Toko Online Pecah Telur, Apa langkah Selanjutnya?

Toko Online Pecah Telur, Apa langkah Selanjutnya?

DWISU.WEB.ID,Toko Online Pecah Telur, Apa langkah Selanjutnya?-Belum resmi status sebagai pebisnis toko online jika belum mendapatkan pembeli Betul tidak? Karena siapa saja bisa buka toko online tapi mendapatkan pembeli pertama itu “Sesuatu banget “ ibarat pemain adsense jangan mengaku profesinya publisher adsense jika belum pernah mendapatkan kiriman uang dari Google.

Toko Online Pecah Telur

Tak pernah saya bayangkan sebelumnya kalau saya akan mendapatkan pembeli pertama ditoko online cetakan7 web id yang saya rintis 1,5 bulan yang lalu karena berdasarkan pengalaman teman-teman yang buka toko online setidaknya 5 bulan baru pecah telur. Ini tentu menjadi anugerah terindah bagi perjalanan bisnis E commerce saya.

Sebuah awal yang bagus karena hal ini bisa menujukkan ada sesuatu yang menarik perhatian pembeli sehingga mau order. Saya tidak boleh berpuas diri Karena perjalanan masih panjang, mendapatkan pembeli pertama bisa dijadikan pelecut semangat untuk lebih bersemangat menekuni bisnis toko online dan rencana-rencana sebelumnya yang  sudah saya persiapkan harus tetap berlanjut.

Ada beberapa langkah yang akan saya tempuh untuk mengoptimalkan toko online diantaranya :

1.Memperbanyak Artikel Marketing
Jualan secara online harus mampu mendatangkan pengunjung ke toko online kalau tidak bisa siapa yang akan beli? Inilah tantangan terbesar bagi pebisnis toko online karena faktanya tidak cukup hanya mendatangkan pengunjung ke web toko online tapi yang lebih penting adalah closing atau order.

Salah satu cara yang cukup ampuh adalah dengan membuat artikel marketing karena dengan adanya artikel marketing pengunjung tertarget akan lebih besar potensi mengunjungi web toko online harapannya tentu melakukan call to action dan Order. Artikel marketing bisa berupa review produk atau tips.

Saat ini saya sudah membuat artikel marketing yang kemudian saya terbitkan di beberapa blog yang saya miliki bahkan beberapa diantaranya sudah masuk halaman 2 Google dengan kata kunci yang sudah saya bidik. Rencanya saya akan memperbanyak artikel marketing dengan kata kunci yang berbeda.

Baca juga : Yuswandi Sapari, Bandung Pembeli Cetakan Martabak Mini Happy Call  

2.Mengoptimalkan Blog Boster Traffic
Hingga saat ini sumber trafik terbesar cetakan7 web id berasal dari referal atau Blog boster traffic sedangkan yang berasal dari mesin pencari langsung masih relatif kecil. Hal ini wajar karena Online Shop Cetakan7 baru berumur 1,5 bulan. Dengan hanya mengandalkan Title dan Deskripsi yang mengandung kata kunci tanpa banyak artikel hanya berisi 2 halaman statis tentu butuh strategi jitu agar bisa masuk halaman satu.

Beruntung saya memilki 3 Buah Blog TLD yang trafiknya lumayan bagus sehingga saya bisa mengarahkan pengunjung blog tersebut ke toko online baik melalui artikel marketing atau banner iklan. Supaya hasilnya maksimal saya harus membuat aritkel yang  bertemakan wira usaha karena memang produk yang saya jual cocok sekali untuk berbisnis makanan.

Selain itu saya juga membuat 2 blog baru gratisan di Blogspot dan Wordpress dengan domain yang mengandung kata kunci. Harapan saya blog tersebut bisa masuk halaman satu sehingga bisa mengarahkan trafik ke toko online. Dangan blog, saya lebih mudah menerapkan SEO.

Baca juga : Cara Mudah Membuat Website Jualan Online Minisite

3.Membangun Link Building
Backlink sangat penting fungsinya untuk meningkatkan peringkat website semakin banyak backink yang mengarah ke website toko online akan semakin bagus. Saya sendiri sudah menanamkan backlink kontekstual dibeberapa blog yang saya miliki namun itu belumlah cukup saya perlu membangun backlink dengan cara lainnya seperti blog comment, Guest post, link profil dan lain-lain.

4.Menganalisa Sumber traffik
Langkah yang tak kalah penting adalah menganalisa sumber trafik dengan mengetahui sumber trafik terbanyak saya bisa mengoptimalkan sumber trafik tersebut. Saya mengandalkan data dari google analytic. Hingga detik ini sumber trafik berasal dari referral, direct dan media sosial. Idealnya tentu sumber trafik dari mesin pencari namun karena SEO toko online lumayan sulit dan butuh waktu saya akan mengoptimalkan sumber trafik dari referal dan media sosial.

5.Membuat Video Marketing
Awalnya saya tidak terlau fokus pada video marketing tapi setelah saya tahu beberapa video yang membahas produk yang saya jual masuk halaman satu Google saya jadi tertarik untuk memperbanyak video marketing. Nantinya didalam video tersebut saya cantumkan URL toko online atau kontak WA sehingga jika ada yang tertarik bisa langsung menghubungi atau mengunjungi websitenya.

6.Memperbanyak Update Status Fanspage
Salah satu penyumbang trafik ke cetakan7 web id adalah dari halaman fanspage facebook. Kebetulan saya memilki fanspage yang dengan Titel yang berkaitan erat dengan produk yang saya jual. Fanspage tersebut memilki follower 300-an. Difanspage tersebut saya mempromosikan produk saya. Beberapa kali saya mendapatkan pertanyaan tentang produk yang  saya jual tapi saya selalu mengarahakan untuk mengunjungi ke toko online. Hal ini bisa membuktikan fanspage juga cukup ampuh untuk mempromosikan produk toko online.

Untuk  menarik minat follower saya akan berusaha update status yang berhubungan dengan produk yang saya jual tidak harus direct selling bisa juga berupa tips-tips tertentu.

7.Menyetok Produk
Saat ini saya masih merintis toko online dengan konsep dropship dan terus terang saya cukup terbantu dengan konsep ini karena saya mendapatkan support dari supplier kalau ada masalah saya bisa bertanya langsung ke suplier melalui WA sehingga saya bisa fokus kepemasaran namun dari pengalaman saya terkadang ada pembeli yang  ingin belanja langsung ke lokasi.

Baca juga : 4 Arti Penting Stok Produk Toko Online

Jika saya melewatkan begitu saja tentunya sebuah kerugian karena bisa jadi mereka serius ingin beli. Untuk itulah saya berencana ingin menyetoak produk yang  saya jual tak perlu banyak-banyak 1-2 pcs saja yang penting  kalau ada yang beli produknya ada.

Dengan memilki stok produk saya juga bisa menawarkan ke pelanggan martabak manis saya, kebetulan banyak Ibu-ibu pelanggannya sehingga pas sekali jika saya menawarkan produk saya.

Demikianlah artikel yang berjudul Toko Online Pecah Telur, Apa langkah Selanjutnya? yang bisa saya sampaikan kali ini semoga bisa menginspirasi Anda Terima kasih sudah berkunjung ke blog Dwisu.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

2 komentar

Selamat ya, Mas Dwi. Semoga makin sukses

Balas

Makasih Mba ,Aamiin

Balas

Berkomentarlah sesuai topik No Link No Spam