Saya [Akan] Tetap Ngeblog Ditahun 2019

Saya [Akan] Tetap Ngeblog Ditahun 2019

DWISU.WEB.ID - Sudah Terlanjur sayang, itulah kata-kata yang paling pas ditujukan kepada aktifitas ngeblog saya selama ini. 7 tahun bukanlah waktu yang sebentar namun saya merasa kok belum lama ngeblog. Ini bisa menjadi bukti kalau saya sepenuh hati menjalani dunia ngeblog bukan sekedar karena uang.
Tetap Ngeblog

Namun demikian tak bisa dipungkiri kalau saya butuh uang untuk biaya ngeblog seperti beli kuota internet atau perpanjangan domain hosting. Nah disinilah terkadang menimbulkan masalah karena saya memiliki blog lebih dari satu dan sebagiannya menggunakan domain berbayar, terhitung ada 5 domain yang menggunakan domain berbayar.

Selama ini biaya perpanjangan domain masih tertutup oleh penghasilan dari Adsense maupun artikel review namun beberapa bulan terakhir penghasilan menurun drastis khususnya dari Adsense. Kebimbanganpun muncul apakah saya akan tetap ngeblog ditahun 2019 nanti? Saya tentunya tidak mau dong tenaga dan pikiran saya tekuras habis namun hasilnya kurang memuaskan. Bukankah lebih baik melakukan sesuatu yang terbukti lebih menghasilkan contohnya Youtube yang sudah saya jalani atau jualan online.

Saya akan tetap Ngeblog ditahun 2019


Hingga hari ini saya terus berjuang agar performa blog-blog saya kembali membaik walaupun bukan perkara yang mudah salah satu penyebabnya indeks artikel yang lebih lama dibandingkan dengan waktu-waktu sebelumnya. Logikanya keindeks saja lama bagaimana mau tampil di page one ?

Saya tentunya harus mulai memikirkan efesiensi jika memang blog-blog yang saya miliki sudah tidak produktif lagi terutama yang menggunakan domain berbayar, kalau yang pakai blog gratisan sih tidak jadi masalah. Jika memang harus di delete apa boleh buat ? Mungkin akan lebih baik jika mengelola satu blog tapi hasilnya maksimal.

BACA JUGA : Ujian Sesungguhnya Bagi Seorang Blogger 

Berhenti Ngeblog? ini pernah terlintas dibenak saya. Wajar saja terlintas pikiran ini disaat mencari trafik blog susah disisi lain ada Youtube yang lebih "menggoda" karena tidak seribet mengelola blog atau ada pula toko online yang cuma promosi saja.

Oh..NO NO NO..menulis adalah dunia saya rasanya berat kalau harus meninggalkan menulis blog yang sudah memberikan banyak pelajaran berharga. Berawal dari menulis di blog saya jadi mengenal dunia internet, bertemu dengan teman-teman yang baik hati hingga ilmu yang membuat saya jadi lebih berkembang.

Apapun keadaannya saya akan tetap ngeblog ditahun 2019 meski nantinya saya harus mengorbankan beberapa blog saya. Jumlah blog boleh berkurang namun jangan sampai saya berhenti menulis karena saya yakin melalui tulisan diblog saya bisa berbagi ilmu, memberi manfaat kepada orang lain bahkan mungkin menginspirasi.

Semoga Bermanfaat !
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

3 komentar

Semangat mas! Saya juga akan tetap ngeblo, entah sampai kapan. Mungkin sampe saya gak sanggup untuk menulis lagi. Soalnya ngeblog itu asyik,banyak benefitnya

Balas

@ Hendra = Semangat sih masih tetap ada cuma mungkin tidak sekencang seperti waktu pertama kali mengenal Blog.

Balas

Betul banget mas melalui tulisan kita bisa berbuat sesuatu jadi tetap ngeblog.

Balas

Berkomentarlah sesuai topik No Link No Spam