--> Skip to main content

Hidup Didesa Bergaji UMR. Kenapa Tidak

Hidup di desa


Keinginan hidup didesa begitu besar mengingat saat ini ibu memilih tinggal didesa sendirian tepatnya di sebuah desa dikabupaten Tegal Jawa Tengah. Sayangnya sumber penghidupan utama saya ada di Bekasi Jawa Barat. Jika saya memilih tinggal bersama ibu itu artinya saya harus memulai usaha dari nol lagi sedangkan saya harus menghidupi istri dan 3 anak.

Tadinya saya berharap banyak pada penghasilan dari internet, sudah niat kalau penghasilannya setara dengan UMR, saya mau pulang kampung. 

Berdasarkan keputusan Gubernur Jawa Tengah No.561/39 tentang Upah Minimum di 35 kabupaten/ kota di Provinsi Jawa Tengah Tahun 2022 UMR kabupaten Tegal sebesar Rp.2.005.930.

Dilihat dari penghasilan sekarang, baru sekitar 50% terpenuhi walaupun penghasilan itu bisa saja naik drastis atau malahan turun contohnya bulan Desember ini penghasilan mencapai Rp.2.479.000. Itulah mengapa saya sedang semangat membuat konten atau apa pun yang bisa mendatangkan uang secara online.

Berikut target penghasilan per bulan untuk mewujudkan penghasilan internet setara UMR.

1. Adsense Youtube Rp.1.350.000

2. Adsense Blog Rp.1.350.000

3. Content Placement Rp.500.000

4. Shopee Affiliates Rp.500.000

Jumlah total Rp.3.700.000

Sengaja saya tuliskan ini karena goal tanpa angka sama saja bohong. Goal nya tentu saja berpenghasilan online setara UMR.

Dengan menuliskan Goal yang jelas, usaha yang dilakukan pun jadi terarah yaitu fokus pada 4 bidang yang sudah saya sebut, Adsense youtube, blog, content placement dan Shopee affiliate.

Penghasilan masih bisa bertambah dari bidang lain contohnya endorse youtube, MGID atau online shop.

Usaha menuju gaji UMR tinggal di Desa

Kolam internet
Kolam internet


1. Menggenjot produksi konten video dan blog

Saya punya aset digital berupa 3 channel youtube, 6 blog adsense, 6 blog backlink, 1 landing page dan 1 blog download. Secara teori kalau saya memperbanyak konten akan menambah penghasilan. Keterbatasan waktu menjadi penghalang, saya jualan martabak mini keliling.

Produksi konten youtube bisa saya lakukan disela-sela jualan, tapi kalau membuat artikel butuh waktu khusus. Prioritas ditahun 2023 ada pada produksi konten video karena penghasilannya lebih menjanjikan.

Pemilihan topik konten video menjadi pertimbangan, saya akan memperbanyak video yang mudah produksinya seperti konten live, unik, hiburan atau mainan. 

2. Meningkatkan jumlah follower media sosial

Media sosial cukup bagus untuk mempromosikan blog, channel, produk affiliasi mau pun landing page maka saya akan berusaha meningkatkan jumlah follower. Caranya dengan memperbanyak konten. Tidak seperti blog atau youtube yang harus orisinil, konten media sosial lebih mudah.

Saya bisa memperbanyak konten yang berupa gambar yang disertai caption atau video reels. Gambar bisa saya dapatkan di internet atau membuat sendiri.

Follower media sosial


3. Membangun personal branding yang lebih kuat

Ini juga penting, sangat berpengaruh pada digital marketing. Saya sebisa mungkin membangun image pada follower. Selama ini saya lebih dikenal sebagai expert martabak manis mini atau pegiat online.

Saya harus memperkuat image itu, caranya sering sering membagikan tips yang berhubungan dengan 2 hal tersebut. Satu lagi jangan malu tampil didepan kamera karena itu juga bagian dari personal branding. Tak akan pedulikan nyinyiran orang. 

4. Memperbanyak promosi

Selama ini saya sudah melakukan promosi namun intensitasnya masih kurang terutama untuk sektor Shopee Affiliates, Padahal itu yang rutin memberikan penghasilan hanya saja masih kecil.

Sudah waktunya saya menyusun waiting list konten-konten yang diunggah ke media sosial, blog, youtube maupun landing page.

5. Meningkatkan Skill Digital Marketing

Ilmu digital marketing itu sangat luas meskipun hanya 3 yang dituju, membangun trafik, data dan bisnis. Bagian digital marketing itu lumayan banyak mulai dari web developer, Social media management, SEO spesialist, content creator, Paid Ads Management hingga digital analis.

Ahli dalam semua bidang itu sangat sulit namun sekedar tahu dasar dasarnya tentu lebih mudah dipelajari. Saya akan lebih memperdalam bidang yang paling menonjol misalnya content creator atau social media management.

Akhir kata

Hidup didesa bergaji UMR sangat mungkin terwujud tinggal bagaimana usaha yang saya lakukan disertai dengan kerja keras, konsiten dan keuletan.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar