya Anda melakukan aksi agar mendapatkan komisi sebanyak-banyaknya. Semoga sukses!

Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar