Iklan

Blogspot Vs Domain Berbayar (TLD) Mana yang Terbaik?

Posted by Dwi Sugiarto on Selasa, 03 Oktober 2017

DWISU.WEB.ID,Blogspot Vs Domain Berbayar (TLD) Mana yang Terbaik?-Saya akan membuat blog enaknya pakai blogspot gratisan atau domain berbayar ya? Pertanyaan ini kerap ditanyakan oleh kalangAn bloger terutama yang  masih pemula.Bagi yang sudah merasakan memiliki blog di blogspot dan domain berbayar sudah pasti akan mengetahui perbedaannya sampai-sampai ada yang beternak blog dengan domain berbayar meskipun harus membayar tiap tahunnya.

Blogspot Vs Domain Berbayar

Namun tak sedikit pula yang bertahan memakai blogspot meski sebenarnya mereka mampu membelinya.Hal ini membuktikan ada kelebihan dari masing-masing blog tersebuit.Jika keduanya diperbandingkan tentunya ada yang lebih unggul.Nah inilah yang akan saya coba bahas kebetulan saya memilki 3 macam jenis blog sekaligus blogspot gratisan,TLD (Top Level Domain) custom domain dan TLD Wordpress Self Hosted jadi sedikit tahu karena sudah menggunakannya.

Baca juga :
Bila Nama Blog Sudah Terlanjur Melekat
Cara Mudah Mendapatkan Uang dari Blog Tanpa Menulis Artikel
Menghasilkan Uang Karena Blog

Apapun pilihan anda tidak ada yang salah semuanya bagus jadi jangan punya perasaan minder begitu pula yang menggunakan TLD wordpress tak boleh menyombongkan diri meski serba berbayar karena belum tentu trafik anda lebih unggul karena semua itu hanya sarana yang utama adalah konten.Jika kontennya bagus,bermanfaat meski menggunakan blogspot trafiknya bisa melejit

Meski demikian ada harga ada kualitas meski ketiganya fungsinya sama sebagai platform/mesin blog namun ada perbedaan diantara ketiganya terutama dari sisi fiturnya.Apa sajakah perbedaan-perbedaan itu? Simak informasinya berikut ini:

Blogspot itu serba gratis

Jika anda pemula saya sarankan menggunakan blogspot karena mudah dan gratis.Anda cukup membuat email di gmail kemudian email ini digunakan untuk Mengakses produk google diantaranya blogger.com.Disinilah anda bisa mulai membuat blog dengan alamat (URL) : namabloganda.blogspot.co.id.

Jangan salah meski blog gratisan artikel anda akan lebih mudah terindeks mesin pencari google karena blog anda “nebeng” di domain blogspot yang peringkatnya tinggi selain itu blogspot juga milik google jadi ada perhatian lebih meski tergantung artikelnya.

Sayangnya jika anda menggunakan blogspot,kontrol anda tidak penuh karena anda harus mengikuti peraturan dari google misalkan dilarang menggunakannya untuk kegiatan Spam,Penyadapan konten,Melanggar Hak Cipta jika melanggar sangsi terberatnya adalah dihapus dari google.

Tapi jangan kuatir jika konten diblog anda legal akan aman walaupun tidak ada jaminan.Saya sendiri memiliki blog berdomain blogspot ada yang usianya 6 tahun tapi aman–aman saja.Kelemahan lainnya adalah jika digunakan untuk mencari uang online terbatas pada program tertentu misalnya PPC (Klik di bayar) atau CPM (Dibayar per 1000 tayangan).

Domain blogspot sulit jika akan digunakan untuk mencari uang dari jasa pemasangan slot iklan,atau sponsored post karena dianggap kurang profesional sehingga klien tidak melirik blogspot.Jika anda hanya fokus ke program PPC seperti Adsnese blogspot masih layak digunakan.

TLD Custom Domain Membut Blog Anda Lebih Profesional


Membuat blog tidak sekedar membuat artikel namun lebih dari itu akan mengusung nama besar penulisnya atau bloger yang bersangkutan dan domain bisa menjadi tolak ukurnya.Jika domain yagn digunakan berbayar akan menunjukkan keprofesionalan bloger tersebut sehingga menambah kepercayaan pengunjung blog atau klien yang akan menggunakan jasa blog anda.

Mahalkah harga sebuah domain? Menurut saya murah hanya saja karena dibayar per tahun kelihatannya jadi mahal.Coba anda hitung harga domain ekstensi dot com Rp.120.000 per tahun maka sebenarnya perbulannya hanya Rp.12.000.Jauh lebih murah dari pada harga paket internet bulanan yang anda gunakan bukan? Apalagi jika anda membeli domain Indonesia web id seperti blog ini harganya lebih murah lagi Cuma Rp.55.000 per tahun.

Keuntungan jika menggunakan domain berbayar penghasilan dari blog tidak hanya berasal dari Adsense tapi bisa juga berasal dari pemasangan iklan mandiri atau sponsored post.Blog dengan domain berbayar juga cepat laku dijual apalagi trafiknya bagus dan usianya sudah tua.

Jadi tunggu apalagi gunakan domain berbayar sekarang juga! Tak ada ruginya toh kalau blognya tidak berkembang bisa tidak diperpanjang atau dijual.

TLD Wordpress  Self Hosting Kaya Fitur


Jika anda menggunakan 2 jenis blog diatas masalah kontrol masih menjadi momok yang menakutkan karena bisa saja sewaktu-waktu blognya dihapus oleh google meskipun menggunakan domain berbayar namun selagi hostingnya masih diblogspot(Custom domain) anda harus mengikuti aturan dari blogspot.

Solusinya agar kontrol terhadap blog anda sepenuhnya menjadi hak anda adalah dengan mengunakan domain berbayar dengan hosting sendiri atau bermesin Worpress.org.Dengan cara ini semua dalam kendali anda karena semuanya berbayar.

Selain itu terdapat fitur-fitur yang tidak dimiliki blogspot maupun custom domain misalnya plug in,themes banyak pilihan,support untuk toko online.Untuk masalah SEO Wordpress sangat oke dengan adanya plug in seperti Yoast belum lagi wordpress memiliki kemampuan ping otomatis ke mesin pencari sehingga lebih cepat terindeks serta struktur permalink yang lebih ramah mesin pencari.

Sayangnya kualitas hosting terkadang jadi masalah disaat trafiknya sedang bagus server hosting nya bermasalah (down) sehingga perlu kejelian dalam memilih penyedia layanaan hosting dan Masalah keamanan blog sepenuhnya menjadi tanggung jawab penggunanya sehingga harus rajin mengupdate software atau plug in.

Kesimpulannya jika anda sekedar ngeblog untuk menuangkan ide tanpa embel-embel uang,blogpspot sangat cocok untuk anda karena gratis tapi jika anda ingin mendapatkan uang lebih dan aman untuk jangka panjang minimal menggunakan domain berbayar atau lebih bagus lagi menggunakan hosting sendiri.

Previous
« Prev Post

Related Posts

03.08

1 komentar:

  1. Betul, memulai blog/ngeBLOG, bisa dengan platform gratis seperti blogger, nanti sesuai berjalan waktu dan pengalaman, maka akan berkembang dan lahir blog-blog tambahan sesuai kebutuhan :)

    BalasHapus

Berkomentarlah sesuai topik No Link No Spam