Iklan

Bisakah Speaker Aktif Di Upgrade?

Posted by Dwi Sugiarto on Minggu, 17 September 2017

Bisakah Speaker Aktif Di Upgrade?-Pertanyaan yang kerap kali muncul ketika mengetahui ternyata speaker aktif yang sudah dibeli tidak sesuai harapan misalnya powernya terlalu kecil,driver speakernya kurang bagus atau ukurannya terlalu kecil.Hal ini bisa terjadi karena sewaktu membeli tidak terlalu memperhatikan data spesifikasi atau istilahnya asal beli tapi setelah dibandingkan dengan punya tetangga kok jauh banget,jadilah terpikirkan pertanyaan tersebut.

Speaker Aktif  Upgrade?

Baiklah langsung akan saya jawab berdasarkan pengalaman saya merakit speaker aktif.Dalam sebuah unit speaker aktif terdapat 4 komponen utama yaitu kotak speaker,kit Power amplifier,Kit Power Suply dan Loudspeaker(Woofer,Midrange,Tweeter).

Dari ke-4 komponen yang paling berpengaruh terhadap reproduksi suara adalah Kit Power Amplifier dan Loudspeakernya.Kotak speaker boleh kecil tapi kalau Kit power ampifiernya berdaya besar suaranya bisa mantap tapi sebaliknya meskipun kotaknya besar dan loudspeakernya besar tapi kalau power amplifernya Cuma 20 Watt jangan harap suara bass nya kuat bertenaga.

Kit Power Ampifier berdasarkan komponen penguat akhirnya ada yang menggunakan IC (biasanya daya outputnya kecil) atau Transistor (OCL).Jika menggunakan IC biasanya hanya butuh tegangan 2 kutub(+/-) sehingga ukuran trafonya tidak terlalu besar sedangkan Power yang menggunakan Transistor biasanya menggunakan tegangan ganda atau 3 kutub (+,ground,-) sehingga rata ukuran trafonya besar.

Sedangkan setiap loudspeaker memiliki kapasitas maksimal daya yang berbeda-beda misalnya 30 watt,100 watt,150 watt atau bahkan lebih.Ukuran membran speakernya juga macam-macam ada yang 6 inch,8 inch,10 inch untuk speaker aktif ukuran terbesarnya 12 inch.Umumnya semakin besar diameter membran semakin besar pula kapasitas daya maksimalnya namun tidak selalu begitu ada pula membrannya besar tapi wattnya kecil.

Baca juga :
PAS 59 Speaker Aktif Serba Bisa Desain Premium
10 Speaker Aktif Murah Suara Bagus Harga Dibawah 1 juta
10 Speaker Aktif Terbaik Untuk Musik Harga Dibawah 2 Juta


Kembali kepertanyaan awal Bisakah Speaker aktif di Upgrade? Sebenarnya BISA saja namun masalahnya berapa biaya yang harus dikeluarkan dan apakah kit speakernya tidak rumit? Ada beberapa kemungkinan jika ingin meng-upgrade speaker aktif:

1.Mengganti Driver speaker yang lebh berkualitas misalnya woofernya diganti atau tweternya diganti tapi dengan catatan dengan kapasitas maksimal daya yang sama dan diameter mebrannya juga sama misalnya asalnya 30 watt  6 Inch diganti dengan 30 watt 6 Inch lagi atau dengan watt yang lebih besar juga tidak masalah asal jangan terlalu kecil.Kalau ini yang dilakukan sangat bisa sekali.

2.Mengganti Kit Power Amplifier menjadi lebih besar.Hal ini bisa saja dilakukan dengan cara mengganti kit powernya atau memodifikasi supaya daya outputnya lebih besar.Kalau yang dilakukan cara yang pertama anda tinggal membeli kit nya saja namun masalahnya apakah power supply bawaannya sesuai dengan Kit yang baru dan apakah kit power yang lama merupakan bagian yang terpisah dengan bagian lainnya misalnya Kit Usb player atau Radio? Kalau tergabung jadi satu tentu akan sulit jika mengganti Kit nya.Dan Bagian power suplynya kurang besar otomatis harus diganti.

Begitu pula dengan driver speakernya misalnya tadinya Cuma 30 watt lalu mau diupgrade menjadi 100 watt maka driver yang lama harus diganti karena wattnya tidak cocok.Upgrade power amplifer bisa dilakukan dengan penambahan transistor akhirnya dengan rangkaian Darlington Jika Jenisnya OCL dengan penggantian beberapa komponen namun harus diimbangi dengan penambahan pendinginnya nah tentu saja ini akan memakan tempat apakah cukup?

Artinya jika anda ingin mengupgrade speaker aktif agar daya outpunya lebih besar anda harus mengganti besar-besaran komponennya.Itungannya tentu sayang karena ongkosnya mahal jadi yang dipakai hanya kotaknya saja mendingan beli baru lagi.

Kesimpulannya mengupgrade speaker aktif bisa saja dilakukan namun dari sisi keekonomian tidak disarankan karena harus ganti semua komponen lebih baik beli yang baru dengan spesifikasi yang lebih tinggi.Semoga Bermanfaat!

Previous
« Prev Post

Related Posts

15.05

1 komentar:

  1. jadi terkesan upgrade semua komponen nya ya mas?? ga bisa dicicil satu persatu upgrade nya semisal upgrade komputer kan bisa dicicil gitu

    BalasHapus

Berkomentarlah sesuai topik No Link No Spam