--> Skip to main content

Pentingnya Punya HP Kedua


Beberapa minggu yang lalu, anak saya yang sekolah di SMP Bina Bakti Sukaragam Bekasi mengadakan STS (Sumatif Tengah Semester). Tes sumatif ini jauh berbeda dibandingkan dengan Tes sewaktu di SD dulu. STS ini tidak menggunakan kertas tapi menggunakan aplikasi Quizizz.

Aplikasi ini dirancang untuk membantu siswa berpartisipasi dalam kegiatan kelompok dan belajar sendiri. Apliasi ini juga bisa membuat dan menyelenggarakan kuis atau soal.

Karena menggunakan aplikasi, otomatis harus menggunakan HP atau laptop. Masalahnya disekolah anak saya belum menyediakan Laptop, tidak seperti sekolah lain.

Mau tak mau saya pun harus merelakan HP utama dan satu-satunya dipakai untuk tes. Akibatnya Saya otomatis tidak bisa ngonten selama seminggu. Hal tak disangka-sangka terjadi, HP satu-satunya ini tiba-tiba rusak pada hari Minggu pagi padahal hari Senin mau dipakai. Saya pun kelimpungan nyari tukang servis HP yang bisa memperbaiki dengan cepat.

Berkaca dari pengalaman ini, saya harus mengakui pentingnya punya HP kedua atau HP cadangan. Bagi yang punya duit mungkin tinggal beli, tapi buat saya yang duitnya pas-pasan mungkin tidak bisa cepat membeli HP baru.

Kriteria HP yang cocok dijadikan HP kedua 

Saya pun langsung berpikir untuk membeli HP baru sebagai persiapan tes sekolah anak saya semester berikutnya. Semoga saja ada rezeki buat beli HP baru atau setidaknya mulai nabung.

Tak ada salahnya saya mulai mengira-ngira HP seperti apa yang nanti akan saya beli. Berikut kriteria HP yang cocok dijadikan HP kedua.

1. RAM minimal 4 GB

Aplikasi HP sekarang semakin komplek sehingga menuntut RAM yang besar. 4 GB untuk saat ini masih memadai walaupun RAM HP terbaru sudah mencapai 16 GB. Semakin besar RAM otomatis harganya akan semakin mahal. Untuk HP dengan RAM 4 GB masih bisa diperoleh di harga 1 juta contohnya ZTE Blade A53 pro 999.000, Itel P40 965.000

2. Prosesor octa core

Jumlah inti /core porsesor HP ikut berperan terhadap kinerja HP, semakin banyak akan semakin ngebut. Saat ini prosesor octa core menjadi prosesor teknologi terkini memperbaharui proseosr yang quad core. Ada sebuah statetement dari pengguna HP, kalau prosesor dergan pabrikasi kecil tapi masih quad core masih kalah kinerjanya dengan prosesor yang pabrikasi besar tapi sudah octa core. Meski masih perlu di teliti lagi oleh ahlinya namun hal ini perlu diperhatikan.

3. Kamera FHD 1080 30 fps

Peran kamera di era sosial media seperti sekarang sangat penting untuk memotret atau merekam objek agar hasilnya layak uplod. Nilai MP pada kamera tidak menjamin hasilnya bagus kalau tidak didukung software kamera yang bagus. Untuk mode foto minimal ada mode pro dan pada perekaman video setidaknya resolusinya sudah FHD 1080 pixel 30 fps.

Baca juga: 5 Kekurangan Ponsel Diajadikan Hotspot

4. Memori 64/128 GB

Memori internal HP perannya cukup penting untuk menyimpan file. Semakin besar tentu semakin bagus. Sayangnya besarnya memori berbanding lurus dengan harganya. HP keluaran sekarang minimal sudah dibekali RAM 64 GB untuk HP kelas murah. Naik 2 x lipat harganya bisa selsisih 200 - 300 ribu. Kalau memang ada dana lebih sebaiknya pilih HP yang RAM nya 128 GB.

Bayangkan video FHD durasi 2 menit sizenya mencapai 300 MB. Kalo 10 menit berarti 1,5 GB. HP dengan RAM 64 hanya bisa menyimpan video dengan durasi 10 menit sekitar 40 an. Itu kalau HP nya tidak menyimpan foto, musik atau aplikasi.

5. Harga terjangkau

Karena perannya hanya sebagai HP kedua tentunya lebih bijak kalau memilih HP dengan harga yang terjangkau atau HP entri level. Hp direntang harga 900 hingga 1,5 juta bisa menjadi pilihan. Tapi ingat! harga murah jangan mengorbankan fitur yang sudah saya sebut diatas. CPU octacore, RAM 4 GB, Baterai besar.

6. Brand ternama

Poin ini tak kalah penting, harga murah kalau brand nya abal abal atau jarang terdengar sebaiknya jangan dipilih. Layanan purna jual atau garansi lebih utama. Intensitas produksi HP baru juga bisa menjadi pertimbangan. Brand yang sering merilis HP baru bisa menjadi ciri kalau brand tersebut berkomitmen membuat produk berkualitas.

Penutup

Mengingat eranya teknologi informasi dimana sebagian besar sudah menggunakan internet dan akses yang mudah menggunakan HP maka penting sekali untuk memiliki HP kedua. Semoga bermanfaat!

Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar