--> Skip to main content

Perpanjangan Dwisu.web.id keenam. Blog Sekedar Berbagi

domain web id

DWISU.WEB.ID - Ada email masuk dari registar domain langganan saya IDwebhost yang memberitahukan bahwa domain blog ini akan jatuh tempo pada 16 Januari 2023 atau kurang  dari sebulan. Tak ingin sampai lupa ,saya pun memutuskan untuk memperpanjang domain ini pada 9 Januari 2023.

Ini berarti perpanjangan ke 6 blog ini yang sudah eksis sejak  19 Januari 2017. Blog pribadi yang memang saya niatkan untuk sekedar berbagi apa pun terutama pengalaman hidup. Jangan heran jika artikelnya kadang tidak mengejar kata kunci apapun. Memang demikian, apapun yang ada di benak saya kalau memang menurut saya pantas ditulis pasti akan saya tulis, termasuk artikel ini yang bercerita seputar perpanjangan domain.

Performa Blog

Perfoma blog ini biasa-biasa saja malah bisa di bilang sepi pengunjung. Berdasarkan data dari search console Google, blog ini hanya di klik sebanyak 1,9 k pengunjung yang berasal dari Google meskipun total tayangannya mencapai 44,7 k.

Data juga menunjukkan kata kunci blog berada di rata rata posisi 12 atau halaman 2. Mengingat usianya sudah 6 tahun sebetulnya wajar jika mendapatkan pengunjung dari Google, hanya saja belum banyak. Masih perlu dioptimasi lagi blognya.



Berdasarkan data dari Analytics Google, trafik organik hariannya hanya mencapai 100 per hari. Ini tentu sangat kecil walaupun termasuk bagus karena ada trafik organiknya. Dengan jumlah pengunjung sebanyak ini, belum signifikan terhadap penghasilan Adsense.

Blog lebih cocok dijadikan sumber backlink pada jasa content placement. Sebenarnya masih ada peluang untuk menambah trafik organik dengan cara menyiram backlink keartikel yang peringkatnya kurang atau sama dengan 50. Ditahun 2023 ini saya perlu mencoba optimasi artikel-artikel tersebut. 


Berdasarkan data dari Ubersuggest domain dwisu.web.id memiliki skor DA 13, ref domain 121, ref links 512 dan spam score 3%. Skor DA ini sama dengan tahun sebelumnya belum bertambah. Mungkin karena saya jarang blogwalking dan jarang mencari backlink.

Baca juga: Pepanjangan Domain dwisu kelima, masih ada secercah harapan

Skor DA sebenarnya cukup penting untuk mendapatkan penghasilan dari content placement atau jasa backlink. Semakin besar DA maka akan lebih berpeluang mendapatkan Job. Tahun ini saya ada rencana membangun link building untuk meningkatkan DA blog-blog saya dan itu sudah saya mulai sedikit demi sedikit.


Goal tahun 2023

Mengingat performa blog ini masih terbuka peluang untuk berkembang, saya akan berusaha untuk meningkatkan trafik di tahun ini. Target 500 pengunjung per hari saja tidak perlu muluk-muluk. Usaha yang paling mudah saya lakukan dengan menyiram backlink di artikel yang rangkingnya 50 kebawah menggunakan jaringan blog saya.

Usaha berikutnya dengan cara membuat artikel panjang yang membidik kata kunci persaingan rendah dan kalau bisa sesuai dengan keahlian saya sehingga bisa bersaing dengan blog lain. Bisa juga mengedit artikel menjadi lebih baik khususnya yang peringkatnya dibawah 50. Saya akan memperbanyak artikel dengan niche yang paling sering dikunjungi pengunjung.

DA blog akan saya tingkatkan, target 15 dengan beberapa cara seperti menggunakan blog dummy, guest post atau blog  comment.

Semoga berhasil!

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar